GMT Adalah: Definisi & Fungsi Fiturnya pada Jam Tangan

GMT Adalah: Definisi & Fungsi Fiturnya pada Jam Tangan

GMT adalah istilah yang pasti sudah cukup umum didengar. Tapi, selain kepanjangannya yang merujuk pada Greenwich Mean Time, apakah kamu tahu apa itu GMT sebenarnya? Jika kamu termasuk watch-lovers dan pernah mendengar tentang jam tangan GMT, mungkin kamu juga bertanya-tanya apa sih hubungan antara fitur atau complication GMT pada jam tangan dengan istilah GMT yang sering dipakai orang? Semua pertanyaan dan kebingunganmu bakal terjawab setelah membahas semua info tentang GMT yang sudah Jamtangan.com siapkan ini! 

Apa Itu GMT?

Foto The Royal Observatory di titik pusat Greenwich Mean Time, London
Foto The Royal Observatory di titik pusat Greenwich Mean Time, London, Inggris. (Image: Southlondonclub)

GMT adalah singkatan dari Greenwich Mean Time. Nah, Greenwich Mean Time sendiri adalah sebuah sistem standardisasi waktu internasional yang diciptakan untuk mengetahui perbedaan waktu negara-negara di dunia berdasarkan letak geografisnya. Pada tahun 1884, konvensi internasional sepakat menetapkan wilayah Greenwich di London, Inggris, sebagai ‘titik nol’ atau ‘titik tengah’ untuk membagi waktu dunia ke dalam 2 zona waktu yang berbeda. Hal ini karena Greenwich diyakini menjadi titik di mana garis bujur 0° bumi (biasa disebut Prime Meridian atau Greenwich Meridian) berada.   

Karena itulah, kamu akan bisa menemukan sebuah observatorium bernama Royal Observatory dengan sebuah jam besar yang disebut Shepherd Gate Clock di Greenwich, London. Waktu yang ditunjukkan oleh Shepherd Gate Clock inilah yang menjadi patokan ‘waktu’ utama di dunia. Dengan adanya GMT, kita jadi bisa lebih mudah mengetahui waktu di berbagai negara:

Ilustrasi peta negara dengan zona waktu GMT 0
Ilustrasi peta negara dengan zona waktu GMT 0 (Image: Greenwichmeantime)
  • Negara-negara yang berada segaris dengan GMT (Inggris), memiliki waktu yang sama dengan GMT (biasa disebut GMT 0). Contoh: Burkina Faso, Togo, Ghana, Islandia, dll. 
  • Negara-negara yang berada di timur GMT (Inggris), memiliki waktu lebih cepat daripada GMT (tiap 15° menunjukkan perbedaan waktu lebih cepat 1 jam). Biasanya disimbolkan dengan GMT +. 

Contoh: Indonesia (GMT +7): berarti waktu Indonesia lebih cepat 7 jam dari waktu London. 

  • Negara-negara yang berada di barat GMT (Inggris), memiliki waktu lebih lambat daripada GMT (tiap 15° menunjukkan perbedaan waktu lebih lambat 1 jam). Biasanya disimbolkan dengan GMT -. 

Contoh: New York (GMT -5) => berarti waktu New York lebih lambat 5 jam dari waktu London. 

Tapi, sistem pembagian waktu GMT sebenarnya sudah tidak digunakan sejak tahun 1972 dan digantikan dengan standarisasi waktu internasional baru yakni UTC (Universal Time Coordinated. Meski begitu, waktu pada sistem GMT dan UTC sebenarnya tak jauh berbeda. Sehingga sampai sekarang, pembagian waktu dengan GMT juga masih kerap digunakan. 

Jam Tangan GMT Adalah?

Foto Jam tangan Rolex GMT-Master
Jam tangan Rolex GMT-Master (Image:Bucherer)

Buat para watch-enthusiast, mungkin sudah tidak asing menemukan jam tangan yang menawarkan fitur atau complication GMT. Pertanyaannya, apa hubungan antara jam tangan GMT dengan sistem waktu Greenwich Mean Time? Lalu, apa pula sebenarnya fungsi fitur GMT pada jam tangan? Sesuai namanya, jam tangan GMT adalah jenis jam yang dibekali fitur untuk dapat menampilkan 2-3 waktu di zona waktu yang berbeda secara bersamaan. Dengan fitur GMT, kamu bisa melihat waktu di zona bagian barat maupun timur garis GMT hanya dengan satu jam tangan. 

