Jam Tangan Chronograph Untuk Mengukur Waktu

Jam Tangan Chronograph Untuk Mengukur Waktu

Jam tangan dengan modul chronograph kian digemari. Sayangnya, banyak orang yang melihat jam chronograph dari sisi desain yang cantik saja.

Sebenarnya chronograph berasal dari kata “chrono” yang artinya waktu dan “graph” yang artinya alat. Jadi, jam chronograph adalah jam tangan yang dilengkapi fitur pengukur waktu atau yang kita kenal dengan stopwatch.

Bagian-bagian-jam-chronograph-beserta-fungsinya
Gambar 1. Bagian-bagian jam chronograph beserta fungsinya.

Jam chronograph biasanya mempunya dua sampai tiga subdial pada dial utamanya. Subdial ini umumnya berfungsi untuk penunjuk detik dan menit. Pada jenis tiga subdial, biasanya subdial ketiga adalah penunjuk jam dalam satuan 12 atau 24 jam. Jarum detik besar di dial utama seringkali terdiam pada angka 12 karena  berfungsi sebagai untuk jarum detik stopwatch.

Kita bisa mengaktifkan jarum detik stopwatch dengan menekan tombol sebelah kanan (atas) dari crown yang sejajar angka dua. Lalu untuk stop, tekan kembali tombol tersebut maka jarum detik stopwatch akan berhenti. Untuk mengembalikan jarum detik pada tempat awalnya (reset), tekan tombol sebelah kiri crown yang sejajar dengan angka empat.

Agar jarum detik kembali ke posisi semula (jam 12), jam chronograph perlu dikalibrasi.

Jam-chronograph-yang-tebal-menambah-kesan-macho-pemakainya
Gambar 2. Jam chronograph yang tebal menambah kesan macho pemakainya.

Seringkali jam chronograph dilengkapi tachymeter pada pada bezelnya. Fungsi tachymeter ini adalah untuk mengukur kecepatan berdasarkan waktu tempuh. Komplikasi ini biasa digunakan para timekeeper pada kejuaraan balap mobil atau motor. Mereka memanfaatkan jam chronograph yang mempunyai tachymeter pada bezelnya.

Fitur chronograph pada jam tangan juga terdapat pada jam diver maupun pilot. Pada jam diver tentu saja, fungsi chronograph sebagai timer waktu selama di dalam air.  Pada jam pilot, chronograph digunakan untuk mencatat lamanya penerbangan dari satu bandara ke bandara lainnya.

Jam-tangan-chronograph-yang-dilengkapi-tachymeter-pada-bezelnya
Gambar 3. Jam tangan chronograph yang dilengkapi tachymeter pada bezelnya.

Penjelasan-mengenai-fungsi-dan-cara-penggunaan-tachymeter-pada-jam-chronograph
Gambar 4. Penjelasan mengenai fungsi dan cara penggunaan tachymeter pada jam chronograph.

Sebenarnya, fungsi stopwatch pada jam chronograph ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan estimasi waktu. Tentara militer juga biasanya menggunakan jam chronograph untuk dipakai dalam melakukan operasi militer. Demikian juga dengan koki yang sedang memasak dan harus menyelesaikan masakannya dalam durasi waktu tertentu. Jam-pilot-yang-mempunyai-fitur-chronogra
Gambar 5. Jam pilot yang mempunyai fitur chronograph.

Jadi, jam chronograph sebenarnya mempunyai fungsi pengukur waktu atau stopwatch yang bisa bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari. Terutama untuk kegiatan yang harus dilakukan dalam durasi tertentu.

Dilihat dari sisi fashion, jam chronograph biasanya cukup tebal sehingga mempunyai kesan macho. Banyaknya subdial serta tombol pada jam chronograph membuat jam chrono terkesan futuristik. Oleh karena itu, mulai sekarang marilah kita memanfaatkan fungsi pengukur waktu pada jam chronograph untuk hal-hal yang bermanfaat, tidak hanya sebagai fashion saja.

Kalau merasa aktivitasmu sehari-hari butuh jam chronograph, kamu bisa mencari produk yang cocok di Jamtangan.com. Kamu pasti akan mendapat produk original dengan harga terbaik.

Categories: Watch Features