3 Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Sendiri dengan Alat-Alat di Rumah

3 Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Sendiri dengan Alat-Alat di Rumah

Bagaimana cara mengecilkan jam tangan rantai sendiri? Pertanyaan ini sering muncul, khususnya buat yang baru membeli jam tangan stainless steel tapi ternyata kebesaran. Kabar baiknya, kamu nggak harus selalu pergi ke tempat service jam tangan terdekat untuk melakukannya. Sebab, dengan alat-alat sederhana yang ada di rumah, kamu juga bisa kok membuka jam tangan rantai, memotongnya, lalu menyesuaikan ukurannya sendiri. 

Tapi seperti diketahui, jam tangan rantai atau stainless steel mempunyai jenis berbeda-beda yang masing-masing juga mempunyai teknik sendiri untuk dibuka. So, di artikel ini Jamtangan.com  sudah menyiapkan tutorial cara membuka jam tangan rantai berdasarkan 3 jenis strap yang paling umum ditemui. Coba lihat lagi jenis rantai jam tanganmu, lalu ikuti cara mengecilkan jam tangan rantai pasir sampai rantai besar berdasarkan jenisnya ini, ya! 

Agar Lebih Mudah, Kenali Dulu Bagian pada Rantai Jam Tangan Ya: 

Ilustrasi gambar links dan push pin jam tangan
Ilustrasi gambar links (kiri), dan push pin (kanan). 
  • Links: bagian-bagian kecil rantai yang terpisah. 
  • Pushpin: silinder tipis yang berfungsi mengaitkan masing-masing links

Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Oyster 

Contoh jam tangan dengan oyster strap/ bracelet
Contoh jam tangan dengan oyster strap/ bracelet. (Image: Chrono)  

Jam tangan stainless steel dengan model oyster strap adalah salah satu yang paling umum ditemui. Ciri khas rantai oyster adalah memiliki dua rantai besar dalam posisi vertikal di tepi serta satu center links dalam posisi horizontal sebagai penghubung di bagian tengah. Nah, kalau jam tanganmu didesain dengan oyster bracelet, inilah langkah-langkah cara mengecilkan jam tangan rantai yang bisa kamu ikuti. 

Alat-Alat yang Dibutuhkan:

Alat-alat yang dibutuhkan untuk mengecilkan jam tangan rantai sendiri di rumah
Alat-alat yang dibutuhkan untuk mengecilkan jam tangan rantai sendiri di rumah. (Image: 3watches)
Contoh gambar dudukan jam atau watch adjuster
Contoh gambar dudukan jam atau watch adjuster (opsional hanya jika ada). (Image: Watchgecko)
  • Pendorong pin/ push pin (bisa diganti jarum atau alat lain dengan ujung runcing)
  • Tang kecil 
  • Dudukan jam/ strap adjuster (jika ada) 

Langkah-Langkah Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Oyster: 

  • Pakai jam tangan rantai yang ingin kamu kecilkan di tanganmu, lalu perkirakan berapa links atau sambungan jam yang perlu dikurangi agar ukuran strap pas di tangan. Pastikan link yang akan dilepas antara bagian kanan dan kiri clasp (sambungan pengunci jam) seimbang agar nantinya clasp tetap simetri berada di tengah strap. 

