Cara Mengatur Jam Tangan LED, Cuma Butuh 1 Menit!

Cara Mengatur Jam Tangan LED, Cuma Butuh 1 Menit!

Dari banyaknya koleksi di Jamtangan.com, ada salah satu jenis jam tangan yang cukup banyak diminati oleh para watch enthusiast. Yap, jam tangan LED. Umumnya, jam tangan LED dikenal atas desainnya yang minimalis dengan minimnya jumlah tombol atau crown yang dimiliki. Nah, tampilan yang seperti ini biasanya malah membuat orang awam kebingungan dalam cara mengatur jam tangan LED. Biar kamu nggak bingung, Jamtangan.com sudah siapkan tutorial cara mengatur jam tangan LED di bawah ini.

LED pada Jam Tangan, Apa Keunggulannya?

Kamu mungkin sudah mengenal LED dari beberapa perangkat elektronik lain. Light-emitting diode (LED) adalah tipe rangkaian elektronik yang biasa ditemukan pada kalkulator, televisi, radio, dan tentu saja, jam tangan. Sejak dipasangkan pada jam tangan sekitar tahun 1970-an, jam tangan LED klasik sudah banyak digemari.

Diantara banyaknya jenis jam tangan dari masa ke masa, jam tangan LED tetap jadi pilihan oleh berbagai kalangan. Pasalnya, jam tangan LED dinilai dapat memberi tahu jam dengan lebih baik karena semuanya sudah tampil dalam digit jam tangan. Apalagi, dengan jam tangan LED yang minim mekanik, jam tangan LED pastinya lebih hemat daya dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Jam Tangan LED yang Tidak Lekang oleh Waktu
Jam Tangan LED yang Tidak Lekang oleh Waktu (Gambar: Best Products)

Secara garis besar, jam tangan LED terbagi menjadi 2 jenis, jam tangan LED dengan button dan jam tangan LED touch screen. Dengan cara mengatur jam tangan LED-nya masing-masing, tampilan dan fungsionalitas dari kedua jam tangan ini dapat kamu pilih sesuai dengan seleramu.

Dengan perkembangannya, kemudahan dalam cara mengatur jam tangan LED tidak pernah berubah. Meski agak sulit untuk dimengerti oleh orang awam, namun setelah membaca artikel ini, kamu dijamin langsung paham tentang cara mengatur jam tangan LED. Baca terus untuk tahu cara mengatur jam tangan LED secara lengkap.

Cara Mengatur Jam Tangan LED

Meski kebanyakan jam tangan memiliki tombol atau crown untuk mengatur jam, menit, detik, dan tanggalnya, bukan berarti jam tangan LED yang minim tombol sulit untuk untuk diatur. Malahan, dengan beberapa kali sentuhan, kamu sudah dapat mengatur penanda di jam tangan LED-mu dan siap untuk digunakan. Berikut beberapa cara mengatur jam tangan LED yang telah dirangkum oleh Jamtangan.com.

Pada Jam Tangan LED dengan Tombol

Jam Tangan LED yang Tidak Lekang oleh Waktu
Jam Tangan LED yang Tidak Lekang oleh Waktu (Gambar: Wrist Watch Pro)

Untuk jam tangan LED dengan 1 tombol saja, kamu tetap dapat mengatur segala hal dengan mudah, termasuk jam, menit, tanggal, bulan, dan tahun. Di bawah ini, ada cara mengatur jam tangan LED dengan 1 tombol dalam beberapa langkah:

  1. Tekan tombol untuk menyalakan layar pada jam tangan LED, jam tanganmu akan menunjukkan informasi berupa jam, menit, tanggal, bulan, dan tahun.
  2. Tekan dan tahan lama tombol tersebut hingga bagian jam-nya berkedip. Biasanya kamu hanya perlu menahan tombol tersebut selama kurang lebih 3 detik. Ini menandakan kamu sudah memasuki mode setting pada jam tangan LED-mu.
  3. Tekan tombol untuk mengatur jam sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan lupa perhatikan juga AM/PM-nya. Penjelasan lebih lanjut mengenai AM dan PM bisa kamu baca di sini.
  4. Setelah selesai mengatur jamnya, kamu dapat menahan lama kembali tombolnya hingga bagian menitnya yang berkedip.
  5. Lakukan hal yang sama untuk penanda yang lain, seperti tanggal, bulan, dan tahun.
  6. Setelah selesai mengatur jam tangan LED-mu, cukup diamkan jamnya beberapa saat. Ketika tidak ada lagi bagian yang berkedip, maka jam tangan LED-mu sudah keluar dari mode setting dan siap kamu gunakan kembali.
Skmei Simple 1630RD Black Digital Dial Red Polyurethane Strap
Skmei Simple 1630RD Black Digital Dial Red Polyurethane Strap (Gambar: Jamtangan.com)

