Watch Jewels Bagian Penting dari Movement Jam Tangan

watch jewels movement jam tangan
watch jewels movement jam tangan

Buat pengguna jam tangan mekanikal, istilah watch jewels mungkin sering terdengar. Watch jewels sendiri ada pada jam tangan yang menggunakan movement atau kaliber. Salah satu part yang terdapat di dalam movement ini termasuk bagian penting dari jam tangan.

Pada kesempatan kali ini, Minwatch akan membahas tentang watch jewels yang ada pada movement jam tangan. Agar lebih mudah dipahami, Minwatch telah merangkum menjadi beberapa point. Yuk! simak penjelasannya.

Apa itu Quartz Movement?

Pengertian Watch Jewels

Jewels pada movement jam tangan mekanik.
Jewels pada movement jam tangan mekanik.
Sumber: https://www.benswatchclub.com/blog/what-are-jewels-in-a-watch

Watch jewels atau disebut juga dengan jewel bearings adalah bagian kecil berupa batu rubi, zamrud, safir atau rubi sintetis yang ada di dalam movement atau mesin jam tangan. Biasanya, sebagian besar jam tangan memiliki jewels yang ada di titik pivot, serta di dalam rangkaian roda gigi pada movement.

Baca juga : Miyota, Pembuat Movement Berkualitas Untuk Berbagai Brand Jam Tangan di Dunia

Batu atau jewels ini dapat mengurangi gesekan antar logam yang ada dalam mesin jam sehingga pergerakannya menjadi lebih halus. Gesekannya tersebut dapat mempengaruhi akurasi yang ada pada jam tangan. Selain itu, daya tahan movement jam tangan juga dipengaruhi oleh part kecil satu ini.

Kegunaan Watch Jewels

Kegunaan jewels pada movement jam tangan.
Kegunaan jewels pada movement jam tangan.
Sumber: https://www.benswatchclub.com/blog/what-are-jewels-in-a-watch

Pada jam tangan mekanikal, watch jewels bisa dibilang bagian terpenting dalam movement. Jam tangan mekanikal tidak digerakan oleh baterai, tapi menggunakan pergerakan pegas atau spring. Pergerakannya tersebut membuat bagian-bagian pada movement saling bergesekan. Dengan adanya watch jewels ini, gesekan tersebut tidak akan kasar dan mencegah logam pada mesin haus dan rusak.

Perbedaan Movement Jam Tangan Automatic dan Quartz

Beberapa Jenis Jewels Jam Tangan

1. Hole Jewels

Hole Jewels.
Hole Jewels.
Sumber: https://www.prestigetime.com/blog/what-are-the-jewels-in-a-watch-for.html

Jenis pertama adalah hole jewels yang dikenal juga dengan sebutan pierced jewel. Jewels ini memiliki lubang di tengah, mirip dengan donat. Dengan adanya lubang tersebut jewels ini dapat dipasangkan pada poros silinder. Biasanya, bagian atas jewels berbentuk rounder, sedangkan bagian bawahnya flat.

High Accuracy Quartz Watch: Pengertian dan Rekomendasinya

2. Cap Jewels

Cap Jewels.
Cap Jewels.
Sumber: https://www.prestigetime.com/blog/what-are-the-jewels-in-a-watch-for.html

Cap jewels adalah jenis jewels yang tidak memiliki lubang seperti hole jewels. Jenis jewels ini punya fungsi untuk meminimalisir pergerakan atau menyeimbangkan komponen pivot staff. Cap jewels biasanya digunakan bersama pivot jewels serta memiliki pelindung di tepiannya agar meminimalisir guncangan. Dengan cap jewels ini, movement jam tangan akan lebih mengurangi kerusakan saat terjatuh atau terbentur saat dipakai. Pada movement Seiko (Diashock) dan movement buatan Swiss bernama Incabloc, hole jewels ini terdapat pada komponen tahan guncangan.

Anatomi atau bagian jam tangan tak hanya penting diketahui oleh watch enthusiast. Dengan mengenal bagian penting pada jam jangan, kamu bisa menyesuaikan kebutuhanmu. Buat pengguna baru maupun kamu yang baru ingin membeli jam tangan, Minwatch akan merangkum bagian penting di jam tangan agar lebih mudah dikenali dan dipahami agar tidak salah beli.

3. Pallet Jewels

Pallet Jewels
Pallet Jewels.
Sumber: https://www.prestigetime.com/blog/what-are-the-jewels-in-a-watch-for.html

Selanjutnya, ada pallet jewels yang memiliki bentuk persegi panjang seperti batu bata. Jewels ini biasanya digunakan di setiap ujung pallet fork. Dengan bentuknya ini, pallet jewels bertugas untuk mengerem dan melepas escape wheel.

4. Roller Jewels

Roller Jewels.
Roller Jewels.
Sumber: https://www.prestigetime.com/blog/what-are-the-jewels-in-a-watch-for.html

Terakhir, ada jewels yang berfungsi sebagai penghubung antara bagian escape wheel dan pallets fork pada movement jam tangan, yaitu roller jewels. Dengan bentuknya yang mirip setengah lingkaran, roller jewels bergerak maju-mundur pada balance wheel.

