Menentukan Mata Angin dengan Jam Tangan

Menentukan Mata Angin dengan Jam Tangan

Sedang berpetualang dan lupa membawa kompas atau tidak mendapat sinyal untuk aplikasi navigasi di handphone? Anda dapat menggunakan jam tangan analog anda untuk mengetahui posisi mata angin. Semua jam tangan analog dapat memakai cara ini meski tidak mempunyai bezel yang mencantumkan arah mata angin, tetapi jika ada bezel tersebut dapat membantu anda untuk memberi patokan.
Secara garis besar cara ini dibagi menjadi dua yaitu bila di utara dan selatan khatulistiwa. Untuk daerah Indonesia terutama pulau Jawa kebanyakan berada di selatan garis khatulistiwa.

Caranya adalah:jamkompas1

  • Posisikan jam tangan secara mendatar dengan angka 12 menghadap arah matahari
  • Lihat posisi jarum yang pendek (yang menunjukkan jam)
  • Garis tengah antara angka 12 dan angka yang ditunjukkan jarum jam adalah arah Utara.
    Bila posisi kita di utara garis khatulistiwa, yang diarahkan ke matahari adalah jarum jam, dan garis tengah antara angka 12 dan angka yang ditunjukkan jarum jam adalah arah Selatan. Jika jam tangan yang anda miliki merupakan jam digital tanpa fitur kompas, anda dapat menggambar atau memperkirakan gambaran jarum jam yang kira-kira ditunjuk.

    Yang patut diingat adalah, hasil yang didapat merupakan perkiraan, dan semakin posisi kita menjauhi garis khatulistiwa serta semakin rendah posisi matahari penentuan arah mata angin akan semakin akurat.

    Pastikan juga waktu yang dipakai merupakan waktu lokal dan jika berada di luar negeri yang menggunakan Daylight Saving Time, waktunya dikurangi satu jam. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi hasil yang didapat dengan metode lain agar lebih akurat.

DJO/jamtangan.com

Tags: mata angin
  • Jeamiy Irawan

    Apa itu yangudo?