Tutorial Cara Setting Jam Tangan SKMEI 1251, Lengkap & Gampang!

Tutorial Cara Setting Jam Tangan SKMEI 1251, Lengkap & Gampang!

Harga affordable dengan desain dan fitur yang cukup mutakhir menjadi alasan kenapa merek jam tangan asal Tiongkok, SKMEI, semakin berkembang pesat. Di antara banyak model yang diburu, jam tangan digital SKMEI 1251 jadi salah satu tipe ‘legendaris’ yang paling laris di pasaran. Kalau kamu sudah memiliki seri ini dan masih kebingungan bagaimana cara menyetel secara lengkap dan benar, Jamtangan.com sudah menyiapkan tutorial cara setting jam tangan SKMEI 1251 yang mudah untuk diikuti. So, ini dia hal-hal yang nggak boleh kelewat kamu setting saat SKMEI 1251-mu sudah tiba di rumah! 

Yuk, Pahami Dulu Tombol-Tombol Pada Jam SKMEI 1251!

Cara setting jam tangan SKMEI 1251 tutorial lengkap
On frame: SKMEI 1251GDRD Digital Dial Black. (Image: SKMEI).

Sebelum mulai mengetahui cara setting jam tangan SKMEI 1251, kamu perlu memahami dulu interface dan fitur-fitur tombol yang ada pada jam digital ini. Saat unboxing SKMEI 1251, kamu akan menemukan jam ini hadir dengan 4 button atau tombol yaitu: 

  • Tombol LIGHT (Kiri Atas) => selanjutnya akan disebut “TOMBOL A”. Berfungsi untuk menyalakan atau mematikan LED light pada jam. 
  • Tombol MODE (Kiri Bawah) => selanjutnya akan disebut “TOMBOL B”. Berfungsi untuk mengatur perpindahan mode yang ingin diatur. 
  • Tombol START/STOP (Kanan Atas) => selanjutnya akan disebut “TOMBOL C”. Berfungsi untuk setting perpindahan angka. 
  • Tombol RESET (Kanan Bawah) => selanjutnya akan disebut “TOMBOL D”. Berfungsi untuk memulai mode setting jika kamu ingin mengubah pengaturan angka. 

Cara Setting Jam Tangan SKMEI 1251: Mengatur Waktu, Tahun, & Tanggal 

Cara setting jam tangan SKMEI 1251 cara mengatur waktu tahun dan tanggal
On Frame: SKMEI 1251BK Digital Dial Black. (Image: PixBolt)

Fungsi utama jam tentu saja adalah untuk menunjukkan waktu. Karena itu, sebelum mengetahui cara setting fitur-fitur lain pada jam SKMEI 1251, kamu wajib tahu dulu cara mengatur waktu, tahun, hingga tanggal pada jam ini. Dengan memanfaatkan 4 button atau tombol yang sudah dijelaskan sebelumnya, yuk ikuti langkah ini! 

1. Pencet TOMBOL D (Tombol Reset) sampai angka detik pada display berkedip-kedip. Angka berkedip-kedip menunjukkan jam sudah berada di format pengaturan (siap di-setting). 

2. Selanjutnya, pencet TOMBOL B (Tombol Mode). Jika sebelumnya angka detik yang berkedip-kedip, maka kini indikator angka jam (paling depan) yang akan berkedip. Itu artinya, kamu siap mengganti indikator jam sesuai waktu pada saat kamu melakukan setting. 

3. Next, pencet TOMBOL C (Tombol Start/ Stop) sampai angka jam menunjukkan waktu yang kamu kehendaki. Misalnya saat kamu melakukan setting adalah jam 9.45, maka pencet terus tombol C sampai angka paling depan menunjukkan angka 9. Kalau kelewatan, teruskan sampai angka 23 dan display akan kembali mulai angka 1 lagi. 

4. Indikator jam sudah beres diatur, saatnya mengganti indikator menit. Buat beralih, pencet lagi TOMBOL B (Tombol Mode) hingga gantian angka indikator menit yang berkedip-kedip. 

5. Sama seperti langkah nomor 3, pencet lagi TOMBOL C (Tombol Start/Stop) sampai indikator menit menunjukan angka yang dikehendaki. Kalau kamu ingin menyetel ke 9.45, maka pencet terus tombol C sampai indikator menit menunjukkan angka 45. 

6. Done, pengaturan waktu sudah beres. Saatnya mengatur tahun pada jam. Untuk berpindah dari mode pengaturan waktu ke mode pengaturan tahun, pencet lagi TOMBOL B (Tombol Mode) dan layar akan otomatis menunjukkan angka tahun yang berkedip-kedip. Lanjutkan dengan memencet TOMBOL C (Tombol Start/ Stop) sampai angka tahun yang diinginkan. 

7. Setelah tahun beres, saatnya mengatur tanggal dan bulan. Pencet lagi TOMBOL B (Tombol Mode) sampai display menunjukkan indikator angka bulan yang berkedip-kedip. Lanjutkan dengan memencet TOMBOL C (Tombol Start/ Stop) secara terus-menerus sampai angka bulan yang diinginkan. Ulangi langkah yang sama untuk mengatur angka tanggal. 