Foto orang menggunakan jam tangan rantai yang kebesaran
Perkirakan jumlah links yang perlu dilepas agar jam pas di tangan. (Image: 3watches)
  • Jika kamu memiliki watch adjuster atau dudukan jam, posisikan jam tanganmu di atas dudukan jam. Namun jika tidak memiliki watch adjuster, cukup letakkan jam tanganmu di atas permukaan yang datar seperti lantai atau karpet. 
Ilustrasi cara mengecilkan jam tangan rantai dengan dudukan/ watch adjuster
Ilustrasi cara mengecilkan jam tangan rantai dengan dudukan/ watch adjuster. (Image: 3watches) 
  • Agar jam tak lagi kebesaran, tentu kamu harus melepas rantai (links) yang dirasa kelebihan. Caranya, adalah dengan terlebih dulu mengeluarkan pushpin yang menghubungkan masing-masing links. Tapi mengeluarkan pushpin tidak boleh sembarangan. Di bagian belakang strap, kamu akan menemukan tanda panah yang menunjukkan ke arah mana kamu harus mendorong pushpin. Tak hanya itu, tanda panah ini juga menunjukkan links yang bisa dilepas. Ingat, hanya links yang ditandai tanda panah yang bisa dilepas. 
Ilustrasi petunjuk tanda panah di bagian belakang oyster strap
Ilustrasi petunjuk tanda panah di bagian belakang oyster strap. (Image: Watchgecko)
  • Jika sudah menemukan tanda panah, mulai keluarkan pushpin dari lubang links yang ingin dilepas menggunakan pendorong pin atau jarum (atau alat berujung runcing lainnya). Jika kamu menggunakan watch adjuster, kamu tinggal mendorong pin dengan pendorong yang sudah ada di adjuster. Saat ujung pushpin sudah keluar sedikit, kamu bisa langsung menariknya menggunakan tang kecil agar lebih cepat terlepas. Lakukan hal yang sama pada semua links yang ingin dilepas. 
Dorong pushpin keluar untuk melepas masing-masing links. (Image: 3watches)
  • Setelah pushpin keluar, maka links atau bagian-bagian rantai juga akan terlepas. Sisihkan links yang ingin dikurangi sesuai yang kamu ukur di langkah pertama. Lalu, sambungkan links sisanya kembali pada clasp dengan cara memasukkan lagi pushpin ke masing-masing lubang links yang tersisa. Jangan lupa pastikan semua links sudah terdorong dan masuk sempurna agar sambungan links tidak mudah lepas. 
Foto orang sedang mengecilkan jam tangan rantai
Sisihkan links yang dianggap ‘kelebihan’ saat kamu mengukur di langkah pertama. (Image: 3watches)
Foto orang sedang mengecilkan jam tangan rantai
Pasang kembali pushpin ke links yang tersisa & sambungkan kembali pada clasp. (Image: 3watches)
  • Selesai, coba lagi pasangkan jam di pergelangan tanganmu. Maka ukurannya pasti sudah pas! Cara mengecilkan jam tangan rantai oyster ternyata cukup mudah, kan? 

Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Pasir (Milanese & Mesh Strap) 

Selain oyster strap, model rantai yang umum ditemui pada jam tangan adalah mesh straps dan milanese straps. Sekilas, keduanya tampak mirip yakni sama-sama dibuat dari sambungan rantai tipis yang rapat. Karena itu, dua jenis strap ini biasa disebut dengan istilah ‘jam tangan rantai pasir’ di Indonesia. Meski sekilas tampak mirip, mesh strap & milanese strap punya beberapa perbedaan. Milanese strap biasanya punya rantai yang lebih kecil dan rapat, serta panjangnya bisa diubah-ubah tanpa harus melepas pushpin. Sementara itu, mesh strap punya ‘jalinan’ rantai yang lebih besar serta memerlukan alat untuk dikecilkan. Baik itu milanese maupun mesh strap, Jamtangan.com siapkan tutorial cara mengecilkannya.

Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Pasir – Milanese Strap 

Ilustrasi cara mengecilkan jam tangan rantai jenis milanese strap
Ilustrasi cara mengecilkan jam tangan rantai jenis milanese strap. (Image: 3 watches)

Alat-Alat yang Dibutuhkan: 

  • Obeng atau sejenisnya

Langkah-Langkah Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Pasir (Milanese): 

Di antara semua metal strap, rantai milanese adalah yang paling mudah disesuaikan ukurannya. Cara mengecilkan jam tangan rantai milanese hanya membutuhkan satu langkah simpel. Kamu cukup membuka clasp, dan kamu akan menemukan lubang kecil di bagian dalamnya. Gunakan obeng atau sejenisnya untuk mengangkat lubang tersebut. Voila, clasp pun bisa langsung kamu geser-geser sesuai ukuran yang diinginkan. 

Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Pasir – Mesh Strap

Jika jam tanganmu memiliki rantai berjenis mesh strap, maka langkah mengecilkannya kurang lebih mirip dengan oyster strap. Ini dia cara mengecilkan jam tangan rantai pasir mesh strap yang bisa kamu ikuti. 

Alat-Alat yang Dibutuhkan: 

  • Pendorong pin/ push pin (bisa diganti jarum atau alat lain dengan ujung runcing)
  • Tang kecil 
  • Watch Adjuster (opsional, hanya jika ada)

Langkah-Langkah Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Pasir (Mesh Strap):

  • Letakkan jam tangan di permukaan datar, lalu keluarkan pushpin dengan jarum atau alat berujung runcing lainnya. Pushpin memiliki 2 ujung, satu berujung bulat dan satu memiliki belahan di bagian tengah. Pastikan kamu mendorong di ujung pushpin yang bulat. Ingat, hanya links yang memiliki tanda panah di baliknya yang bisa dilepas. Jika kamu memiliki watch adjuster, maka tinggal putar sekrup pada watch adjuster untuk mendorong pushpin keluar dari links. 
Ilustrasi orang mengeluarkan pushpin dari strap jam tangan rantai
Dorong pushpin keluar dari lubang links dengan alat berujung runcing. (Image: Watchgecko)
  • Jika pushpin sudah keluar sedikit, kamu bisa langsung menariknya dengan tang kecil agar proses lebih cepat. 
Ilustrasi orang mengeluarkan pushpin dari strap jam tangan rantai
Tarik keluar pushpin agar sambungan links terlepas. (Image: Watchgecko)
  • Setelah satu pushpin terlepas, maka sambungan links juga akan terpisah. Ulangi mendorong keluar push pin pada semua bagian links yang ingin dilepas untuk mengecilkan jam. Usahakan kamu melepas links dengan jumlah yang sama antara rantai di bagian kanan dan kiri clasp (sambungan pengunci jam) agar clasp tetap simetri berada di tengah. 
Ilustrasi orang mengeluarkan pushpin dari strap jam tangan rantai
Sisihkan link yang dianggap kelebihan sampai panjangnya dirasa pas. (Image: Watchgecko)
  • Jika semua links yang dianggap ‘kelebihan’ sudah dilepas, kembali sambungkan semua links sisanya dengan cara memasukkan kembali pushpin ke masing-masing lubang links yang tersisa. Pastikan pushpin benar-benar sudah terdorong sempurna ya agar sambungan rantai tidak longgar atau gampang lepas. Pasang semua pushlink kembali sampai semua rantai kembali terpasang sempurna. Selesai, jam tangan rantai mesh-mu sudah bisa dipakai tanpa takut kebesaran lagi! 
Ilustrasi orang mengecilkan jam tangan rantai mesh strap
Sambungkan links/ rantai yang tersisa dengan memasukkan kembali pushpin. (Image: Watchgecko)

Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Super Engineer

Contoh jam tangan rantai super engineer
Contoh jam tangan rantai super engineer. (Image: Strapcode) 

Jam tangan rantai oyster dan milanese/mesh sudah, sekarang saatnya mengetahui cara mengecilkan jam tangan rantai super engineer. Yep, super engineer juga merupakan salah satu model rantai jam yang umum ditemukan. Ciri utama rantai dengan model super engineer adalah memiliki links berbentuk vertikal yang saling menyambung kompleks hingga membentuk jalinan sangat kuat dan rapat (karena itulah disebut super engineer). Cara mengecilkan jam tangan rantai super engineer juga pada dasarnya sama dengan oyster dan mesh strap. 