Salah satu contoh jam tangan LED dengan 1 tombol adalah SKMEI Simple 1630RD Black Digital Dial Red Polyurethane Strap. Dengan desainnya yang hanya dilengkapi 1 tombol, jam ini benar-benar terlihat “simple”. Apalagi setelah kamu membaca langkah-langkah di atas, kamu tidak akan kebingungan lagi untuk cara mengatur jam tangan LED seperti pada SKMEI Simple 1630RD ini.

Beberapa jam tangan LED juga sudah dilengkapi dengan lebih dari 1 tombol seperti jam tangan pada umumnya. Salah satu contohnya adalah koleksi G-Shock yang sudah banyak menjadi favorit para pecinta jam tangan. Jadi, kamu tidak perlu takut kebingungan untuk mengatur jam tangan LED-mu.

Pada Jam Tangan LED Touch Screen

Selesai membahas cara mengatur jam tangan LED dengan tombol, variasi jam tangan LED dengan layar sentuh juga tidak boleh terlewat. Salah satu contoh yang bisa kamu masukkan wishlist adalah jam tangan Daniel Klein D-Time DK112496-5 Men Digital Dial Black Steel Mesh Strap ini. Lewat desainnya yang keren dan simpel ini, cara mengatur jam tangan LED yang satu ini juga tidak sulit, kok. Cek caranya di bawah ini:

  1. Ketuk layar sentuh untuk menyalakan layar jam tangan.
  2. Tahan lama pada bagian layar sentuh. Beberapa jam akan mulai menampilkan layar untuk mengatur format 12 jam/24 jam, sementara jam sisanya akan langsung berkedip pada bagian penanda jamnya. Hal ini menandakan bahwa kamu sudah memasuki mode setting pada jam tangan LED-mu.
  3. Untuk mengubah dan mengatur jam tangan LED-mu, kamu cukup mengetukkan jarimu pada layar sentuh. Misalnya ketika bagian penanda jam yang berkedip dan menunjukkan angka 8 (jam 8), ketuk sekali untuk mengubah jamnya menjadi jam 9. Lakukan hingga mendapat pilihan yang kamu mau.
  4. Setelah selesai melakukan pengaturan pada langkah sebelumnya, kamu dapat menahan lama kembali layar sentuh untuk mengganti pilihan setting ke bagian yang lain.
  5. Ulangi langkah tersebut untuk bagian-bagian yang lain, seperti pengaturan menit, tanggal, bulan, dan tahun.
Daniel Klein D-Time DK112496-5 Men Digital Dial Black Steel Mesh Strap
Daniel Klein D-Time DK112496-5 Men Digital Dial Black Steel Mesh Strap (Gambar: Jamtangan.com)

Beberapa jam tangan memiliki bagian khusus yang dapat kamu tahan lama untuk berpindah dari pengaturan satu ke pengaturan yang lain (langkah 4). Seperti tulisan “D-Time” pada Daniel Klein D-Time DK112496-5 Men Digital Dial Black Steel Mesh Strap. Setelah itu, kamu dapat mengganti bagian yang kamu dengan mengetuk layar sentuh pada bagian tersebut. Misalnya, untuk mengatur jam, kamu dapat langsung mengetukkan jarimu pada bagian penanda jamnya langsung. Cukup mudah, kan?

Setelah mengetahui cara mengatur jam tangan LED dengan varian yang berbeda-beda, kamu mungkin tertarik untuk memiliki salah satu koleksi dari jam tangan ini. Wajar saja, desainnya yang simpel dan baterainya yang awet cocok untuk menemani kamu dalam segala kondisi. Untuk rekomendasi jam tangan LED dari Jamtangan.com, kamu bisa lanjut membaca artikel ini ke bagian berikutnya.

