Oris Aquis Date Calibre 400 : Punya Power Reserve 5 Hari

Oris Aquisdate Calibre 400
Oris Aquisdate Calibre 400

Oris Aquis Date Calibre 400 baru saja diperkenalkan, jam tangan ini merupakan jam tangan pertama Oris yang memakai Calibre 400 in-house movement yang baru diperkenalkan 2 minggu lalu. Penggunaan movement ini dalam model Aquis akan menjadi standar baru bagi Oris yang selama ini identik dengan movement Sellita. Selain itu Oris merupakan independen brand yang tidak bergabung dengan grup manapun, oleh karena itu, dengan mengembangkan in-house movement tentu saja akan membuat Oris semakin bertaji di dunia Horologi.

Oris Aquis Date Calibre 400 mempunyai diameter 43,5 mm sehingga cukup ideal di pergelangan tangan. Foto : Oris

Oris Aquis Date selama ini dikenal sebagai jam tangan penyelam Oris yang memiliki pecintanya sendiri. Selain karena cukup terjangkau harganya untuk sekelas merk Swiss, Oris Aquis Date juga memiliki desain dan fitur yang cukup bagus di kelasnya. Selama ini kita hanya mengetahui Oris menggunakan Sellita movement dengan rotor berwarna merah. Di Oris Aquis Date Calibre 400 ini, Oris mencoba menaikan standar dengan in-house movement Calibre 400.

Jendela tanggal pada posisi pukul 6 merupakan ciri khas Oris aquis Date. Calibre 400. Foto : Oris

Calibre 400 menawarkan berbagai fitur yang cukup bagus, diantaranya power reserve yang mampu bertahan sampai 5 hari, karena oris menggunakan twin barell mainspring. Selain itu, dua barell ini ditopang dengan penggunaan slide-bearing system sehingga bisa mengurangi gesekan dan lebih efisien. Perubahan besar dilakukan pada bagian lever dan escape wheel dengan menggunakan material Silicon sehingga tidak perlu diberi pelumas serta bisa meningkatkan kemampuan anti magnet sampai 2250 Gauss. Kita cukup tahu bahwa komponen di jam tangan mechanical sangat sensitif dengan medan magnet.

Spesifikasi Oris Aquis Date Calibre 400

Terlihat lubang yang langsung memperlihatkan springbar pada bagian belakang bracelet, sehingga memudahkan untuk mengganti strap. Foto : Oris

Case Oris Aquis Date Calibre 400 mempunyai diameter 43,5 mm. Tidak terlalu besar seperti pada versi Aquis sebelumnya. Selain itu dial biru dengan sunburst efek terlihat sangat menawan. Pada bagian bezel menggunakan ceramic bezel yang menambah kesan mewah pada jam tangan ini. Ketebalan pada jam ini 13 mm dan mempunyai jarak lug to lug 49 mm. Lume pada jam tangan ini menyala lebih lama karena menggunakan Super-LumiNova BGW9. Angka marker yang menggunakan metal terlihat cukup nyaman dilihat walau di cahaya yang tidak terlalu terang sekalipun. Nilai plus lain ada pada bracelet yang mempunyai fitur quick strap change system dengan lubang di endlink yang memudahkan mencopot springbar. Pada bagaian gesper terdapat ekstensi untuk dipakai di baju selam. Gesepernya menggunakan folding clasp dengan 2 lipatan dan terdapat 3 lubang untuk micro adjustment.

Oris Calibre 400 In-house movement. Foto : Oris

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Oris Aquisdate Calibre 400 bisa menjadi jam tangan diver cocok dipakai untuk harian namun tetap mempunyai kesan elegan dan mewah. Size nya yang termasuk size pertengahan tidak terlalu besar namun tidak terlalu kecil, membuat jam tangan ini terlihat gagah. Jam ini dalam statementnya di banderol $3200 untuk versi rubber dan $3500 untuk versi bracelet steel. Dengan in-house movement, fitur antimagnetic, power reserve 5 hari serta garansi movement 10 tahun, tentu saja jam tangan ini menjadi layak untuk dikoleksi. Nantikan kehadirannya di jamtangan.com.

Total
0
Shares
Previous Article
jam tangan mechanical

Jam Tangan Mechanical Punya 4 Pantangan

Next Article
7 Jam Tangan Seiko Termahal, Harganya Sampai 200-an Juta!

7 Jam Tangan Seiko Termahal, Harganya Sampai 230 Juta-an!

Related Posts
Total
0
Share