Alat-Alat yang Dibutuhkan: 

  • Pendorong pin/ push pin (bisa diganti jarum atau alat lain dengan ujung runcing)
  • Tang kecil 
  • Dudukan jam/ strap adjuster (jika ada) 

Langkah-Langkah Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Super Engineer: 

  • Letakkan jam tangan di permukaan datar, lalu keluarkan pushpin dengan jarum atau alat berujung runcing lainnya. Ingat, hanya links yang memiliki tanda panah di baliknya yang bisa dilepas. Pastikan kamu mendorong pushlink keluar sesuai arah yang ditunjukkan tanda panah. Jika kamu memiliki watch adjuster, maka tinggal putar sekrup pada watch adjuster untuk mendorong pushpin keluar dari links. 
Foto orang mengecilkan jam tangan rantai super engineer
Dorong pushpin keluar sesuai arah tanda panah di bagian belakang strap. (Image: Watchgecko)
Ilustrasi cara mengeluarkan push pin pada jam tangan rantai super engineer
Ilustrasi cara mengeluarkan push pin pada jam tangan rantai super engineer. (Image: Watchgecko)
  • Setelah satu pushpin terlepas, maka sambungan links juga akan terpisah. Ulangi mendorong keluar push pin pada semua bagian links yang ingin dilepas untuk mengecilkan jam. Usahakan kamu melepas links dengan jumlah yang sama antara rantai di bagian kanan dan kiri clasp (sambungan pengunci jam) agar clasp tetap simetri berada di tengah. 
Ilustrasi sambungan links jam rantai super engineer yang sudah terpisah
Ilustrasi sambungan links jam rantai super engineer yang sudah terpisah. (Image: Watchgecko)
  • Jika semua links yang dianggap ‘kelebihan’ sudah dilepas, kembali sambungkan semua links sisanya dengan cara memasukkan kembali pushpin ke masing-masing lubang links yang tersisa. Pastikan pushpin benar-benar sudah terdorong sempurna ya agar sambungan rantai tidak longgar atau gampang lepas. Pasang semua pushlink kembali sampai semua rantai kembali terpasang sempurna. Selesai, jam tangan rantai super engineer-mu sudah bisa dipakai tanpa takut kebesaran lagi! 
Ilustrasi cara menyambungkan kembali links di jam tangan rantai super engineer
Ilustrasi cara menyambungkan kembali links di jam tangan rantai super engineer. (Image: Watchgecko)
Ilustrasi cara memasukkan kembali pushpin di jam tangan rantai super engineer
Ilustrasi cara memasukkan kembali pushpin di jam tangan rantai super engineer. (Image: Watchgecko)

Cari Tempat Potong Jam Tangan Terdekat? 

Kalau tutorial langkah-langkah di atas masih dianggap rumit atau kamu ingin langsung jadi saja, nggak usah khawatir. Kamu bisa kok tinggal datang ke offline Machtwatch Store terdekat di kotamu. Buat kamu yang pernah membeli jam tangan di Jamtangan.com, shop assistant kami akan dengan senang hati membantumu mengecilkan jam tangan dan kamu tinggal terima beres! So, nggak usah bingung-bingung lagi cari tempat potong jam tangan terdekat. 

Klik di Sini untuk Lihat Daftar Lokasi Offline Machtwatch Store se-Indonesia

Rekomendasi Jam Tangan Rantai Best-Seller di Jamtangan.com

Setelah mengetahui cara mengecilkan jam tangan rantai sendiri di rumah, makin nggak ragu dong buat menambah koleksi jam tangan stainless steel? Karena kamu nggak perlu takut lagi kebesaran. Tinggal mengecilkannya sendiri di rumah atau membawanya ke Machtwatch Store yang juga melayani tempat potong jam tangan terdekat, maka masalah jam tangan rantai kebesaran bisa diselesaikan. 

Nah, buat kamu yang pengen menambah koleksi jam tangan rantai, ini dia beberapa rekomendasi jam tangan stainless steel paling best-seller di Jamtangan.com yang bisa kamu lirik dari berbagai tipe strap. Mulai dari oyster, jam tangan rantai pasir, sampai super engineer. Tinggal pilih yang paling sesuai dengan selera dan budget-mu! 

Categories: Info & Tips