Mengapa Jam Tangan Chronograph Perlu Dikalibrasi?

by Daniel May 12, 2017 3 min read

Meski bervariasi antar merek, namun secara garis besar cara mengkalibrasikan jarum pada chronograph adalah dengan menekan tombol chronograph pada saat crown ditarik pada posisi untuk mengatur jarum jam. Pada kebanyakan chronograph quartz, tombol atas chronograph ditekan untuk memindahkan posisi jarum chronograph. Bila ditekan sekali-sekali, jarum chronograph akan bergerak per skala terkecil yang tertera pada jam setiap ditekan. Bila ditekan kemudian ditahan, jarum chronograph akan meluncur dengan mulus dan cepat. Setelah selesai mengatur posisi jarum pada chronograph, tekan crown sehingga kembali tertutup pada posisi semula dan jarum chronograph akan kembali ke posisi yang anda inginkan setelah anda menggunakannya.

Mengingat bermacam-macam jenis movement yang digunakan pada chronograph, ada berbagai variasi dalam mengatur jarum chronograph. Misalnya, tombol bawah chronograph dapat digunakan untuk memindahkan jarum chronograph pada subdial, memindahkan jarum chronograph dengan arah yang berlawanan dengan tombol atas, atau tidak berefek sama sekali. Beberapa jam seperti Tissot juga mempunyai kemampuan untuk mengatur jarum chronograph pada subdial lain bila crown ditarik pada posisi untuk mengatur tanggal. Variasi antar movement seperti ini terkadang dapat anda temukan di internet maupun anda eksplorasi sendiri.

Sebagai contoh variasi tiap merek, di bawah ini terdapat cara kalibrasi chronograh Seiko dengan movement 7T62. Pada movement ini untuk berpindah dari mengatur jarum menit chronograph di subdial ke jarum detik perlu menekan tombol atas (A) selama 2 detik terlebih dahulu.

Seiko7T62-Manual-Page7

Nah, jika anda menemui jam tangan chronograph dengan jarum detik maupun pada subdial yang tidak tepat pada tempatnya anda tidak perlu khawatir lagi, cukup dikalibrasikan agar jam tangan chronograph anda selain lebih elok untuk dipandang namun juga dapat berfungsi dengan optimal.

 

DJO / jamtangan.com

Read more