Sapphire Crystal Glass vs Mineral Glass, Pilih yang Mana?

Mana yang lebih bagus untuk dipilih sesuai kebutuhanmu?
Ilustrasi Perbedaan Jam Tangan Sapphire Crystal Glass dan Mineral Glass

Terakhir diubah pada 2022/06/16 at 5:33pm oleh Contributor

Sapphire crystal glass atau mineral glass? Watch-enthusiast sejati mungkin sering ragu menimbang pemilihan material kaca jam tangan saat akan menambah koleksi. Walaupun secara kasat mata terlihat mirip, kedua material yang paling sering digunakan pada crystal atau kaca jam tangan ini ternyata memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di artikel ini, Jamtangan.com siap membantumu memahami apa perbedaan antara keduanya dan tipe kaca yang mana yang lebih baik untuk dipilih sesuai kebutuhanmu.

Apa itu Sapphire Crystal Glass?

Gambar Sapphire Crystal Glass jam tangan
Sapphire Crystal Glass dengan bahan dasar yang sangat kuat bahkan untuk kondisi ekstrem (sumber:ECVV)

Sebenarnya, sapphire crystal glass sendiri tidak dikategorikan sebagai kaca dan tidak dibuat dari sapphire murni karena sulit untuk didapatkan. Sebagai gantinya, sapphire crystal yangd digunakan pada kaca jam tangan dibuat dari material sintetis. Pembuatan bahan safir sintetis ini dilakukan melalui proses pengkristalan aluminium oksida murni di suhu yang sangat tinggi sehingga menjadikan bahan ini menjadi bahan yang transparan. 

Dengan proses pembuatan yang semakin modern, sapphire crystal glass memiliki tingkat kekuatan yang menyamai batu safir murninya. Tak heran kalau material ini sering dijadikan bahan favorit untuk kaca jam tangan. Selain itu, tidak seperti batu safir aslinya, safir sintetis tidak memiliki warna apapun pada kandungannya sehingga tidak mengganggu saat kamu ingin melihat bagian dalam jam.

Apa Itu Mineral Glass?

Jam tangan dengan mineral glass
Kaca yang diproses dalam suhu tinggi untuk meningkatkan kekuatan permukaan (source: AARNI)

Sebagai bahan yang lebih umum digunakan untuk jam tangan kelas low and middle-end, mineral glass punya harga yang relatif lebih terjangkau ketimbang sapphire crystal glass. Namun, bukan berarti mineral glass sudah pasti punya kualitas yang lebih rendah ketimbang sapphire crystal glass.

Terbuat dari kaca, kebanyakan mineral glass yang terpasang pada jam tangan sekarang merupakan tempered mineral glass. Dalam kata lain, permukaan mineral glass sudah dipanaskan dalam suhu tinggi untuk meningkatkan kekuatan mineral glass dari retakan atau goresan. Meski tidak sekeras sapphire crystal glass, mineral glass cukup baik untuk dipasangkan pada jam tangan dalam penggunaan sehari-hari karena bahan ini umumnya baru bisa retak pada kondisi-kondisi ekstrem.

Baca Juga: 

Jenis Strap pada Jam Tangan

21 Jarum Jam Tangan dengan Berbagai Gaya dan Desain

3 Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Sendiri dengan Alat-Alat di Rumah

Begini Cara Membersihkan Jam Tangan Karet Biar Kembali Seperti Baru 

5 Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun yang Terbukti Efektif 

Cara Membedakan Sapphire Crystal Glass dan Mineral Glass

Eksperimen membedakan sapphire crystal glass dan mineral glass
Membedakan kedua bahan kaca menggunakan tetesan air (sumber: Luxiani)

Keduanya memiliki sifat yang mirip saat sudah terpasang pada jam tangan, namun tetap ada beberapa perbedaan yang dapat kamu bandingkan untuk mengetahui apakah suatu jam tangan dirancang dengan sapphire crystal glass atau mineral glass. Sapphire crystal glass memiliki permukaan yang lebih dingin (seperti es) jika dibandingkan dengan mineral glass. Selain itu, kamu juga dapat mencoba meneteskan air pada permukaan kedua bahan tersebut. 