Salah Kaprah Jam Tangan Automatic vs Kinetic

Letak dan Jumlah Jewels Pada Movement Jam Tangan

Letak dan jumlah jewels pada movement jam tangan.
Letak dan jumlah jewels pada movement jam tangan.
Sumber: https://www.benswatchclub.com/blog/what-are-jewels-in-a-watch

Movement jam tangan biasanya memiliki sejumlah jewels yang tersebar di beberapa area. Ada 8 area di dalam movement jam tangan yang dipasangkan jewels, antara lain:

1. Balance Wheel

Pada area balance wheel terdapat satu jewels impulse.

2. Staff Pivot

Pada area staff pivot ada 2 jewels, yaitu hole dan cap jewels yang digunakan sebagai bantalan pada staff pivot.

Baca juga : Seputar Automatic dan Kinetic Movement

3. Center Wheel

Selain pada staff pivot, hole dan cap jewels juga ada pada bagian center wheel, masing-masih satu jewels. Kedua jewels ini juga menjadi bantalan untuk center wheel ini.

4. Escape Lever Pallet

Selain itu, pada area escape lever pallet terdapat 2 pallet jewels.

Movement Seiko memiliki teknologi yang up to date. Seiring dengan perkembangan zaman, jam tangan Seiko terus meningkatkan teknologinya yang merupakan hasil pengembangan pertama kali oleh Seiko. Hal itulah yang membawa Seiko hingga saat ini menyediakan jam tangan dengan movement Seiko yang hightech dan unik.

5. Escape Lever

Ada 2 jewels (hole dan cap jewels) yang terpasang pada area escape lever.

6. Fourth Wheel

Pada area 4th wheel, ada 2 buah jewels (hole dan cap jewels) yang berfungsi sebagai pivot bearing atau bantalan.

7. Third Wheel

Selain pada area 4th wheels, 2 buah jewels (hole dan cap jewels) juga terdapat pada 3th wheel yang juga berfungsi sebagai pivot bearing pada movement jam tangan.

8. Escape Wheel

Terakhir ada pada area escape wheel, yang mana terdapat 2 buah jewels (hole dan cap jewels).

Pertanyaan Seputar Watch Jewels

Ada beberapa hal yang sering jadi pertanyaan seputar watch jewels ini. Minwatch telah merangkum menjadi 3 pertanyaan. Simak penjelasannya.

1. Apa itu jam tangan mekanikal dengan 17 jewels?

Jam tangan dengan 17 jewels biasanya juga disebut dengan fully jeweled watch. Beberapa jewels yang berfungsi sebagai bearing ini biasanya terbuat dari ruby dan tersebar pada balance wheel hingga center wheel pivot.

Baca juga : Watch Winder: Apa dan Mengapa?

2. Apa itu jam tangan mekanikal dengan 21 jewels?

Pada dasarnya, movement dengan 21 jewels sama dengan fully jeweled watch. Namun, ada beberapa tambahan jewels yang digunakan untuk menambah presisi pada movement. Biasanya, movement dengan 21 jewels ini ada pada jam tangan berkualitas tinggi.

Akurat dan Tahan Lama, Apa itu Movement Meca-Quartz?

3. Apakah Jam Tangan dengan Watch Jewels yang Banyak Lebih Baik?

Bisa dibilang, banyaknya jewels dapat mempengaruhi fungsi, komplikasi hingga akurasi pada movement jam tangan. Namun, bukan berarti jam tangan dengan jumlah jewels yang lebih sedikit jadi kurang baik. Hal ini tergantung fungsi atau kerumitan pada movement jam tangan. Biasanya, jam tangan dengan komplikasi yang rumit memiliki jewels yang lebih banyak.

Pada jam tangan mekanikal standar tanpa komplikasi yang rumit, jewels yang ada pada movement berjumlah 17 jewels. Ada pula movement jam tangan yang memiliki 21 jewels atau lebih dan biasanya punya presisi yang lebih baik. Namun, belum tentu juga jam tangan mekanikal dengan banyak jewels itu berfungsi semua, ada juga jewels watch yang hanya menjadi penghias atau dekorasi pada movement saja.

Baca juga : Mengenal Watch Genre: 12 Jenis Jam Tangan yang Harus Kamu Tau

4. Apakah jam tangan quartz menggunakan jewels?

Beberapa jam tangan quartz juga menggunakan jewels watch. Jam tangan quartz yang digerakan oleh tenaga baterai juga memiliki bagian mesin yang bergerak seperti jam tangan mekanik. Seiko Astron, yang muncul pada tahun 1969 ini memiliki jewels pada movement quartz-nya. Ada sekitar 5 sampai 7 jewels yang ada di dalam movement jam tangan quartz ini. Selain itu, Seiko Prospex S23631J1 Tuna yang dibekali kaliber 7C46 ini memiliki 7 jewels, yang mana kaliber ini termasuk high torque quartz.

Itulah pembahasan tentang jewels watch yang telah Minwatch rangkum. Buat yang mulai tertarik dengan jam tangan mekanik, kamu bisa mendapatkannya di Jamtangan.com yang sudah #PastiOri.!

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

https://www.prestigetime.com/blog/what-are-the-jewels-in-a-watch-for.html

https://www.benswatchclub.com/blog/what-are-jewels-in-a-watch

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
review jam tangan casio

10 Jam Tangan Casio Classic Digital dan Analog, Desain Paling Klasik

Next Article
titanium watch

Titanium Watch: Pengertian dan 5 Kelebihannya

Related Posts
Total
0
Share