Jenis Strap pada jam tangan

Daya tarik jam tangan bukan saja hanya pada dial, namun juga pada jenis strap jam tangan yang digunakan. Selain sebagai penunjuk waktu, kamu juga bisa menggunakan strap sebagai pelengkap penampilan kamu.

jenis strap jam tangan
jenis strap jam tangan

Daya tarik jam tangan bukan saja hanya pada dial, namun juga pada jenis strap jam tangan yang digunakan. Selain sebagai penunjuk waktu, kamu juga bisa menggunakan strap sebagai pelengkap penampilan kamu. Seringkali kolektor jam tangan memiliki lebih dari satu jam tangan, untuk berganti-ganti menyesuaikan dengan gaya berpakaian. Namun daripada berganti-ganti jam, kamu juga bisa menyesuaikan tampilan dengan mengganti jenis strap jam tangan kamu.

Jenis strap pada jam tangan cukup beragam. Secara umum terdapat 4 jenis strap jam tangan bahkan hingga total 15 macam modelnya. Jam tangan memang tidak bisa lepas dari berbagai macam strap, karena strap berfungsi untuk mengikatkan case jam pada pergelangan tangan. Terdapat banyak ukuran strap jam tangan, tergantung dari ukuran lug dari jam tangan itu sendiri. Kali ini Minwatch akan membahas berbagai jenis strap yang umum digunakan pada jam tangan dan cara mengukur strap  pada jam tangan . Yuk, simak artikelnya dibawah ini

Ukuran Strap Jam Tangan

Strap jam tangan merupakan komponen penting pada jam tangan, karena berguna sebagai pengikat jam di pergelangan tangan. Namun terkadang untuk beberapa jam tangan yang sudah terlalu lama digunakan terdapat kerusakan-kerusakan minor pada strap. Seperti putus, berkarat bahkan hingga membuat lecet di kulit pergelangan tangan. Bila kondisi-kondisi tersebut terjadi pada strap jam tangan kita, tentu saja sebaiknya strap diganti karena sudah tidak nyaman untuk digunakan. 

Untuk mengganti dengan strap yang baru, tentunya kamu harus menyesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan kamu. Berikut ini beberapa cara mengukur strap jam tangan yang bisa kamu lakukan.

Cara Mengukur Strap Jam Tangan

Berikut adalah cara mengukur strap jam tangan:

1. Mengukur lug dengan penggaris

Lug merupakan pangkal sambungan strap jam ke dial. Lug langsung berhubungan dengan strap jam tangan sehingga keduanya dapat tersambung. Biasanya untuk strap jam tangan menggunakan satuan ukuran mm (milimeter) daripada cm (centimeter). Jadi walaupun kamu mengukur dengan cm, sebaiknya konvert angka ke mm supaya memudahkan kamu saat membeli dan menentukan ukuran strap jam tangan.

2. Menyortir strap jam tangan

Kamu dapat melakukan sortir strap jam tangan yang hendak kamu beli di toko online ataupun offline. Supaya tidak salah, kamu bisa memastikan bahwa ukuran lug dan strap sudah sesuai..

4 Jenis Strap Jam Tangan

1. Bracelet

Bracelet strap merupakan salah satu jenis strap yang menggunakan material logam, biasanya strap ini menggunakan bahan stainless steel,titanium, bronze dan lainnya. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari oyster bracelet, super engineered, jubilee bracelet sampai mesh/milane bracelet

Bracelet strap umumnya disebut strap rantai jam tangan, digolongkan berdasarkan pada jumlah dan model link bracelet. Bracelet strap juga mempunyai endlink, yaitu link terakhir yang menyambungkan ke bodi jam. Terdapat dua jenis link, yaitu solid endlink yang merupakan link padat, dan non solid endlink yang berupa lempengan link yang di tekuk.

Berikut adalah 5 jenis bracelet strap :

a. Oyster

bracelet strap Oyster
Oyster. Sumber: Jamtangan.com

b. Jubilee

Jubilee
Jubilee. Sumber: Jamtangan.com

c. Super Engineered

Strap Bracelet SuperEngineered
Super Engineered. Sumber: Jamtangan.com

d. Mesh/Millane

Mesh/Millane
Mesh/Millane. Sumber: Jamtangan.com

Baca juga: Jangan Cuma Dipakai, Ini Cara Membersihkan Strap Jam Tangan

2. Rubber Silicon

Rubber silicon strap merupakan jenis strap yang menggunakan bahan campuran plastik dan karet. Biasanya rubber silicon strap / strap karet jam tangan identik dengan jam tangan yang sporty atau jam tangan diver.

