Ada Macam-Macam Case Back Jam Tangan, Apa Bedanya?

Ada Macam-Macam Case Back Jam Tangan, Apa Bedanya?

Pencinta dan kolektor jam tangan pasti sering menemukan model tutup belakang jam tangan yang berbeda-beda. Little did you know, adalah bahwa tutup jam tangan atau yang sejatinya disebut case back itu, memang sengaja dirancang dengan tipenya masing-masing. Biar pengetahuanmu seputar dunia horology makin luas dan komplet, yuk kepoin macam-macam jenis back case jam tangan beserta perbedaannya berikut ini! 

1. Screw Down Case Back & Transparent Screw Down Case Back

Jenis tutup belakang jam tangan screw down case back
Screw down case back.

Jenis case back yang pertama adalah screw down case back. Jenis tutup belakang jam tangan ini punya mekanisme membuka dan menutup seperti sekrup dengan ulir. Untuk membukanya, diperlukan alat bernama Friction Ball. Alat ini akan di-press dan dikaitkan ke lubang-lubang pada case back, lalu diputar untuk membuka tutup jam. Mekanisme ini cukup baik untuk ketahanan air, lho. Meski terdapat banyak variasi screw down case back, namun prinsip mekanismenya tetaplah sama.

Jenis tutup belakang jam tangan transparent screw down case back
Transparent screw down case back.

2. Snap Off Case Back & Transparent Snap Off Case Back 

Jenis tutup belakang jam tangan snap off case back
Snap off case back.

Meski sekilas terlihat mirip dengan model sebelumnya, jenis case back ini sebenarnya berbeda. Umum dikenal dengan nama snap off case back, tutup jam tangan satu ini dirancang dengan mekanisme membuka dan menutup menggunakan cara dicongkel dan di-press seperti tutup toples. FYI, di antara jenis-jenis tutup belakang jam yang ada, mekanisme snap off case back adalah salah satu yang cukup tua dan paling umum dijumpai.

Jenis tutup belakang jam tangan transparent snap off case back
Transparent snap off case back.

Nggak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, snap off case back juga dihadirkan dalam modifikasi varian transparan yang biasa dikenal dengan istilah transparent snap off case back. Seluruh mekanisme kerja dari versi transparan ini sama dengan ‘solid’ version-nya, hanya berbeda di penggunaan kaca transparan yang membuat movement bisa kelihatan. 

3. Monocoque atau Monobloc Case Back 

Jenis tutup belakang jam tangan monocoque monobloc case back
Monocoque atau Monobloc case back

Next, ada tutup jam tangan yang di dunia horology umum dikenal dengan nama monocoque atau monobloc case back. Ciri khas case back jenis ini, adalah tutup belakang jam yang menyatu dengan bagian case (one piece case structure). Seiko adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan case back jenis ini, melalui seri Seiko 6215-7000 pada tahun 1967.

Yep, mekanisme case back ini memang banyak digunakan pada seri Seiko Diver. Soalnya, dengan merapatkan case back, gas helium di kedalaman laut tidak akan masuk ke celah-celah case back. Mekanisme semacam ini hanya ada di keluarga Seiko Prospex 300 meter. Untuk membuka case, tidak melalui case back, tapi melalui bagian atas case atau bezel.

4. Oyster Screw Down Case Back (Rolex Patent) 

Jenis tutup belakang jam tangan oyster screw down case back
Oyster screw down case back.

Sebagai salah satu high-end brand jam tangan terbesar di dunia, Rolex rupanya punya model patent case back-nya sendiri yang biasa disebut Oyster Screw Down Case Back. Mekanisme buka tutupnya seperti tutup botol dengan ulir, di mana terdapat gerigi-gerigi kecil pada sekeliling case back. Oh ya, mekanisme case back ini unggul dari segi ketahanan airnya, sehingga hanya dijumpai di jam tangan Rolex dan Tudor. Membukanya pun harus dengan alat khusus.

5. Screw On Case Back & Transparent Screw On Case Back

Jenis tutup belakang jam tangan screw on case back
Screw on case back.

Last but not least, ada screw on case back. Mekanisme buka tutupnya menggunakan beberapa buah sekrup. Sehingga, kamu akan memerlukan obeng kecil untuk membuka jenis tutup jam yang satu ini. Jam tangan Audemars Piguet Royal Oak yang dirancang Gerald Genta pada 1970-an turut mempopulerkan screw on case back, karena dirancang dengan mekanisme ini.

Jenis jam tangan transparent screw on case back
Transparent screw on case back.

Selain itu, G-Shock juga banyak memakai case back dengan mekanisme screw on. Keunggulan mekanisme case back jenis ini, adalah ketangguhannya yang baik. Lagi-lagi, screw on case back juga dihadirkan dalam variasi model transparan, yang memungkinkan pengguna bisa melihat pergerakan movement di dalam case back. 

Sekarang jadi makin paham dong apa perbedaan masing-masing jenis case back? Jadi, kalau suatu hari membeli jam tangan baru di Machtwatch, kamu bisa langsung notice dan mengenali jenis case back-nya deh. Plus, nggak akan kebingungan juga mencari cara untuk membukanya. FYI, bukan cuma jam tangan, kamu juga bisa belanja berbagai aksesori dan parts jam tangan mulai dari strap, bezel, charging cable, sampai watch box di Machtwatch – Jamtangan.com. Let’s keep our favorite watches great & pretty!