Titanium Watch: Pengertian dan 5 Kelebihannya

titanium watch
titanium watch

Terakhir diubah pada 2023/01/30 at 1:34pm oleh Contributor

Jam tangan titanium atau titanium watch punya kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan material lainnya, seperti stainless steel maupun resin atau rubber. Material titanium sendiri terkenal dengan logam yang memiliki bobot lebih ringan serta lebih kuat dari stainless steel. Selain itu, titanium mempunyai tingkat ketahanan terhadap korosi yang baik. Sehingga jam tangan berbahan titanium ini biasanya terdapat pada diver’s watch.

Kali ini Minwatch akan membahas detail tentang jam tangan titanium atau titanium watch. Yuk, simak penjelasannya! 

Baca juga : Ada Macam-Macam Case Back Jam Tangan, Apa Bedanya?

Sejarah Jam Tangan Titanium

X-8 Chronometer, jam tangan titanium pertama buatan Citizen..
X-8 Chronometer, jam tangan titanium pertama buatan Citizen..
Sumber: https://hips.hearstapps.com/amv-prod-gp.s3.amazonaws.com/gearpatrol/wp-content/uploads/2020/04/Watches-You-Should-Know-Citizen-X-8-Chronometer-gear-patrol-lead-full.jpg

Sebelum masuk ke dalam jam tangan yang berbahan titanium, kamu harus tahu bahwa logam titanium sendiri ditemukan pada tahun 1791 oleh William Gregor. Dia menamakannya dengan ‘titanium’ dari legenda Titans dalam mitologi Yunani karena karakteristik logamnya yang sangat kuat.

Berbicara soal sejarah, maka tidak lepas juga dari sejarah jam tangan titanium pertama. X-8 Chronometer buatan brand Citizen yang rilis pada tahun 1970 ini menggunakan material titanium. Inovasi yang dilakukan oleh brand asal Jepang ini memberikan dampak yang cukup besar di industri jam tangan. Banyak brand lain yang mulai mengikuti jejak Citizen untuk membuat jam tangan bermaterial dari logam titanium mulai dari case dan strap-nya. 

5 Rekomendasi Jam Tangan Titanium Terbaik

1. Grade Pada Jam Tangan Titanium

Grade Logam titanium pada jam tangan.
Grade Logam titanium pada jam tangan.
Sumber: https://timeandtidewatches.com/what-do-the-different-grades-of-titanium-actually-mean-for-your-watch/

Sama seperti stainless steel 316L dan 904L, material titanium yang digunakan pada jam tangan juga memiliki beberapa kelas atau Grade. Klasifikasi ini didasari dengan kekuatan pada material titanium itu sendiri. Ada 2 grade titanium yang umum digunakan pada jam tangan, yaitu titanium Grade 2 dan 5.

Jenis material jam tangan menentukan berkualitas atau tidaknya jam tersebut. Makin keras material maka semakin kuat jam tersebut. banyak sekali material yang digunakan produsen jam untuk jam tangannya. 

1. Titanium Grade 2

Titanium Grade 2 adalah titanium murni yang digunakan untuk kebutuhan komersial, salah satunya bahan jam tangan. Selain pada jam tangan, logam titanium kelas ini bisa ditemukan juga pada pesawat serta di dunia otomotif. Kelas logam titanium murni ini memiliki karakteristik yang lebih lembut dan lebih elastis sehingga butuh dilapisi anti gores lagi. Namun, perlu diketahui goresan pada logam titanium dapat hilang dengan sendirinya.

Kamu bisa menemukan titanium Grade 2 ini di banyak merek jam tangan, salah satunya Spinnaker Vintage Tesei SP-5084-44. Salah satu koleksi Spinnaker ini memiliki material titanium Grade 2 pada bagian case dan bracelet strap-nya. Jam tangan titanium ini bisa kamu beli di Jamtangan.com.

Baca juga : Spinnaker Croft Mid-Size, Rilisan Anyar yang Layak Dinanti di Jamtangan.com!

2. Titanium Grade 5

Tidak seperti Grade 2 yang murni, Titanium Grade 5 punya campuran dari beberapa bahan selain titanium, yaitu 6% alumunium dan 4% vanadium. Dengan campuran tersebut, logam titanium grade ini punya tingkat kekerasan yang lebih baik daripada titanium grade 2. Selain itu, logam ini juga lebih tahan terhadap korosi, goresan dan panas.

