Rumus Menghitung Ukuran Jam Tangan

Rumus Menghitung Ukuran Jam Tangan

Meski berukuran 60 mm, Panerai Radiomir Egiziano tetap cocok di tangan Sylvester Stallone yang besar.

Pernahkah kamu ragu saat membeli jam tangan karena takut ukuran jam tidak pas dengan pergelangan tanganmu?

Bila kamu datang ke toko langsung, kamu bisa mencocokkan jam dengan pergelangan tangan. Namun, kalau kamu  berbelanja online, kamu mungkin hanya disajikan angka diameter jam tangan.

Ada cara unik yang diusulkan oleh penghuni forum Watchuseek dengan username camb66 dalam menentukan ukuran jam tangan yang pas. Ia memberi rumus yang cukup mudah diingat, yaitu:

Keliling lingkar pergelangan tangan dibagi diameter jam, semuanya dalam satuan milimeter.

Bila tercantum pula informasi terkait jarak lug to lug, usahakan agar panjangnya tidak melebihi lebar pergelangan tangan. Berdasarkan rumus ini, jam tangan yang diameternya pas memiliki rasio antara 4 hingga 5.

Ambil contoh, misalnya lingkar pergelangan tangan saya 185 mm dan memakai Seiko SKX007 yang diameternya 40 mm. Maka cara menghitungnya adalah 185/40 = 4,625. Artinya Seiko SKX007 masih pas ukurannya untuk tangan saya.

Lebih jauh lagi, rumus ini juga memperkirakan diameter jam maksimal dan minimal yang cocok untuk saya kenakan. Caranya yaitu 185/5 = 37 mm untuk diameter terkecil, serta 185/4 = 46,25 mm untuk diameter terbesar.

Namun perlu diingat bahwa perhitungan ini merupakan suatu gambaran semata. Faktor-faktor seperti ketebalan case dan karakter pergelangan tangan yang lebih bulat atau melebar juga berpengaruh.

Bentuk case yang lebih kotak cenderung terlihat lebih besar. Selain itu, desain jam tangan juga sangat menentukan.  Tipe dress watch seperti Cartier Tank tetap terlihat cocok meski mungil, begitu pula jam tangan keluarga G-Shock dan SEVENFRIDAY pun dapat terasa pas walau bongsor.

Yang paling utama, semua kembali ke selera kita masing-masing sebagai pemakai. Sebab, kita lah yang mengenakan jam tangan tersebut dan jam tangan merupakan salah satu bentuk ekspresi personal.

DJO/www.jamtangan.com