8. All done, sekarang waktu, tahun, sampai tanggal sudah berhasil diatur. Akhiri dengan memencet lagi TOMBOL D (Tombol Reset) untuk ‘menonaktifkan’ mode setting. Jam pun siap dipakai! 

Cara Setting Jam Tangan SKMEI 1251: Mengatur & Menggunakan Stopwatch 

Cara setting jam tangan SKMEI 1251: Cara mengatur dan menggunakan stopwatch.
Untuk mengatur stopwatch, pastikan display sudah di mode ST. (Image: YouTube)

SKMEI 1251 juga sudah dilengkapi fitur stopwatch. Kalau kamu ingin menggunakan fitur satu ini, yuk ikuti cara setting jam tangan SKMEI 1251 yang satu ini: 

1. Pencet TOMBOL B (Tombol Mode) sampai display menunjukkan mode stopwatch yang ditandai dengan huruf ‘ST’ besar di bagian atas layar seperti pada gambar di atas. 

2. Dalam mode stopwatch, pencet TOMBOL C (Tombol Start/ Stop) untuk mulai menghitung waktu atau memberhentikannya. 

3. Untuk me-reset angka stopwatch ke nol, pencet TOMBOL D (Tombol Reset)

4. Untuk memanfaatkan fitur split time, pencet TOMBOL D (Tombol Reset) saat stopwatch berjalan, dan indikator ‘SPL’ akan muncul di layar. Untuk melanjutkan penghitungan stopwatch, dan keluar dari mode split time, pencet lagi tombol D. 

Cara Setting Jam Tangan SKMEI 1251: Mengatur & Menggunakan Countdown Timer 

Cara setting jam tangan SKMEI 1251: cara mengatur & menggunakan countdown timer
Untuk mengatur stopwatch, pastikan display sudah di mode TA. (Image: YouTube) 

Sedang mengadakan lomba yang membutuhkan countdown timer? Tenang, fitur itu juga sudah tersedia di SKMEI 1251. Cara setting jam tangan SKMEI 1251 untuk menggunakan countdown timer bisa kamu lihat di langkah-langkah berikut ini. 

1. Pencet TOMBOL B (Tombol Mode) sampai display menunjukkan mode countdown timer yang ditandai dengan huruf ‘TA’ besar di bagian atas layar seperti pada gambar di atas. 

2. Di mode timer, pencet TOMBOL D (Tombol Reset) selama kurang lebih 2 detik sampai indikator jam di layar berkedip-kedip. 

3. Pencet TOMBOL C (Tombol Start/ Stop) waktu maksimal countdown yang diinginkan. 

4. Pencet TOMBOL D (Tombol Reset) untuk keluar dari mode setting, 

5. Countdown timer pun siap dipakai. Kamu tinggal pencet TOMBOL C (Tombol Start/Stop) untuk mulai countdown, dan waktu yang sudah di-setting akan mulai menghitung mundur. 

Cara Setting Jam Tangan SKMEI 1251: Mengatur Alarm 

Cara setting jam tangan SKMEI 1251: cara mengatur & menyalakan alarm
Untuk mengatur alarm, pastikan display sudah di mode AL. (Image: YouTube)

Last but not least, saatnya mengetahui cara setting alarm pada jam tangan SKMEI 1251. Berikut ini langkah-langkah mengatur alarm yang bisa kamu ikuti: 

1. Pencet TOMBOL B (Tombol Mode) sampai display menunjukkan mode alarm yang ditandai dengan huruf ‘AL’ besar di bagian atas layar seperti pada gambar di atas.

2. Pencet TOMBOL D (Tombol Reset) selama kurang lebih 2 detik sampai indikator angka jam berkedip-kedip. 

3. Pencet TOMBOL C (Tombol Start/ Stop) sampai angka jam menunjukkan angka alarm yang dikehendaki. Misalnya kamu ingin memasang alarm untuk pukul 4.50, maka pencet tombol C sampai indikator jam menunjukkan angka 4.  

4. Saatnya mengatur menit. Pencet dulu TOMBOL B (Tombol Mode) sampai angka menit yang ganti berkedip-kedip. Lalu pencet TOMBOL C (Tombol Start/ Stop) sampai indikator menit menunjukkan angka alarm yang diinginkan. Misalnya alarm diset untuk jam 4.50, maka pencet tombol C sampai indikator menit menunjukkan angka 50. 

5. Terakhir, pencet TOMBOL D (Tombol Reset) untuk keluar dari mode setting, dan pencet TOMBOL D sekali lagi untuk memastikan alarm sudah menyala sampai indikator gambar bel muncul di layar. 

Gimana, cara setting jam tangan SKMEI 1251 ternyata super gampang dan simpel, kan? Buat yang udah punya SKMEI 1251, silakan ikuti tutorial ini. Buat yang belum punya dan pengen menambah koleksi jam affordable buruan cek koleksi lengkap SKMEI 1251 di Jamtangan.com

Categories: Info & Tips