5 Tips Memilih Jam Tangan Pria Kurus untuk Penampilan Maksimal!

Jam yang proporsional membuat penampilan kian maksimal!

Tips memilih jam tangan pria kurus blog Machtwatch

Walaupun nggak ada aturan ‘baku’ mengenai standar kesesuaian ukuran jam dengan pergelangan tangan, kejelian dalam memilih size yang proporsional tentu akan membuat penampilan terlihat kian maksimal. Karena itu sebelum membeli jam tangan baru, ada baiknya kamu mengetahui dulu tips memilih jam tangan pria kurus yang sudah Jamtangan.com siapkan ini. Buat memilih jam yang proporsional buatmu, bisa dilakukan dengan mempertimbangkan 5 hal berikut ini. Yuk diingat-ingat, and choose your size wisely

1. Ukur & Ketahui Dulu Ukuran Pergelangan Tanganmu 

Tabel ukuran rata-rata pergelangan tangan pada pria
Tabel ukuran rata-rata pergelangan tangan pria. (Image: Demon)

Sebelum mulai mempraktikan tips memilih jam tangan pria kurus, tentu saja kamu harus tahu dulu ukuran pergelangan tanganmu. Untuk mengukurnya, kamu bisa memanfaatkan pita ukur jahit. Lingkarkan pita ukur di pergelangan tangan (tepatnya di atas wrist-bone agar hasil lebih akurat), lalu pastikan pita tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar. Ukuran yang kamu dapat itulah yang bisa dijadikan acuan dalam memilih jam tangan nanti. 

Biasanya, pria memiliki ukuran pergelangan tangan rata-rata 5,5-8 inch atau 14-20 cm. Pergelangan tangan pria bisa dikategorikan sebagai kecil hingga medium jika memiliki ukuran 14-18 cm. Nah kalau hasil ukurmu menunjukkan angka tersebut, maka artikel ini cocok kamu baca untuk dijadikan panduan sebelum memilih jam tangan baru! 

2. Pilih Diameter Case Jam Tangan yang Proporsional dengan Tanganmu

Diameter case 38-42mm jam
Diameter case 38-42mm ideal untuk pergelangan tangan kecil pria. (Image: Watch Researcher)

Sebagai pusat perhatian dari sebuah jam tangan, ukuran case menjadi hal pertama yang harus kamu perhatikan. Karena itu, setelah mengetahui ukuran pergelangan tanganmu, langkah selanjutnya adalah memilih jam dengan diameter case yang paling proporsional. Idealnya, sebuah jam tangan akan tampak lebih proporsional di tangan jika memiliki diameter yang bisa menutupi sekitar 70% dari pergelangan tangan. ‘

Kamu juga bisa baca artikel berikut : 10 Rekomendasi Jam Tangan Pria Untuk Menambah Koleksi Di 2023

Dengan dasar tersebut, pria dengan pergelangan tangan kecil disarankan memilih jam dengan diameter tidak terlalu besar. Ukuran 38-42 mm bisa menjadi pilihan terbaik supaya jam terlihat lebih proporsional di tangan. Meskipun mungkin terlihat kecil jika dibandingkan dengan jam pria kebanyakan, range ukuran ini akan memberikan ‘keseimbangan’ dalam penampilanmu. 

3. Perhatikan Juga Ketebalan Case Jam Tangan

Ketebalan Case Jam Tangan

Selain diameter, ketebalan case ternyata juga sangat berpengaruh dalam menentukan proporsionalitas jam saat dipakai. Jam yang ideal harus punya ketebalan case yang berbanding lurus dengan diameternya. Kalau diameternya lebih besar, maka ukuran case seharusnya juga lebih tebal. Dengan begitu, jam tidak akan terlihat off atau ‘aneh’ saat digunakan. Aturan ini juga sudah dipegang erat oleh brand-brand jam kenamaan dunia. 

Ketebalan case ideal pergelangan tangan jam
Ketebalan case ideal untuk pergelangan tangan kecil pria yakni 6-8 mm. (Image: Real Men)

That’s why, tips memilih jam tangan pria kurus selanjutnya adalah memastikan ketebalan case jam yang kamu pilih sebaiknya tidak terlalu tebal. Karena diameter ideal untuk tangan kecil adalah 38-42mm, maka ketebalan case yang ideal dan seimbang berkisar di range 6-8 mm. Memilih jam dengan case terlalu tebal bisa membuat volumenya terlihat lebih ‘berat’ atau heavy saat digunakan di pergelangan tanganmu yang cenderung kecil. 

