Mengapa Jam Tangan Chronograph Perlu Dikalibrasi?

Mengapa Jam Tangan Chronograph Perlu Dikalibrasi?

Anda yang memiliki jam tangan ber-chronograph/stopwatch mungkin pernah mengalami hal seperti ini. Setelah selesai menggunakan chronograph, anda ingin mengembalikan jarum detiknya ke posisi semula. Namun yang terjadi adalah jarum detik tersebut memang berbalik ke posisi semula, namun bukan pada posisi jam 12, baik itu beda sedikit maupun jauh. Anda mungkin khawatir apakah jam tangan yang anda gunakan tersebut rusak. Bahkan, terkadang anda menemui hal tersebut pada jam tangan yang baru anda beli. Meski begitu, hal tersebut justru normal dan anda tidak perlu membawanya ke tempat reparasi. Seperti halnya jarum jam yang berada tidak tepat pada waktu yang seharusnya, jarum chronograph dapat anda setel sendiri, yang juga disebut dengan kalibrasi. Biasanya jarum detik pada chronograph dapat melenceng dari posisi jam 12 misal jika saat crown ditarik penuh anda tidak sengaja menekan tombol chronograph, atau setelah pergantian baterai. Hal ini selain mengganggu secara estetis tentu juga agak menyulitkan secara fungisonal karena tentu lebih nyaman menggunakan chronograph yang posisi awalnya tepat pada jam 12. Pada beberapa merek hal seperti ini memang tidak dimasukkan pada buku petunjuk penggunaan, namun alangkah baiknya jika kita tahu bagaimana mengkalibrasikan jarum pada chronograph agar tepat sesuai posisi yang diinginkan.

Meski bervariasi antar merek, namun secara garis besar cara mengkalibrasikan jarum pada chronograph adalah dengan menekan tombol chronograph pada saat crown ditarik pada posisi untuk mengatur jarum jam. Pada kebanyakan chronograph quartz, tombol atas chronograph ditekan untuk memindahkan posisi jarum chronograph. Bila ditekan sekali-sekali, jarum chronograph akan bergerak per skala terkecil yang tertera pada jam setiap ditekan. Bila ditekan kemudian ditahan, jarum chronograph akan meluncur dengan mulus dan cepat. Setelah selesai mengatur posisi jarum pada chronograph, tekan crown sehingga kembali tertutup pada posisi semula dan jarum chronograph akan kembali ke posisi yang anda inginkan setelah anda menggunakannya.

Mengingat bermacam-macam jenis movement yang digunakan pada chronograph, ada berbagai variasi dalam mengatur jarum chronograph. Misalnya, tombol bawah chronograph dapat digunakan untuk memindahkan jarum chronograph pada subdial, memindahkan jarum chronograph dengan arah yang berlawanan dengan tombol atas, atau tidak berefek sama sekali. Beberapa jam seperti Tissot juga mempunyai kemampuan untuk mengatur jarum chronograph pada subdial lain bila crown ditarik pada posisi untuk mengatur tanggal. Variasi antar movement seperti ini terkadang dapat anda temukan di internet maupun anda eksplorasi sendiri.

Sebagai contoh variasi tiap merek, di bawah ini terdapat cara kalibrasi chronograh Seiko dengan movement 7T62. Pada movement ini untuk berpindah dari mengatur jarum menit chronograph di subdial ke jarum detik perlu menekan tombol atas (A) selama 2 detik terlebih dahulu.

Seiko7T62-Manual-Page7

Nah, jika anda menemui jam tangan chronograph dengan jarum detik maupun pada subdial yang tidak tepat pada tempatnya anda tidak perlu khawatir lagi, cukup dikalibrasikan agar jam tangan chronograph anda selain lebih elok untuk dipandang namun juga dapat berfungsi dengan optimal.

 

DJO / jamtangan.com

  • Zakaria

    Terimakasih, Informasi yg sangat membantu
    Timex saya mengalami masalah yg sama, dan sekarang sudah teratasi.