Cara Setting Jam Smartwatch Sebelum Siap Digunakan

Cara Setting Jam Smartwatch Sebelum Siap Digunakan

Tiap tahunnya, selalu ada inovasi baru yang dikeluarkan dari brand-brand jam tangan. Nggak terkecuali, jam-jam pintar alias smartwatch. Tentunya sebagai marketplace jam tangan nomor 1 di Indonesia, Jamtangan.com punya koleksi smartwatch terbaru yang dapat kamu miliki sekarang juga. Nah, kalau kamu penasaran seperti apa smartwatch itu, bagaimana cara setting jam smartwatch, dan apa rekomendasi-rekomendasi smartwatch dari Jamtangan.com, baca terus artikel ini untuk cari tahu.

Apa Itu Smartwatch?

Sama halnya dengan smartphone, smartwatch juga merupakan suatu perangkat yang punya banyak fungsi dan dianggap “pintar” karena punya banyak fungsi. Yap, alih-alih hanya digunakan untuk menunjukkan waktu, smartwatch-smartwatch ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti tracking saat fitness, mengetahui cuaca, bahkan hingga mendengarkan musik.

Meski terdengar canggih dan modern, sebenarnya smartwatch-smartwatch ini sudah ditemukan sejak tahun 1970-an. Tepatnya pada tahun 1972, perusahaan jam tangan Hamilton merilis jam tangan Pulsar Time Computer yang dijual dengan harga USD2100. Wajar saja, jam ini dilapisi emas 18 karat dan seharga sebuah mobil baru pada masa itu. Uniknya, jam tersebut hanya diproduksi sebanyak 400 buah dan semuanya terjual pada akhir tahun pertama perilisannya, menjadikan Hamilton Watch Company menjadi salah satu perusahaan paling sukses pada masa tersebut.

Pulsar Time Computer
Pulsar Time Computer, Generasi Pertama Smartwatch (Gambar: LED Forever)

Perkembangan smartwatch dari masa ke masa sejak tahun 1970-an hingga sekarang tentu mengalami perubahan yang sangat pesat. Namun tentu saja, kamu sebagai watch enthusiast tidak perlu khawatir soal smartwatch pada masa sekarang. Perkembangan zaman yang terjadi membuat jam-jam pintar ini menjadi jauh lebih terjangkau dan tentunya memiliki fitur yang lebih beragam.

Perkembang Smartwatch dari Masa ke Masa
Perkembang Smartwatch dari Masa ke Masa (Gambar: GSM Arena)

Dengan berbagai jenis smartwatch di masa sekarang, kamu tidak perlu bingung tentang cara setting jam smartwatch agar sesuai dengan keperluanmu. Mulai dari fitur yang diberikan hingga menghubungkan jam smartwatch dengan ponselmu, semuanya akan kami jabarkan pada artikel kali ini. Tetap membaca untuk cara setting jam smartwatch paling lengkap.

Cara Setting Jam Smartwatch: Mudah dan Simpel!

Meski disebut jam tangan “pintar”, bukan berarti kamu tidak perlu mengetahui cara setting jam smartwatch. Jam-jam ini tetap perlu di-setting sebelum dapat kamu gunakan secara maksimal. Tidak perlu khawatir, cara setting jam smartwatch termasuk mudah secara umum dan kamu dijamin paham setelah membaca artikel ini.

Menghubungkan Smartwatch dengan Handphone

Untuk menggunakan smartwatch, sangat disarankan kamu mulai dengan mengunduh aplikasi smartwatch-mu melalui handphone yang kamu gunakan. Wear OS untuk Android atau aplikasi “Fitbit” untuk koleksi jam Fitbit. Kamu dapat membaca buku panduan atau petunjuk yang disertakan pada smartwatch untuk mengetahui aplikasi yang perlu kamu unduh untuk mulai mengatur jam tangan pintarmu.

