Jam Tangan Terbaru Rolex 2022: Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium, Bisa Menyelam Hingga 11.000 Meter

Jam Tangan Terbaru Rolex 2022
Jam Tangan Terbaru Rolex 2022

Terakhir diubah pada 2022/11/03 at 4:40pm oleh Contributor

Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium adalah jam tangan titanium pertama dari Rolex. Seri Deepsea Challenge merupakan jam tangan andalan para penyelam karena dirancang untuk dapat menahan tekanan ekstrim di bawah laut. Perlu waktu lama bagi Rolex untuk melakukan penelitian terkait pembuatan jam tangan yang bisa tetap berfungsi ketika dipakai saat menyelam, bahkan hingga ribuan meter di bawah permukaan air laut. 

Kini, Rolex kembali menyapa para penggemarnya dengan menghadirkan Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium yang tahan air hingga 11.000 meter, sebuah rekor ketahanan air yang fantastis untuk ukuran jam tangan penyelam!. Makin penasaran, kan? Minwatch punya ulasan lengkapnya untuk kamu semua. Yuk, simak artikelnya di bawah ini!

So, ini dia beberapa cara membedakan jam Rolex asli dan palsu yang wajib diketahui semua watchlovers! 

Histori Perjalanan Rolex Saat Ikut Serta Pada Eksplorasi ke Dasar Palung Mariana di Tahun 1960-an

Deep Sea Special
Deep Sea Special
Sumber: Monochrome-watches.com

Eksplorasi laut pertama dilakukan oleh Jacques Piccard seorang ahli kelautan berkebangsaan Swiss membawa Rolex Trieste Bathyscaphe ke Palung Mariana yang terletak di Samudera Pasifik, bagian barat Filipina pada 23 Januari 1960. Jam tangan Rolex pun dipasangkan pada bagian eksterior kapal selam ketika mengeksplorasi salah satu palung terdalam di dunia tersebut.

Jam tangan yang dikenal sebagai Deep Sea Special N03 ini melakukan perjalanan ke dasar Palung Mariana pada kedalaman 10.916 meter. Jam tangan tersebut memiliki bubble crystal yang dirancang secara khusus untuk bisa bertahan di dasar laut. Setelah misi penyelaman selesai, jam tangan Deep Sea Special tersebut pun masih dapat berfungsi dengan baik.

Jam tangan Rolex identik dengan konsep mewah, dikarenakan menggunakan material seperti emas, perak, kristal pada jam tangannya. Rolex didirikan pada tahun 1905 oleh Hans Wilsdorf dan Alfred Davis di London dan hingga saat ini termasuk ke dalam kategori luxury watch.

Rolex Memecahkan Rekor Deepsea Challenge Bersama dengan Sutradara James Cameron Tahun 2012

Deepsea Challenge
Deepsea Challenge
Sumber: Ablogtowatch.com

Pada tahun 2012, Rolex kembali memecahkan rekor Deepsea Challenge bersama dengan sutradara James Cameron. Kala itu, Rolex memproduksi prototipe pembuatan film Avatar James Cameron untuk penyelaman solonya di Palung Mariana. Jam tangan tersebut diproduksi hanya dalam waktu delapan minggu dan bisa berfungsi dengan baik setelah digunakan untuk menyelam. 

Model terbaru Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium yang diluncurkan oleh Rolex ini pun terinspirasi dari jam tangan Rolex Deepsea Challenge eksperimental dari James Cameron ketika menyelam hingga kedalaman 10.908 meter pada 26 Maret 2012. 

Jam tangan Rolex Daytona Ref. 6239 yang digunakan Paul Newman, sejatinya merupakan hadiah dari istrinya, Joanne Wordward. Joanne membeli jam tersebut pada tahun 1968 dari Tiffany & Co New York. 

Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium

Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Sumber: Monochrome-watches.com

Jam tangan Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium menjadi jam tangan andalan para penyelam ketika mengeksplorasi dasar laut. Perlu waktu bertahun-tahun bagi Rolex untuk menggembangkan seri jam tangan Deepsea Challenge, yaitu dengan menggabungkan keahlian tim ahli di Rolex dengan pemakaian jam tangan bagi para penyelam.

Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Menggunakan Bahan Titanium

Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Sumber: Monochrome-watches.com

Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium dirancang dengan menggunakan logam titanium. Pemakaian logam titanium RLX yang ringan dilakukan untuk membuat case dan bracelet dapat memecahkan masalah signifikan yang berkaitan dengan wearability ketika dikenakan oleh penyelam.

Titanium RLX merupakan sebuah logam ringan yang dapat mengurangi berat Deepsea Challenge sebesar 30% dibandingkan dengan jam tangan eksperimental yang dipakai pada ekspedisi James Cameron tahun 2012. Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium juga menjadi jam tangan titanium pertama dari Rolex yang dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari. 

