Apa itu Quartz Movement?

Quartz  Movement, kelebihan Dan Kecanggihannya

Mesin jam tangan quartz ialah sebuah mesin jam tangan yang berbasis elektronik. Mesin ini ditemukan oleh Seiko pada tahun 1969, pada saat itu Seiko meluncurkan jam quartz pertama di dunia bernama Astron. Manuver Seiko tersebut membuat banyak brand Swiss yang memproduksi jam mekanik menjadi kolaps, bahkan beberapa diantaranya menjadi gulung tikar. Tapi saat ini produsen jam Swiss juga ikut memproduksi jam dengan mesin quartz.

Seiko 9F61A

Gambar 1. Seiko 9F61A, salah satu mesin quartz high end buatan Seiko.

Pada mesin quartz, energi bisa berasal darimana saja (umumnya dari baterai). Tetapi pada akhirnya akan dikonversi menjadi energi listrik. Energi listrik inilah yang akan menggetarkan kristal quartz dengan frekuensi tertentu, sehingga kristal akan bergetar setiap detik dan  menggerakan gerigi roda yang menggerakan jarum. Getaran kristal quartz juga dikontrol oleh micro chip, sehingga akan menghasilkan getaran yang konsisten. Sehingga akurasi jam tangan menjadi baik. Karena jarum  digerakan oleh getaran kristal quartz, maka jarum pada mesin quartz akan bergerak per satu detik, jadi 1 beat per second. Mesin quartz ada beberapa jenis seperti quartz konvensional, solar quartz dan kinetic quartz. Sedangakan secara tampilan ada jam tangan quartz analog (dengan tampilan analog ) dan quartz digital (tampilan digital). Ada juga jam quartz yang mempunyai tampilan analog dan digital, disebut sebagai jam ana-digi.

Parnis Top Gun 42x15mm 80g.jpg

Gambar 2. Parnis quartz chronograph, salah satu jam yang menggunakan movement quartz yang mempunyai komplikasi fungsi chronograph.

Quartz Konvensional
Mesin quartz konvensional ini mempunyai sumber energi berasal dari baterai. Baterai adalah media penyimpanan zat kimia yang bisa diubah menjadi energi listrik. Pada mesin quartz ini, zat kimia diubah menjadi energi listrik. Energi listirik ini akan menggerakan mesin quartz.

Komponen mesin quartz - cwrnh.com

Gambar 3. Komponen mesin quartz. (sumber: cwrnh.com)

Solar Quartz
Solar quartz ialah mesin quartz yang sumber energinya berasal dari cahaya. Bisa cahaya lampu atau cahaya matahari. Cahaya ini diserap sebuah panel surya yang terdapat dibawah dial jam. Cahaya yang diserap ini menuju baterai khusus yang jika terkena energy cahaya akan terisi secara otomatis. Energi dari baterai khusus ini kemudian diubah menjadi energi listrik untuk menjalankan mesin quartz.

Gambar 4. Cara kerja solar quartz movement pada Seiko solar.

Kinetic Quartz
Kinetic quartz, ialah mesin quartz yang sumber energinya berasal dari putaran rotor atau energi mekanik. Jadi terdapat rotor layaknya jam automatic, tetapi energi dari putaran rotor ini akan ditangakap oleh kumparan magnet. Energi gerak ini secara elektromagnetik, akan berubah menjadi energi listrik. Energi listrik akan disimpan dikapasitor, yang kemudian digunakan untuk menjalankan mesin quartz.

Gambar 5. Susunan komponen kinetic quartz movement pada Seiko kinetic.

Atomic Dan Satellite Quartz
Dalam perkembangan mesin quartz, produsen jam dari Jepang berlomba-lomba melakukan inovasi pada mesin quartz ini. Contohnya Casio yang mengembangkan atomic quartz watch. Apa itu atomic quartz? Atomic quartz adalah mesin jam quartz biasa, hanya terdapat sedikit modifikasi pada mesinnya. Mesin ini dilengkapi teknologi wireless untuk sinkronisasi dengan menara pemancar waktu. Menara pemancar waktu memang belum ada diseluruh dunia. Hanya ada di negara-negara maju saja seperti di Jepang dan Amerika. Jam jenis atomic ini memungkinkan akurasi yang tinggi karena langsung sinkronisasi dengan waktu setempat.   Citizen juga ikut mengembangkan teknologi ini dengan nama Radio Controlled Watch, teknologi yang digunakan sama saja hanya mempunya perbedaan nama saja.


Gambar 6. Negara-negara yang mempunyai transmitter jam atom.

Sedangkan Satellite Quartz, ialah jam tangan dengan mesin quartz yang dilengkapi dengan teknologi GPS. Sehingga jam tangan quartz jenis ini, akan langsung sinkronisasi dengan satelit. Sehingga jam ini sangat praktis dan dapat digunakan di seluruh dunia. Misalnya saja jika kita ke hutan amazon, maka kita cukup klik satu tombol, sehingga jam tangan langsung akan sinkronisasi dengan satelit dan menunjukan waktu setempat (amazon).  Seiko dan Citizen mengembangkan teknologi ini, Seiko menamakan jam mereka dengan Astron GPS dan Citizen menamakan jam mereka dengan Satellite Wave.

Seiko_Astron_Space_560.jpg

Gambar 7. Seiko Astron GPS, jam yang menggunakan frekuensi GPS untuk sinkronisasi waktu dengan satelit. (sumber: watchtime.com)

Kelebihan jam tangan quartz yang dilengkapi teknologi seperti  atomic dan satellite, ialah pada hal akurasi dan kepraktisan setting waktu, apalagi jika kita termasuk orang yang mobile gemar bepergian ke tempat dengan zona waktu berbeda. Cukup klik satu tombol saja, jam pun akan menunjukan waktu setempat. Sedangkan pada hal akurasi, akurasi jam atomic dan satellite ialah 100%. Tidak ada deviasi waktu. Di Jepang contohnya, semua jadwal penerbangan dan kereta api memakai jam satellite dan atom, sehingga dimana saja akan sama waktunya, sehingga penggunaan jam jenis ini di negara maju seperti Jepang yang tepat waktu, akan sangat berguna.

Total
0
Shares
3 comments
  1. Apakah ada produsen jam tangan Swiss yg dilengkapi dengan teknologi satellite quartz?

Comments are closed.

Previous Article

Sejarah Jam Tangan / Arloji

Next Article

Apa itu Jam Tangan Mekanikal atau Automatic Movement?

Related Posts
Total
0
Share