Perpetual Calendar Pada Jam Tangan

Perpetual Calendar Pada Jam Tangan

Dewasa ini, produsen jam tangan seperti Seiko yang ahli di micro engineering. Membuat sebuah terobosan dengan membekali jam tangannya dengan kalender yang otomatis mengikuti kalender di dunia nyata. Fitur ini dinamakan Perpetual Calendar. Perpetual dalam Bahasa Inggris artinya adalah abadi. Jadi perpetual calendar adalah sebuah fitur kalendar abadi yang sudah diprogram sedemikian rupa agar kalender berjalan otomatis menyesuaikan dengan kalender di dunia nyata.

img59042200
Gambar 1. Jam perpetual calendar biasanya terdapat tulisan “perpetual calendar” di dialnya.

 

Bagi para pengguna jam tangan, fitur kalender di sebuah jam tangan sangatlah penting. Karena kebanyakan orang yang memakai jam tangan malas melihat kalender. Biasanya orang melihat kalender di gadget atau jam tangan yang mereka pakai. Para pemakai jam tangan yang mempunyai fitur kalender juga direpotkan untuk menyesuaikan tanggal di jam tangan mereka dengan kalender. Hal ini dikarenakan fitur kalender di jam tangan diprogram hanya untuk 31 hari untuk 12 bulan.

sbgx063_c Gambar 2. Grand Seiko quartz SBGX063, salah satu jam tangan quartz high end yang dibekali fitur perpetual calendar.

 

Didalam fitur ini sudah diprogram agar tanggalan mengikuti jumlah hari di bulan-bulan tertentu. Seperti pada bulan Februari yang berjumlah 28 hari, maka kalender di jam dengan fitur ini akan otomatis berganti tanggal dari tanggal 28 Februari ke tanggal 1 Maret. Pada jam tangan dengan fitur kalender yang bukan perpetual, semua bulan berjumlah 31 hari. Sehingga jika berganti tanggal dari tanggal 28 ke tanggal 1, kita harus memajukan secara manual sebanyak dua hari.

SPC133P1
Gambar 3. Seiko SPC133P1, jam tangan quartz chronograph pertama yang dibekali fitur perpetual calendar.

 

Jam dengan perpetual calendar, sudah dibekali program yang otomatis mengikuti kalender dalam 1 abad (100) tahun, termasuk tahun kabisat juga dimasukan kedalam programnya. Jadi kita tidak perlu menyesuaikan tanggal di jam tangan selama 1 abad lamanya. Ini sebuah teknologi yang sangat bermanfaat tentunya bagi para pecinta jam tangan yang ingin kepraktisan dan keakuratan kalender di jam tangannya.