Karena sifatnya yang waterproof, jenis strap karet jam tangan cukup praktis digunakan. Keunggulan strap ini air tidak akan meresap kedalam strap sehingga aman digunakan di dalam air. Rubber silicon strap biasanya juga dibuat dengan berbagai macam pilihan warna. Kita dapat menilai kualitas rubber silicon strap dari tingkat elastisitas dan keempukannya. Selain itu rubber silicon strap yang berkualitas juga tidak mudah rapuh, getas dan putus.

Rubber Silicon Strap
Rubber Silicon Strap. Sumber: Jamtangan.com

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Jam Tangan Karet Biar Kembali Seperti ‘Baru’

3. Leather

Leather strap merupakan jenis strap jam tangan yang sangat umum digunakan sejak dahulu. Dapat dikatakan bahwa leather strap tidak bisa lepas dari jam tangan. Material strap kulit jam tangan atau leather strap merupakan material yang cukup nyaman dan cukup awet digunakan. 

Terdapat berbagai jenis leather strap, mulai dari leather dress, leather classic / vintage, leather river/pilot, leather bund hingga leather rally. Bisanya leather strap menggunakan kulit hewan, antara lain dari kulit buaya, kulit ular dll. 

Leather strap yang baik untuk jam tangan umumnya dinilai dari ketebalan, tingkat keempukan dan elastisitas leather itu sendiri. Makin tebal dan elastis leather strap, maka makin nyaman digunakan. Leather strap sendiri juga banyak dibuat secara home made atau butik. Leather strap butik biasanya menonjolkan proses pembuatan dan menonjolkan warna-warna leather vintage yang secara alami didapat pada proses pembuatannya.

Berikut adalah 5 jenis leather strap:

a. Dress

Dress strap leather
Dress. Sumber: Jamtangan.com.

b. Classic/Vintage (Casual)

Classic/Vintage (Casual)
Classic/Vintage (Casual). Sumber: Jamtangan.com

c. Rivet/Pilot

strap leather Rivet/Pilot
Rivet/Pilot. Sumber: Jamtangan.com.

d. Bund

strap leather Bund
Bund. Sumber: Jamtangan.com.

e. Rally

strap leather Rally
strap leather Rally. Sumber: Jamtangan.com.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tali Jam Tangan Kulit

4. Fabric (Kanvas atau Nylon)

Jenis strap jam tangan berikutnya yaitu fabric (kanvas atau nylon) yang terdiri dari lima model lainnya, yaitu nato, zulu, tudor style, French Marine Nationale style (atau disebut juga bahan parasut) dan yang terakhir adalah perlon.

Nato, zulu dan perlon merupakan fabric strap yang berbahan dasar nylon. Sedangkan tudor style dan French Marine Nationale style merupakan fabric strap yang berbahan dasar kanvas.

Pada umumnya, strap yang masuk ke dalam kategori fabric strap merupakan strap yang terbuat dari bahan kanvas atau nylon. Strap jenis ini sangat nyaman digunakan dan kuat, karena dibuat dari serat benang nylon yang cukup keras. 

Seperti Nato strap, merupakan strap yang sangat praktis dalam pemasangan dan mudah dicopot, sehingga tidak sulit untuk bergonta-ganti jenis warna strap. Strap berbahan nylon juga identik dengan jam tangan militer. Karena durabilitynya cukup bagus, sehingga banyak tentara memakai strap berbahan nylon untuk jam tangannya.

Berikut adalah 5 jenis fabric (kanvas atau nylon):

a. Nato

Strap Fabrique Nato
Strap Fabrique Nato. Sumber: Jamtangan.com

b. Zulu

Strap Fabrique Zulu
Strap Fabrique Zulu. Sumber: Jamtangan.com.

c. Tudor Style

Tudor Style strap
Tudor Style. Sumber: Jamtangan.com.

d. French Marine Nationale Style (Parasut)

French Marine Nationale Style
French Marine Nationale Style. Sumber: Jamtangan.com.

e. Perlon

Perlon strap
Perlon. Sumber: Jamtangan.com.

Baca juga: Cara Mudah Ganti Strap Jam Tanganmu

Sekarang kamu sudah mengetahui mengenai 4 jenis strap jam tangan dan apa saja material dari jenis-jenis strap yang ada. Bagi pecinta jam tangan seperti kamu, tentunya strap jam tangan akan sangat mendukung penampilan kamu. Untuk kamu yang suka mengganti strap jam tangan, kamu bisa mengunjungi Jamtangan.com dan pilih kategori Strap sehingga kamu bisa lihat koleksi strap jam tangan kesukaan kamu.

Oleh: Rahel Humillang

Referensi: dari berbagai sumber.

Total
0
Shares
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article

Seiko Prospex Monster, Segarang Monster

Next Article

Tissot T-Race Nicky Hayden Limited Edition

Related Posts
Total
0
Share