Jam Tangan Terbaru Rolex 2022: Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium, Bisa Menyelam Hingga 11.000 Meter

5 Kelebihan Utama Jam Tangan Titanium

Setelah mengetahui beberapa grade pada material titanium pada jam tangan, Minwatch akan menjelaskan beberapa kelebihan utamanya. Ada 5 kelebihan utama jam tangan titanium yang harus kamu tahu.

Baca juga : Review Seiko Prospex LX SNR031 Titanium Diver, High-End Series yang Menjanjikan Kepuasan

1. Ringan & Kuat

Material titanium terkenal punya bobot yang lebih ringan daripada stainless steel. Hal ini dapat membuat kamu terkejut, khususnya yang terbiasa memakai jam tangan stainless steel. Jam tangan titanium 40% lebih ringan daripada stainless steel.

Selain lebih ringan material titanium ini juga lebih kuat daripada stainless steel. Sehingga cukup sering digunakan di industri otomotif maupun penerbangan. Ketahanannya ini membuat jam tangan titanium lebih awet.

Baca juga : Perbedaan 304L, 316L dan 904L Pada Jam Tangan Stainless Steel

2. Anti Alergi

Jam tangan dengan material titanium ini memiliki lapisan oksida yang anti alergi. Lapisan ini tidak bereaksi terhadap kulit karena logam titanium tidak memiliki banyak kandungan nikel yang biasanya ada pada stainless steel. Maka itu, jam tangan titanium sangat cocok digunakan untuk kamu yang alergi terhadap nikel.

Menyambut Seiko Astron GPS Solar Berbahan Titanium

3. Anti Karat

Selain kuat dan ringan, jam tangan titanium juga anti karat karena dapat menahan korosi dengan baik. Kelebihan ini membuat material titanium banyak diaplikasikan pada jam tangan diver’s yang akan sering digunakan di dalam air asin atau laut.

Salah satu koleksi jam tangan diver’s buatan Mido, MIDO Ocean Star M042.430.44.051.00 200C memiliki case berbahan titanium grade 5. Dengan kelebihan logam titanium yang tahan korosi, jam tangan ini punya daya tahan yang baik di dalam air. Koleksi Mido Ocean Star ini dibanderol dengan harga Rp15 jutaan.

Review Mido   Ocean Star, Dive Watch Titanium Paling Tangguh

Selain itu Mido Ocean Star, Seiko Prospex SPB189J1 juga termasuk jam tangan diver’s yang memiliki case dan bracelet strap berbahan titanium. Seri yang biasa disebut juga dengan Seiko Shogun ini dibekali fitur water resistant hingga 200 meter.

4. Anti Magnet

Kelebihan lainnya adalah jam tangan titanium anti magnet. Pada jam tangan yang memiliki case titanium lebih tahan terhadap medan magnet daripada stainless steel. Hal ini dikarenakan material stainless steel punya kandungan nikel yang gampang terpengaruh oleh magnet.

Baca juga : MIDO Ocean Star GMT Special Edition: Gaya Elegan yang Versatile

5. Hangat dan Nyaman

Kelebihan lainnya adalah logam titanium lebih hangat sehingga nyaman digunakan. Saat menggunakan jam tangan titanium, kamu akan merasakan logam yang hangat.

Nah, itulah penjelasan detail tentang salah satu material pada jam tangan. Dengan berbagai kelebihannya, jam tangan titanium sangat nyaman digunakan untuk sehari-hari maupun kegiatan ekstrim sekalipun. Kamu bisa mendapatkan koleksi jam tangan titanium berkualitas di Jamtangan.com.

High Accuracy Quartz Watch: Pengertian dan Rekomendasinya

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

https://www.gnomonwatches.com/blogs/news/why-titanium-watches

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
watch jewels movement jam tangan

Watch Jewels Bagian Penting dari Movement Jam Tangan

Next Article
jam tangan merah edisi imlek

Jam Tangan Tone Warna Merah Untuk Perayaan Tahun Baru Imlek

Related Posts
Total
0
Share