Rekomendasi Jam Tangan LED di Jamtangan.com

Kalau untuk rekomendasi jam tangan LED, kamu datang ke tempat yang tepat karena kami punya jam tangan LED terlengkap dengan harga terbaik! Apalagi setelah tahu cara mengatur jam tangan LED, nggak perlu ragu buat beli jam tangan LED apa saja yang kamu mau. Cek beberapa rekomendasinya di bawah ini:

Casio G-Shock DW-9052-2VDR Digital Dial Blue Resin Strap

Casio G-Shock DW-9052-2VDR Digital Dial Blue Resin Strap
Casio G-Shock DW-9052-2VDR Digital Dial Blue Resin Strap (Gambar: Jamtangan.com)

Untuk masalah jam tangan LED, koleksi G-Shock juga bisa kamu jadikan pilihan. Salah satunya, Casio G-Shock DW-9052-2VDR Digital Dial Blue Resin Strap. Lewat warnanya yang kekinian, Casio G-Shock DW-9052-2VDR bakal jadi pilihan yang tepat untuk digunakan di berbagai keperluan, baik santai maupun formal.

Casio G-Shock DW-9052-2VDR juga memiliki strap berbahan karet berkualitas yang membuatmu nyaman dan tidak gatal saat berkeringat. Dengan teknologi pencahayaan electroluminescent andalan Casio, kamu nggak perlu takut kesulitan melihat layar jam tanganmu meskipun di kedalaman 200 meter. Casio G-Shock DW-9052-2VDR bisa kamu dapatkan dengan harga Rp700 ribuan saja.

Skmei Touch 1532SI Digital Dial Mesh Stainless Steel Strap

Skmei Touch 1532SI Digital Dial Mesh Stainless Steel Strap
Skmei Touch 1532SI Digital Dial Mesh Stainless Steel Strap (Gambar: Jamtangan.com)

Rekomendasi berikutnya datang dari brand yang sudah banyak dikenal lewat koleksi jam tangan LED-nya. Skmei Touch 1532SI Digital Dial Mesh Stainless Steel Strap terlihat “mahal” dengan desain permukaannya yang berbentuk persegi dan mendukung fitur layar sentuh.

Nggak berhenti di sana, jam tangan SKMEI Touch 1532SI juga punya water resistant hingga ke kedalaman 50 meter. SKMEI Touch 1532SI membuatmu tampil keren melalui tampilannya yang canggih dan kokoh untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari berkat folding clasp-nya. Jam yang ekonomis dan trendi ini bisa kamu bawa pulang hanya dengan Rp140 ribuan saja.

Timex DGTL TW5M34800 Digital Dial Black Resin Strap

Timex DGTL TW5M34800 Digital Dial Black Resin Strap
Timex DGTL TW5M34800 Digital Dial Black Resin Strap (Gambar: Jamtangan.com)

Rekomendasi terakhir datang dari brand Amerika, Timex. Timex DGTL TW5M34800 Digital Dial Black Resin Strap punya desain permukaan yang kokoh dan fitur pencahayaan INDIGLO Night-Light untuk membantu penggunanya melihat layar jam dalam kondisi malam yang benar-benar gelap sekalipun.

Timex DGTL TWM5M34800 juga cocok untuk kamu yang gemar berolahraga lari. Dengan fitur 10-Lap Memory Recall-nya, kamu cukup mengenakan jam Timex DGTL TWM5M34800 untuk mencatat waktu larimu. Apalagi dengan strap berbahan karet dan clasp berupa buckle, kamu tidak perlu takut Timex DGTL TWM5M34800 terlepas dari pergelangan tanganmu saat berolahraga. Timex DGTL TWM5M34800 dapat kamu dapatkan hanya dengan harga Rp500 ribuan saja!

Sekarang, kamu tidak perlu ragu untuk menambah koleksi berupa jam tangan LED. Kamu bisa cari sendiri dan beli jam tangan LED yang sesuai dengan seleramu lewat koleksi Jamtangan.com di sini.

Categories: Watch Features