Begini Cara Menghitung Diameter Jam Tangan

Begini Cara Menghitung Diameter Jam Tangan

Pernahkah Anda penasaran untuk mengukur diameter jam tangan Anda? Jika belum pernah, kali ini blog Jamtangan.com akan memberikan Anda tips dan informasi bagaimana cara yang tepat mengukur diameter jam tangan.

Sebelum mengukur jam tangan, pastikan Anda menyiapkan jangka sorong (Vernier caliper) yang memiliki satuan millimeter. Poin penting yang perlu Anda ketahui adalah jangka sorong yang terbuat dari bahan plastik akan lebih disarankan daripada jangka sorong yang terbuat dari besi. Mengingat jangka sorong yang terbuat dari besi dikhawatirkan akan menggores case jam tangan Anda. Tapi, jika yang tersedia hanya jangka sorong besi, Anda bisa melapisi pengapit pada jangka sorong dengan selotip agar tidak menggores case jam tangan.

Selanjutnya Anda tinggal mengapit bagian case jam tangan Anda dengan pengapit jangka sorong dan Anda dapat melihat angka yang tertera pada tubuh jangka sorong atau angka yang muncul pada panel digital (jika jangka sorong berjenis jangka digital) sebagai ukuran case.

image source: theslenderwrist.com

Bagian lain dari jam tangan yang sering diukur dan dicari tahu ukurannya adalah jarak lug to lug atau biasa disingkat L2L. Lug sendiri adalah bagian pada jam tangan yang berkaitan langsung dengan pangkal strap. Untuk mengukurnya, Anda tinggal mengapit bagian lug satu dengan lug sisi lainnya dengan jangka sorong yang sama. Lug to lug pada jam dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini.

image source: theslenderwrist.com

Untuk mengukur lug to lug Anda juga tidak perlu melepas strap atau band pada jam tangan Anda. Sama seperti ketika Anda mengukur lebar lug atau lug width yang merupakan jarak antara ujung lug pada sisi yang sama.

image source: realmanrealstyle.com

Sementara itu, bagian lainnya pada jam tangan yang juga sering diukur adalah tebal case / case thickness. Jadi untuk mengetahui tebal case dengan cara mengukur sisi depan case dengan sisi belakang case dengan menggunakan jangka sorong seperti tertera pada ilustrasi di atas.

Kini, Anda sudah mengetahui cara mengukur diameter jam tangan dan mengukur bagian utama lainnya dari jam tangan. Selanjutnya, penting untuk diperhatikan bahwa ukuran diameter jam tangan, lug to lug, dan case thickness juga harus disesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan Anda.

image source: govbergwatches.com

Ilustrasi di atas, memperlihatkan diameter jam tangan dengan ukuran seharusnya pergelangan tangan yang sesuai. Terlihat bahwa diameter jam tangan 34 mm-36 mm sesuai untuk ukuran pergelangan tangan sekitar 6 inchi atau kurang dari itu. Sementara diameter 38 mm-42 mm sesuai untuk pergelangan tangan antara 6 inchi – 7 inchi dan untuk pergelangan tangan lebih dari 7 inchi disarankan untuk memilih diameter di atas 44 mm.

Namun semua itu kembali lagi pada preferensi setiap orang, ada kalanya, seseorang dengan pergelangan tangan besar lebih menyukai memakai jam tangan dengan diameter yang lebih kecil. Intinya, ilustrasi dan informasi di atas berguna untuk membantu Anda menentukan diameter jam tangan yang sesuai dengan ukuran pergelangan tangan Anda.

Categories: Info & Tips