Jenis Strap pada jam tangan

Jenis Strap pada jam tangan

Jenis strap pada jam tangan cukup beragam. Jam tangan memang tidak bisa lepas dari berbagai macam strap, karena strap berfungsi untuk mengikatkan bodi jam pada pergelangan tangan. Strap juga berfungsi untuk fashion dan tampilan. Strap pada jam tangan juga mempunyai banyak ukuran, tergantung ukuran lug dari jam tangan itu sendiri. Machtwatch kali ini akan membahas berbagai jenis strap yang umum digunakan pada jam tangan.

Bracelet Strap

Bracelet strap merupakan salah satu jenis strap yang menggunakan material logam, biasanya strap ini menggunakan bahan stainless steel. Jenisnya pun bermacam-macam, dari oyster bracelet, H-link bracelet, super engineer bracelet sampai jubille bracelet. Penggolongan bracelet ini didasarkan pada jumlah dan model link dari bracelet strap itu sendiri. Bracelet strap juga mempunyai endlink, yaitu link terakhir yang menyambungkan ke bodi jam, terdapat dua jenis link, yaitu solid endlink yang merupakan link padat, dan non solid endlink yang berupa lempengan link yang di tekuk.

22mmto20mm003

Gambar 1. Solid endlink pada jenis strap bracelet.

Leather Strap

Leather strap tidak bisa lepas dari jam tangan. Material kulit atau leather merupakan material yang cukup nyaman digunakan dan cukup awet. Leather strap juga banyak jenisnya dari kulit buaya, kulit ular dll. Leather strap yang baik untuk jam tangan umumnya dinilai dari ketebalan, tingkat keempukan dan elastisitas leather itu sendiri. Makin tebal dan elastis leather strap, maka makin nyaman digunakan. Leather strap sendiri juga banyak dibuat secara homade atau butik. Leather strap butik menonjolkan proses pembuatan dan menonjolkan warna-warna leather vintage yang secara alami didapat pada proses pembuatannya.

mbs_leather_tan_blk_2

Gambar 2. Leather strap jenis rivet, biasanya digunakan untuk jam pilot.

Nylon Strap

Nylon strap merupakan strap dari bahan nylon. Strap jenis ini sangat nyaman digunakan dan kuat, karena dibuat dari serat benang nylon yang cukup keras. Nylon strap yang terkenal ialah jenis nato strap, yang sangat praktis dalam pemasangannya, dan dapat dengan mudah dicopot untuk bergonta-ganti jenis warnanya. Nylon strap juga identik dengan jam tangan militer. Karena durabilitynya cukup bagus, sehingga banyak tentara memakai nylon strap untuk jam tangannya.

SEIKO_5_SNK809_2EDIT

Gambar 3. Nylon strap jenis nato, menambah kesan military pada jam tangan.

Rubber Strap

Rubber strap ialah jenis strap yang menggunakan bahan rubber (campuran plastik dan karet). Biasanya rubber strap identik dengan jam tangan yang sporty atau jam tangan diver.

Seiko-22mm_Divers_strap3

Gambar 4. Rubber strap Seiko diver B22, salah satu rubber strap dengan kulitas baik.

 

 

Karena sifatnya yang waterproof, sehingga rubber strap cukup praktis digunakan. Ketika terkena air, air tidak akan meresap kedalam strap, sehingga akan aman digunakan didalam air. Rubber strap juga dibuat dengan berbagai macam warna. Rubber strap yang berkualitas, dapat dinilai dari tingkat elastisitas dan keempukannya. Biasanya rubber strap yang baik juga tidak mudah getas dan putus.

Categories: Info & Tips