Di permukaan sapphire crystal glass, air akan tetap berkumpul di tempat kamu meneteskan air tersebut. Sementara pada permukaan mineral glass, air akan segera terpecah dan menyebar ke permukaan di sekitarnya. Selebihnya, dibutuhkan pihak professional untuk membandingkan secara detil dan akurat terkait perbedaan antara kedua bahan tersebut. Ada satu cara lain lagi namun tidak terlalu direkomendasikan, yaitu scratch test. Sebagai bahan yang sangat kuat, sapphire crystal glass tidak akan tergores apabila digosok dengan bahan logam. Namun pada mineral glass dan bahan lain seperti plastik atau akrilik, bekas goresan akan lebih mudah tampak.

Jadi, Pilih Sapphire Crystal Glass atau Mineral Glass?

Cara membedakan sapphire crystal glass dan mineral glass pada jam tangan
Banyak bahan yang digunakan untuk kaca jam tangan. Yang mana yang terbaik? (from: GS Supplies, Inc.)

Setelah mengetahui karakteristik dari tiap bahan, pasti masih ada pertanyaan mengenai bahan mana yang lebih cocok untuk dipilih saat kamu hendak membeli jam tangan? Coba simak beberapa pros and cons masing-masing bahan di bawah ini:

Kekuatan dan Ketahanan Terhadap Goresan

Pastinya nggak ingin dong, kalau jam tanganmu kacanya mudah tergores? Nah, baik sapphire crystal glass maupun mineral glass sebenarnya sama-sama mumpuni. Tapi bicara soal kekuatan, bisa dibilang sapphire crystal lebih unggul. Faktanya, di saat berlian (diamond), bahan terkeras di dunia, punya nilai 10 dalam skala mohs (tingkat kekerasan), sapphire crystal memiliki nilai 9. Hal ini berarti sapphire crystal menjadi bahan yang susah tergores, kecuali oleh bahan yang lebih keras darinya, yaitu berlian sendiri.

Meanwhile, untuk mineral glass sebenarnya juga bukan tipe kaca yang abal-abal. Mineral glass memiliki tingkat kekuatan yang cukup sebagai bahan permukaan jam tangan. Meski lebih less resistant dari goresan ketimbang sapphire crystal glass, mineral glass tetap lebih kuat ketimbang campuran plastik atau akrilik biasa.

Tingkat Refleksi

Tidak jarang tingkat refleksi kaca yang dimiliki oleh suatu jam tangan menjadi pertimbangan seseorang saat akan membeli jam baru. Apakah kaca yang dimiliki suatu jam tangan lebih dapat terlihat bening atau malah memantulkan bayangan seperti cermin, meskipun samar-samar? Untuk hal ini, mineral glass lebih diunggulkan karena punya tingkat kejernihan yang lebih baik ketimbang sapphire crystal glass. Kamu bisa mengharapkan permukaan yang lebih clear jika jam tanganmu menggunakan mineral glass.

Lalu bagaimana dengan sapphire crystal glass? Umumnya, jam dengan sapphire crystal glass akan dilapisi dengan anti-reflective (AR) coating. AR Coating ini lebih rawan akan goresan ketimbang sapphire crystal glass-nya sendiri. Oleh karena itu, AR Coating biasanya akan dipasang pada bagian dalam jam agar tampilan pada bagian kaca jam tangan tetap aman dari goresan.

Harga

Setelah mengetahui kekuatan dan tingkat refleksinya sapphire crystal glass maupun mineral glass, bisa disimpulkan kalau sapphire crystal glass memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang mineral glass. Hal ini karena proses pembuatannya yang butuh teknologi lebih canggih ditambah dengan penggunaan AR Coating untuk menghasilkan clarity yang setara dengan milik mineral glass. Namun tentu saja harga tersebut sebanding dengan kekuatan sapphire crystal Glass yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Jadi sebenarnya tidak ada yang lebih baik atau buruk di antara sapphire crystal glass maupun mineral glass. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Apalagi dengan perawatan yang baik, jam tangan dengan kaca sapphire maupun mineral sebenarnya sama-sama bisa tetap awet dalam waktu yang lama. Pilih yang mana pun, semua koleksi jam tangan #PastiOri terlengkap ada di Jamtangan.com. 

Yuk, Lihat Koleksi Jam Tangan Terbaru di Jamtangan.com! 

Total
0
Shares
Previous Article
Banner Review Timex Q Reissue 2019

Timex Q Reissue: Alasan Kamu Wajib Punya Jam Ikonik 70-an Ini

Next Article
Ilustrasi Seiko 5 Sports x One Piece 2021

Seiko 5 Sports One Piece: Koleksi Buat Penggemar Sejati

Related Posts
Total
0
Share