Jam Tangan Mechanical Punya 4 Pantangan

Jam Tangan Mechanical Punya 4 Pantangan

Jam tangan mechanical, menggunakan mechanical movement yang didalamnya terdapat rangkaian yang cukup rumit. Rangkaian tersebut digerakan energi mekanis yang berasal dari pegas (spring). Seluruh komponen di jam mechanical baik automatic winding maupun manual winding terbuat dari logam, khususnya steel. Terdapat kurang lebih 130 komponen kecil yang saling menyambung dan saling menggerakan satu sama lain. Oleh karena itu tentu saja rangkaian ini tidak boleh terganggu hal apapun agar kinerjanya sempurna. Ada beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan terhadap jam tangan mechanical, karena bisa mengganggu kinerja movement, apa saja itu ?.

Tidak Boleh Terpapar Medan Magnet

Jangan letakan jam tangan mechanical berdekatan dengan handphone dan speaker karena kinerja movement bisa mengalami gangguan magnet

Secara umum, case jam tangan mechanical dirancang agar sesuai dengan ISO 764, yaitu mampu mempertahankan akurasi minimal +-30 detik per hari ketika terpengaruh medan magnet maksimal 4,800 gauss. Namun tetap saja ada banyak peralatan elektronik yang bisa menciptakan medan magnet lebih tinggi, sepert handphone dan speaker.

Komponen jam tangan mechanical, seperti spring cukup sensitif terhadap magnet.
Foto : Seikowatches

Oleh karena itu jangan pernah meletakan jam tangan berdekatan dengan handphone dan speaker, karena jika energi magnet terperangkap di dalam jam, maka kinerja mechanical movement didalamnya akan terganggu, seperti hair spring yang berfungsi menjaga keseimbangan balance wheel dalam mengontrol akurasi jam, sangat sensitif terhadap medan magnet, hair spring yang terkena dampak magnet akan membuat akurasi jam tangan menjadi kecepetan sampai lebih dari 1 menit perhari. Selain itu parts lain juga bisa terganggu seperti mainspring yang tugasnya sebagai sumber energi mekanis, bisa terganggu sehingga menyebabkan power reserve tidak terisi penuh.

Jam Tangan Mechanical Tidak Boleh Terguncang Keras

Display negative vs positive
Jam tangan digital quartz seperti G-Shock, dirancang agar tahan guncangan sehingga lebih cocok dipakai untuk aktivitas berat daripada jam tangan mechanical

Seperti penjelasan sebelumnya, jam tangan mechanical terdiri dari kurang lebih 130 komponnen yang tersambung dan saling mempengaruhi. Meskipun menggunakan jewels yang membuat antar komponen  menempel stabil, namun tetap saja tidak boleh terkena guncangan yang ekstrim. Seringkali kejadian jam tangan mechanical yang jatuh, balance wheel copot karena lepas dari dudukannya, dikarenakan guncangan ekstrim, oleh karena itu jika anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang penuh guncangan, sebaiknya jangan memakai jam tangan mechanical. Untuk aktivitas ekstrim, menggunakan jam tangan quartz adalah pilihan yang lebih bijak.

Jarum Jam Tidak Boleh Diputar Terbalik

Jangan memutar jarum jam terbalik ketika set waktu

Putaran jarum jam di mechanical movement dirancang untuk bergerak maju. Apabila diputar berlawanan arah, maka akan menimbulkan gesekean yang tidak wajar di antara komponenya. Gesekan tidak wajar tersebut bisa menyebabkan komponen tersebut menjadi aus sebelum waktunya. Jika banyak komponen cepat aus daripada waktu yang semestinya, maka akurasi jam tangan bisa menjadi kacau dan harus segera dibawa ke service center.

Tidak Disarankan Manual Setting Ketika Sedang Pergantian Tanggal / Hari

Roda hari & tanggal pada movement Seiko. Foto : watchrepairtalk

Pada pukul 21.00-03.00 dini hari, jam tangan automatic seperti Seiko, mekanisme pergantian roda tanggal dan harinya sedang bekerja secara otomatis. Pada periode waktu tersebut sebaiknya tidak melakukan pergantian waktu, tanggal atau hari secara manual sampai proses pergantian tanggal dan hari nya selesai. Karena bisa mengacaukan kinerja mekanisme otomatis roda tanggal / hari.