Karena fungsinya untuk menampilkan zona waktu di tempat berbeda itulah, jam tangan GMT awalnya identik dengan dunia penerbangan dan profesi pilot. Rolex adalah brand pertama yang menciptakan jam tangan GMT pada tahun 1950-an melalui seri Rolex GMT-Master. Seri ini secara khusus dibuat Rolex untuk maskapai penerbangan asal Amerika, Pan Am, yang ingin membekali semua pilotnya dengan jam tangan yang bisa menampilkan waktu di dua zona berbeda. Sehingga, saat pilot menerbangkan pesawat dari dan menuju negara yang memiliki zona waktu berbeda, ia tetap bisa mengetahui waktu keduanya secara bersamaan.

Contoh gambar jam tangan GMT dengan 4 (hands) atau jarum jam
Jam tangan GMT memiliki 4 (hands) atau jarum jam. (Image:Baltic) 

Ciri khas paling terlihat dari jam tangan GMT adalah memiliki total 4 jarum jam (3 jarum biasa untuk menunjukkan jam, menit, dan detik serta 1 jarum tambahan untuk menunjukkan waktu di zona yang berbeda). Selain itu, ciri lain jam tangan GMT adalah memiliki indikator angka tambahan selain waktu jam 1-12 yang biasa kita temui pada jam konvensional. Pada jam GMT, kamu akan menemukan indikator waktu 24 jam yang biasanya terletak pada bagian bezel maupun sub-dial tambahan. Nah, indikator 12 jam pada dial utama berfungsi menunjukkan zona waktu di tempatmu berada, sementara indikator 24 jam yang terletak pada bezel atau sub-dial berfungsi menunjukkan waktu di zona yang berbeda. 

Perbedaan Jam Tangan World Timer & GMT Adalah? 

Pada praktiknya, banyak orang sering keliru melabeli jam tangan GMT. Walaupun ciri utama jam GMT adalah memiliki indikator 24 jam tambahan untuk menunjukkan waktu di zona berbeda, bukan berarti semua jam tangan yang memiliki indikator 24 jam adalah jam tangan GMT. Sebuah jam baru bisa disebut sebagai jam tangan GMT, jika jarum pada indikator 24 jamnya memang dapat di-setting terpisah dari jarum jam utama dan sengaja ditujukan untuk menunjukkan waktu di zona waktu berbeda. 

Selain itu, banyak orang juga sering salah membedakan fitur GMT dan World Timer pada jam tangan. Meski fungsinya sebenarnya mirip yakni sama-sama untuk menunjukkan waktu di negara yang berbeda, fitur world timer bisa dibilang merupakan versi lebih ‘advance’ dari fitur GMT. Jika jam tangan GMT hanya mampu menampilkan waktu di 2-3 zona waktu yang berbeda, maka jam tangan dengan fitur world timer bisa menunjukkan 24 zona waktu sekaligus pada dial-nya 

Perbedaan paling tampak dari jam tangan world timer dan GMT adalah pada tampilan dial-nya. Jika jam tangan GMT dibekali dengan indikator 24 jam sebagai display tambahan, maka jam tangan world timer mempunyai display tambahan berupa nama-nama kota populer di dunia yang mewakili zona waktu berbeda-beda. Jadi, hanya dengan satu jam tangan, kamu sudah bisa mengetahui waktu di 24 zona yang berbeda. 

Apa Untungnya Membeli Jam Tangan dengan Fitur GMT?

Sampai saat ini jam tangan dengan fitur GMT masih populer dan punya tempat tersendiri di kalangan para watch-lovers. Berikut ini beberapa alasan mengapa jam tangan GMT masih banyak diburu di pasaran: 

1. Merupakan Salah Satu Complication Paling Berguna 

Ilustrasi jam tangan GMT sebagai perlengkapan pilot
Jam tangan GMT sudah lama dijadikan andalan para pilot. (Image: Watchesnews)   

Ada sangat banyak jenis complication (fitur) pada jam tangan, yang memiliki fungsi dan daya tariknya masing-masing di kalangan pencinta jam. Sebut saja tourbillon, moonphase, chronograph, tachymeter, perpetual calendar, dan banyak lainnya. Nah, di antara semua komplikasi populer tersebut, GMT harus diakui menjadi salah satu yang kehadirannya paling ‘berguna’ dan sering dipakai sehari-hari. 