Menyambungkan Handphone ke Smartwatch
Menyambungkan Handphone ke Smartwatch (Gambar: Apple)

Setelah mengunduh aplikasinya, pastikan koneksi bluetooth pada ponselmu sudah menyala. Nantinya, handphone dan smartwatch-mu akan terhubung melalui bluetooth. Lihat pada bagian “perangkat yang tersedia” atau “device available” pada pengaturan bluetooth dan sambungkan smartwatch-mu. Selesai, kini smartwatch-mu telah tersambung dan jam yang tampil di layar smartwatch-mu akan otomatis disesuaikan dengan jam pada handphone-mu.

Menggunakan Aplikasi Smartwatch

Tampilan Aplikasi Wear OS
Tampilan Aplikasi Wear OS (Gambar: Android Authority)

Aplikasi smartwatch dapat dibilang sebagai aplikasi serba bisa untuk mengatur smartwatch-mu, mulai dari mengganti tampilan smartwatch, mengatur target saat akan berolahraga, hingga membaca semua aktivitas yang telah dicatat selama kamu menggunakan smartwatch tersebut.

Menggunakan Fitur-Fitur Smartwatch

Berbagai Fitur Smartwatch Masa Kini
Berbagai Fitur Smartwatch Masa Kini (Foto: Lifewire)

Selain berfungsi untuk menunjukkan jam, ada banyak hal yang membuat jam digital ini disebut sebagai smartwatch. Yap, mulai dari menunjukkan cuaca, layar navigasi, pengaturan musik, deteksi detak jantung, hingga deteksi aktivitas olahragamu dapat kamu akses melalui layar smartwatch-mu. Kamu cukup menggeser layar smartwatch-mu untuk mengakses menu-menu yang lain.

Selebihnya, jam tangan pintarmu akan bekerja sama dengan handphone-mu untuk menjalankan fitur-fitur tersebut. Seperti media player dan peta yang dapat kamu akses melalui handphone-mu atau catatan tracking aktivitas atau kualitas tidur yang dapat kamu akses melalui aplikasi smartwatch yang telah kamu unduh. Pastikan bluetooth-mu selalu tersambung untuk menggunakan fitur-fitur tersebut.

Sekarang, kamu sudah tahu cara setting jam smartwatch yang mudah dan simpel. Dari membaca petunjuk di atas saja, kamu mungkin sudah dapat menyimpulkan kalau smartwatch memiliki banyak fitur unggulan yang tidak dimiliki jam tangan pada umumnya. Agar kamu tidak kebingungan dalam memilih fitur yang kamu cari dalam sebuah smartwatch, Jamtangan.com sudah meringkas beberapa di antaranya beserta produk rekomendasinya di bawah ini.

Fitur-Fitur yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan dari Smartwatch Masa Kini

Setelah mengenal cara setting jam smartwatch, nggak lengkap rasanya kalau kamu tidak mengetahui fitur-fitur unggulan yang terdapat pada smartwatch masa kini. Mulai dari yang paling umum hingga ke fitur yang spesial dan hanya bisa ditemukan pada smartwatch tertentu saja. Berikut kami berikan beberapa fitur yang dapat kamu temukan pada smartwatch sekaligus jam rekomendasi kami untuk tiap-tiap fitur.

Notifikasi

Notifikasi di Apple Watch 6
Notifikasi di Apple Watch 6 (Gambar: aBlogtoWatch)

Karena umumnya smartwatch bekerja dengan sambungan pada handphone, maka fitur ini jadi fitur yang paling umum ditemukan pada smartwatch. Melalui layar smartwatch-mu, kamu dapat membaca pesan yang masuk ke ponselmu, mengetahui adanya reminder atau pengingat, notifikasi baru dari media sosial, dan masih banyak lagi.

