Cara Setting Jam G-Shock GA-100 Series, Super Gampang!

Cara Setting Jam G-Shock GA-100 Series, Super Gampang!

Dalam rilis resminya, Casio pernah menyebutkan daftar seri G-Shock paling laris dan historical sepanjang masa. Not so surprise, G-Shock GA-100 series masuk ke dalam salah satu daftar teratas. Sejak pertama kali dirilis pada 2010, seri yang telah diproduksi dalam berbagai model ini memang selalu digemari dan mencatatkan penjualan tinggi. Buat kamu yang juga menggemari dan baru memiliki seri ‘legendaris’ ini, ketahui cara setting jam G-Shock GA-100 series secara lengkap dan mudah diikuti berikut ini! 

Worth to Check! : Lihat Koleksi G-Shock Terbaru & Terlengkap di Sini. 

Kenapa G-Shock GA-100 Series Selalu Populer Hingga Kini?

Cara setting jam G-Shock GA-100 series tutorial mudah blog Machtwatch - Jamtangan.com

Sebelum mengetahui cara setting jam G-Shock GA-100 series, ada baiknya kita menilik dulu perjalanan seri ini. GA-100 bukanlah seri paling baru dari Casio, tapi harus diakui masih menjadi salah satu best-selling series hingga saat ini. Dikenal akan ukuran case-nya yang cenderung besar atau oversized, jam-jam yang ada dalam line up GA-100 sangat lekat dengan kesan manly dan macho. Mungkin karena itulah, banyak fans laki-laki G-Shock tak pernah meninggalkan seri ini meskipun ada banyak seri G-Shock terbaru bermunculan. 

Seri G-Shock GA-100 semakin punya tempat tersendiri di hati para fans, karena punya desain dinamis yang sangat khas. Semua model yang diproduksi di bawah ‘bendera’ GA-100 identik dengan LCD screen berdesain simetris yang menambah aura ketangguhannya. Sesuai dengan label ‘GA’ pada namanya, ciri khas lain G-Shock GA-100 series juga terletak pada perpaduan display analog dan digital (anadigi), membuat jam ini sukses memadukan tampilan klasuk namun sekaligus memadukannya dengan kemudahan fitur modern. 


Baca Juga: Memahami Perbedaan di Balik Macam-Macam Kode Nama G-Shock

Cara Setting Jam G-Shock GA-100 Series

Sebagai salah satu seri G-Shock paling digemari, di artikel ini Jamtangan.com akan menghadirkan tutorial cara setting jam G-Shock GA-100 Series. Dengan begitu, kamu yang baru memiliki koleksi GA-100 tak perlu bingung saat hendak melakukan pengaturan waktu, tanggal, dan beberapa fitur lain. Ini dia cara mengatur jam Casio G-Shock GA-100 yang bisa kamu jadikan panduan saat baru menambah koleksi! 

1. Masuk Dulu ke Mode Setting

Cara setting jam G-Shock GA-100 series tutorial mudah blog Machtwatch - Jamtangan.com
Ilustrasi mode Timekeeping pada G-Shock GA-100 series. (Image: Casio)

Untuk mulai mengatur waktu dan tanggal pada G-Shock GA-100 series, kamu harus terlebih dulu mengganti display ke mode Timekeeping. Caranya, pencet tombol C (kiri bawah). Ciri-ciri jam sudah masuk mode timekeeping adalah jika display digital sebelah kanan sudah menampilkan hari dan detik, sementara display digital sebelah kiri menampilkan tanggal (Home City Date) atau waktu (Home City Time). 

Untuk berpindah dari display City Date ke City Time atau sebaliknya, kamu tinggal memencet tombol D. Intinya, jika layar digital sebelah kanan sudah menampilkan hari dan detik, serta layar digital sebelah kiri menampilkan antara Home City Time atau Home City Date, maka kamu sudah berada di mode Timekeeping dan bisa mulai setting tanggal maupun waktu. 

2. Ubah Kode Kota Agar Zona Waktu Sesuai 

Cara setting jam G-Shock GA-100 series tutorial mudah blog Machtwatch - Jamtangan.com
Ilustrasi kode kota TYO, berarti jam di-setting untuk zona waktu Tokyo. (Image: Casio)

Jika sudah masuk di mode Timekeeping, cara setting jam G-Shock GA-100 series yang pertama adalah mengatur kode kota tempatmu berada. Untuk mengganti kode kota, pencet tombol A (kiri atas) selama kurang lebih 3 detik sampai layar digital sebelah kanan menampilkan 3 kode huruf yang berkedip-kedip. Pada contoh gambar di atas, kode TYO menunjukkan jam itu di-setting sesuai zona waktu Tokyo. 