4. Watch Strap Material Also Matters!

Strap logam Milanese-Style
Jika ingin jam strap logam, pilihlah Strap Milanese-Style yang tipis. (Image: Strapcode)

Tips memilih jam tangan pria kurus ternyata juga ikut ditentukan oleh material strap yang digunakan. Jam dengan strap berbahan logam secara otomatis akan tampak lebih bervolume dan tebal dibandingkan strap dari material lainnya. Itulah mengapa walaupun semua kembali pada preferensi masing-masing, pria dengan pergelangan tangan kecil lebih disarankan memilih non-metal strap seperti leather, nylon, kanvas, atau rubber-band. Kalaupun ingin memakai jam dengan strap logam, sebaiknya pilih yang ‘tipis’ seperti jam Milanese-style.

5. Simple Design is Way Much Better 

ilustrasi jam tangan pria

Tips memilih jam tangan pria kurus yang terakhir namun nggak kalah penting, adalah mempertimbangkan detail desain jam tangan. Detail seperti subdial, hands, marker, crown, sampai komplikasi yang dimiliki sebuah jam juga akan menentukan proporsionalitasnya saat dipakai. Tentu sudah bisa dibayangkan dong, jam yang memiliki banyak komplikasi sekaligus seperti day-date, moonphase, chronograph, dll pasti akan tampak lebih ‘heavy’. Sedangkan jam tangan dengan komplikasi dan desain simpel, akan terlihat lebih ‘ringan’. 

Baca juga : 7 Merk Jam Tangan Pria Murah yang Terkenal dengan Desain Classy & Mewah

Itu artinya, pria dengan ukuran pergelangan tangan kecil disarankan memilih jam dengan desain dan komplikasi yang lebih simpel. Makin simpel elemen dial dan komplikasi sebuah jam tangan, akan tampak lebih proporsional pula saat digunakan di tangan. Salah satu model jam yang paling disarankan untuk pria bertangan kecil adalah dress watch yang minimalis namun tetap elegan. 

Rekomendasi Jam Tangan Pria untuk Diameter Tangan Kecil 

Itulah tadi tips memilih jam tangan pria kurus yang bisa kamu ikuti. Namun, semua tetap kembali lagi ke selera dan preferensi masing-masing. Sama sekali nggak salah dan nggak ada yang melarang kalau pria dengan diameter tangan kecil ingin memakai jam berukuran besar atau begitu pun sebaliknya. Tapi, nggak ada salahnya mengingat-ingat panduan ini kalau suatu hari nanti kamu bingung memilih ukuran jam yang paling tepat sesuai proporsi tanganmu. 

Biar makin gampang memilih, nih Jamtangan.com juga sudah menyiapkan beberapa rekomendasi jam yang bisa dilirik buat para pria yang punya tangan kecil. Hope it helps dan selamat menambah koleksi jam baru! 

kamu juga bisa baca artikel berikut! : Tampil Sporty Dengan 10 Jam Tangan Pria Terbaik Ini

Seiko 5 SNK805K2 Automatic 

Seiko 5 SNK805K2 Automatic
Seiko 5 SNK805K2 Automatic – gambar : jamtangan.com

Nylon strap dengan diameter case 37mm serta fitur yang simpel. Recommended! 

Jonas & Verus Y01957-Q3.WWWBW 

Jonas & Verus Y01957-Q3.WWWBW
Jonas & Verus Y01957-Q3.WWWBW – gambar : jamtangan.com

Milanese-strap. Cocok buat diameter tangan kecil, tapi suka jam dengan strap logam. 

Daniel Wellington DW00100003

Daniel Wellington DW00100003
Daniel Wellington DW00100003 – sumber gambar : jamtangan.com

Dress-watch dengan clean dial yang simpel namun tetap elegan. 

Orient Bambino FAC00002W

Orient Bambino FAC00002W
Orient Bambino FAC00002W – gambar : jamtangan.com

Diameter case 40mm dengan paduan leather case. Klasik dan mewah! 

Mido M040.407.16.040.00 Multifort Patrimony Automatic

Mido Multifort Patrimony Automatic
Mido Multifort Patrimony Automatic

Punya budget lebih? Lirik MIdo dengan sophisticated-clean-dial ini. 

Kalau masih belum nemu yang dicari, cek rekomendasi jam buat diameter tangan kecil lainnya di sini, yuk! 

Total
0
Shares
Previous Article
Review G-Shock GBA900 Indonesia jam tangan G-Shock Terbaru 2021

Review G-Shock GBA900: ‘Keluarga’ Baru Seri MOVE yang Affordable

Next Article
Cara setting jam tangan skmei mengatur waktu, tanggal, stopwatch, countdown timer, alarm,

Tutorial Cara Setting Jam Tangan SKMEI 1251, Lengkap & Gampang!

Related Posts
Total
0
Share