Media Player – Garmin 010-02120-A2 Forerunner 245 Music Aqua Digital Dial Blue Rubber Strap

Nggak jarang kita ingin untuk mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja. Baik melalui speaker atau melalui earphone, bakalan repot kalau harus membuka handphone setiap kali kita ingin mengganti lagu yang sedang diputar. Oleh karena itu, banyak smartwatch masa kini yang memiliki keunggulan berupa media player untuk memajukan atau memundurkan lagu yang diputar.

Garmin 010-02120-A2 Forerunner 245 Music Aqua Digital Dial Blue Rubber Strap
Garmin 010-02120-A2 Forerunner 245 Music Aqua Digital Dial Blue Rubber Strap (Gambar: Jamtangan.com)

Salah satu jam super yang memiliki fitur ini adalah Garmin 010-02120-A2 Forerunner 245 Music Aqua Digital Dial Blue Rubber Strap. Dengan paduan kenyamanan strap berbahan rubber dan diameter case-nya sebesar 42.3 mm, Garmin Forerunner 245 Music ini menjamin kenyamananmu dalam mendengarkan musik selagi mengerjakan aktivitas-aktivitas lain.

Activity Tracker – Timex iConnect TW5M34300 Digital Dial Blue Navy Resin Strap

Nggak lengkap rasanya jika jam tangan “pintar” atau smartwatch tidak dapat melakukan tracking pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya. Mulai dari aktivitas berolahraga seperti fitness, bersepeda, renang, hingga mendeteksi kualitas tidur dari perhitungan ritme detak jantung saat kita tidur.

Timex iConnect TW5M34300 Digital Dial Blue Navy Resin Strap
Timex iConnect TW5M34300 Digital Dial Blue Navy Resin Strap (Gambar: Jamtangan.com)

Salah satu andalan dari Jamtangan.com untuk pencatatan aktivitas harian adalah Timex iConnect TW5M34300 Digital Dial Blue Navy Resin Strap. Dengan harga Rp800 ribuan saja, Timex iConnect TW5M34300 sudah dapat dibilang “all-in-one” untuk tracking aktivitas harian karena memiliki fitur sleep tracking, activity tracking, optical heart rate, dan sports mode. Tentunya dengan desain yang ringan sehingga tidak mengganggu kegiatan penggunanya. 

GPS – Garmin 010-02200-50 Approach S62 Digital Dial Black Rubber Strap

Mengikuti navigasi saat berkendara sudah merupakan hal yang umum dilakukan apalagi kalau kamu berkunjung ke tempat yang baru. Untuk memudahkan kamu melihat arah navigasi, ada smartwatch-smartwatch yang dilengkapi dengan fitur GPS, sehingga kamu tidak perlu kesulitan untuk membuka smartphone-mu dan melihat aplikasi peta.

Garmin 010-02200-50 Approach S62 Digital Dial Black Rubber Strap
Garmin 010-02200-50 Approach S62 Digital Dial Black Rubber Strap (Gambar: Jamtangan.com)

Salah satu smartwatch yang dikenal dengan fitur GPS-nya adalah koleksi dari Garmin. Tepatnya Garmin 010-02200-50 Approach S62 Digital Dial Black Rubber Strap yang menjanjikan navigasi akurat melalui GPS yang dimilikinya. Tentunya dengan gabungan fitur-fitur lengkap dari Garmin, seperti activity tracker, Garmin Approach S62 cocok untuk kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan.

Tentunya masih ada banyak fitur-fitur unggulan dari smartwatchsmartwatch masa kini, seperti Garmin Instinct Solar yang dibuat khusus peselancar atau mode taktis atau smartwatch yang terhubung dengan seluruh aplikasi bawaan handphone seperti Apple Watch. Dari sekian banyaknya koleksi tersebut, cara setting jam smartwatch tentu bukan sesuatu yang sulit.

Kamu dapat selalu kembali ke artikel ini untuk dapat membaca cara setting jam smartwatch atau mulai cari jam tangan pintar favoritmu di sini!

Categories: Info & Tips