Cara setting jam G-Shock GA-100 series tutorial mudah blog Machtwatch - Jamtangan.com
Kode kota untuk menyesuaikan zona waktu pada G-Shock GA-100 series. (Image: Casio) 

Lalu, bagaimana untuk cara setting jam G-Shock GA-100 untuk menyesuaikan jam dengan zona waktu WIB? Pada tabel di atas, memang tidak ditemukan kode kota Jakarta. Tapi, kamu bisa mengatur jam ke kode kota Bangkok (BKK) mengingat ibu kota Thailand itu punya zona waktu yang sama dengan WIB. Untuk mengganti ke kode kota BKK, pencet tombol D (kanan bawah) atau B (kanan atas) sampai digital display menampilkan tulisan ‘BKK’. 

3. Pencet Tombol C untuk Mengatur Mode-Mode Lain 

Cara setting jam G-Shock GA-100 series tutorial mudah blog Machtwatch - Jamtangan.com
Urutan setting pada G-Shock GA-100 series. (Image: Casio) 

Setelah kode kota sudah diganti, kamu bisa berpindah melakukan cara setting jam G-Shock GA-100 selanjutnya. Untuk berpindah mengatur section lain, pencet tombol C (kiri bawah). Tiap memencet tombol C, urutan bagian yang di-setting akan berpindah sesuai urutan pada gambar di atas (setelah mengatur kode kota, yang berikutnya harus diatur adalah DST/ daylight saving time – format 12/24 – detik – jam – menit – tahun – bulan – hari – dan durasi iluminasi). 

Perpindahan section yang diatur ditunjukkan dengan posisi layar yang berkedip-kedip. Misal: jika yang berkedip di layar adalah section DST, itu artinya kamu harus mengatur setting daylight setting time yang diinginkan. Jika yang berkedip adalah bagian detik, artinya kamu harus mengatur detik sesuai waktu yang diinginkan. Begitu seterusnya. 

4. Atur Semua Fitur yang Ada 

Pencet tombol B atau D untuk mengatur masing-masing fitur. (Image: Casio)

Seperti yang sudah dijelaskan, section yang diatur akan berganti tiap kamu memencet ‘tombol C’ ditunjukkan dengan perpindahan bagian layar yang berkedip. Nah, untuk menyetel masing-masing section sesuai setting yang diinginkan, kamu bisa memencet tombol B atau tombol D sesuai keterangan pada tabel di atas. Misal untuk mengatur DST (daylight saving time), pencet tombol ‘D’ untuk memilih apakah kamu ingin fitur DST aktif atau tidak. Tiap tombol D dipencet, layar akan berpindah dari ‘ON’ (DST aktif) atau ‘OFF’ (DST non-aktif). 

Contoh cara setting jam G-Shock GA-100 series lain, kamu juga bisa memilih ingin jam menampilkan waktu dalam mode 12 hours (00.00-12.00) atau 24 hours (00.00-24.00). Pencet tombol C sampai yang berkedip di layar adalah indikator 12H atau 24H, lalu pencet tombol D untuk berpindah antara mode 12H atau 24H. Untuk mengganti section lain, tetap manfaatkan tombol B dan D sesuai tabel di atas. 

5. Pencet Tombol A untuk Keluar Mode Pengaturan 

Jika semua section sudah diatur, artinya cara setting jam G-Shock GA-100 series sudah rampung kamu lakukan. Kamu pun siap memakainya! Tapi, jangan lupa keluar dulu dari mode setting, ya. Caranya, tinggal pencet tombol A (kiri atas) untuk kembali ke mode display normal. Selamat, jam G-Shock GA-100 mu sudah siap dipakai untuk menemani aktivitas sehari-hari!

Rekomendasi G-Shock GA-100 Series di Jamtangan.com  

G-Shock GA-100GBX-1A9DR | Price: Rp1.277.000 | Klik di sini untuk lihat spesifikasi.

G-Shock GA-100CM-5ADR | Price: Rp1.739.000 | Klik di sini untuk lihat spesifikasi.

G-Shock GA-100CF-1A9DR | Price: Rp1.337.000| Klik di sini untuk lihat spesifikasi.

G-Shock GA-100B-7ADR | Price: Rp1.199.000 | Klik di sini untuk lihat spesifikasi.

G-Shock GA-100BL-1ADR | Price: Rp1.307.000 | Klik di sini untuk lihat spesifikasi.

Yuk, Lihat Koleksi G-Shock GA-100 Series Lainnya di Sini!

Categories: Casio