Seperti diketahui, kehadiran komplikasi lain seperti chronograph atau tourbillon umumnya hanya diburu pencinta jam karena nilai estetika dan kemewahannya. Namun, fungsinya tidak benar-benar sering dipakai sehari-hari. Hal ini tentu berbeda dengan komplikasi GMT yang sejak tahun 1950-an memang diciptakan karena fungsinya, yakni membantu dunia penerbangan. Bahkan hingga sekarang, jam tangan GMT masih banyak dipakai oleh para pilot.

2. Sangat Bermanfaat Buat Kamu yang Suka Traveling 

Di era sekarang, traveling tak lagi hanya menjadi hobi namun juga bagian dari kebutuhan dan gaya hidup. Kalau kamu termasuk orang yang suka traveling atau bepergian bisnis (khususnya ke mancanegara), fitur GMT pada jam tangan juga akan benar-benar dibutuhkan. Misalnya nih dalam satu hari kamu harus berpindah dari London ke New York yang memiliki zona waktu berbeda, maka kamu bisa memperkirakan jadwal penerbangan dengan lebih tepat waktu. Kamu tinggal mengatur indikator utama ke waktu London di indikator 24 jam ke waktu New York, maka kamu bisa tahu waktu di dua negara tersebut cukup dengan melihat jam. Asyik, kan? 

3. Mencegah Kemungkinan Jetlag 

Ilustrasi orang memakai jam tangan GMT di pesawat
Ilustrasi orang memakai jam tangan saat di pesawat menghindari jetlag. (Image: BBC) 

Buat kamu yang sering bepergian antar negara atau benua, mungkin sering dibuat kesal karena masalah jetlag. Karena perbedaan zona waktu yang berbeda, pola tidur dan aktivitas jadi berantakan. Lagi-lagi, kamu bisa memanfaatkan fitur GMT pada jam tangan untuk mencegah hal ini. Misal kamu akan bepergian dari London ke New York yang punya perbedaan waktu sampai 5 jam, maka coba setting indikator GMT-mu ke zona waktu New York sejak 2-3 hari sebelumnya dan membiarkan indikator utama tetap menunjukkan waktu London. Dengan begitu, kamu bisa mulai membiasakan diri beraktivitas sesuai waktu New York, tapi juga tetap bisa mengetahui waktu di mana kamu berada (London). Bye jetlag! 

4. Bisa Dimanfaatkan untuk Mengetahui Format AM/PM 

Keunggulan lain yang bisa kamu nikmati jika memiliki jam tangan dengan fitur GMT adalah memanfaatkannya untuk melihat waktu dalam format AM/PM hanya dengan satu jam tangan. Yep, walaupun jarang bepergian antar negara, banyak watch-lovers tetap memakai fitur GMT untuk menunjukkan waktu AM dan PM. Jadi, kamu bisa menyesuaikan kedua indikator (baik itu indikator 12 & 24 jam) ke waktu lokal di mana kamu berada. Dengan begitu, kamu bisa melihat waktu dalam format AM dan PM sekaligus secara bersamaan. 

5. Estetika Elegan & Mewah 

Ilustrasi pria menggunakan jam tangan GMT
Ilustrasi pria menggunakan jam tangan GMT dengan bezel elegan (Image: Ablogtowatch)

Sama seperti banyak fitur atau complication lain, keunggulan selanjutnya dari jam tangan GMT adalah punya unsur estetika yang elegan. Hal ini karena jam tangan GMT memiliki indikator 24 jam yang umumnya diposisikan pada bagian bezel atau subdial. Nah, untuk membuat indikator tambahan ini menonjol, mayoritas brand jam tangan mendesain bagian bezel atau subdial ini dengan desain yang eye-catching dan menarik. Seperti Rolex GMT-Master yang menjadi jam tangan GMT pertama, mempunyai desain bezel berwarna biru dan merah yang menawan dan elegan. 

Rekomendasi Jam Tangan GMT Terbaik di Jamtangan.com

Setelah mengetahui GMT adalah fitur yang sangat bermanfaat pada jam tangan, apakah kamu tertarik ikut memiliki jam tangan GMT? Khususnya buat kamu yang suka traveling dan punya mobilitas tinggi antar negara atau benua, Jamtangan.com punya beberapa rekomendasi jam tangan GMT terbaik yang bisa dilirik. Yuk, lihat beberapa rekomendasinya berikut ini.   

Yuk, Lihat Rekomendasi Jam Tangan GMT Lainnya di Sini!

Categories: Info & Tips