Jam tangan ini mampu menahan tekanan 1.000x lebih besar daripada tekanan di permukaan. Hal ini bisa terwujud karena jam tangan Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium menggabungkan sistem Ringlock dengan katup pelepasan helium. Hal ini pun membuatnya menjadi jam tangan yang sempurna untuk para penyelam.

Rolex Submariner Green Dial yang dirancang khusus untuk menyelam. Jam tangan ini sering disebut Rolex Hulk karena bagian dial jam tangannya berwarna hijau. Banyak kolektor yang berasal dari kalangan artis yang mengoleksi jam tangan Rolex ini.

Ringlock pada Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium Untuk Mengurangi Tekanan

Case back Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Case back Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Sumber: Monochrome-watches.com

Ringlock adalah stainless steel inner ring di dalam case, di mana kristal dibingkai pada satu sisi dan titanium case back pada sisi lainnya. Konstruksi seperti ini dirancang untuk mengurangi tekanan pada bagian case dengan mengalihkan tekanan pada kristal jam tangan dengan inner ring yang kuat. 

Karena Ringlock mengambil tekanan terberat, maka bagian case dapat memiliki ukuran lebih tipis. Deepsea Challenge memang tampak seperti bongkahan logam titanium tebal. Namun, tanpa Ringlock, Deepsea Challenge akan menjadi seperti bongkahan titanium yang lebih tebal. Pemakaian Ringlock pada jam tangan Deepsea Challenge membuatnya menjadi jam tangan yang bisa dikenakan oleh penyelam.

Spesifikasi dan Tampilan Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium

Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Sumber: Monochrome-watches.com

Jam tangan Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium tahan air hingga 11.000 meter dan dirancang dengan dial berwarna hitam dan index marker besar yang dilengkapi luminescent. Material luminescent tersebut dapat memancarkan cahaya berwarna biru yang tahan lama sehingga jam tangan bisa tetap terbaca meskipun ada pada kondisi gelap. Bagian dial juga dibingkai dengan elemen metalik, seperti halnya jam tangan selam Rolex klasik dengan white gold marker dan jarum yang diisi dengan Chromalight.

Selain itu, bagian bezel dapat diputar dengan unidirectional 60-minutes. Rancangan bezel yang sedemikian itu memungkinkan penyelam dapat memantau waktu menyelam dan dekompresi dengan tepat dan aman. Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium juga dilengkapi sisipan bezel Cerachrom hitam yang dipatenkan dan diproduksi oleh Rolex di dalam scratchproof ceramic yang warnanya tidak terpengaruh oleh sinar UV. Bagian graduation dilapisi dengan PVD atau physical vapour deposition dengan lapisan platinum yang tipis.

Rolex Oyster Perpetual Submariner Date terbaru ini digerakkan oleh automatic movement Caliber 3235. Movement ini menawarkan power reserve hingga 70 jam, sebuah kemajuan luar biasa dibandingkan caliber Submariner Date sebelumnya. 

Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium
Sumber: Monochrome-watches.com

Seri Deepsea Challenge ini memiliki 3-link Oyster bracelet dalam titanium RLX yang sepenuhnya brushed surface, bahkan pada sisi bagian link. Jam tangan ini bisa ditutup oleh Oysterlock safety clasp dengan sebuah sistem ekstensi Rolex Glidelock dan sebuah Fliplock extension link.  Untuk movement-nya sendiri, Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium menggunakan Superlative Chronometer caliber 3230.

Rencananya, jam tangan Rolex Oyster Perpetual Deepsea Challenge RLX Titanium mulai tersedia pada bulan November 2022 dengan harga sekitar USD 26.000. Cukup mewah, bukan? Nah, jika kamu ingin mengoleksi jenis jam tangan divers lainnya, kamu bisa mengunjungi Jamtangan.com.

Referensi:

https://www.hodinkee.com/articles/rolex-shatters-water-resistance-records-with-its-first-titanium-watch-and-weve-got-exclusive-live-pi
https://monochrome-watches.com/introducing-rolex-oyster-perpetual-deepsea-challenge-rlx-titanium-126067-record-breaking-dive-watch-specs-price/
https://newsroom.rolex.com/watches/new-watches/deepsea-challenge#:~:text=The%20ultimate%20watch%20of%20the,challenges%20that%20its%20fabrication%20presented.
https://www.rolex.com/watches/new-watches/new-deepsea-challenge.html
https://monochrome-watches.com/barely-known-story-of-the-longines-timepieces-onboard-bathyscaphe-trieste-and-on-the-wrist-of-piccard/
https://www.ablogtowatch.com/rolex-deepsea-challenge-watch-goes-to-bottom-of-the-ocean/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Q-Timex Collection

Timex Menambahkan Seri Chronograph Pada Q-Timex Collection

Next Article
jam tangan sponsor motgp

Tissot T-Race Limited Edition Jadi Jam Tangan Sponsor MotoGP 2022

Related Posts
Total
0
Share