Jenis Material Jam Tangan

Jenis Material Jam Tangan

Jenis material jam tangan menentukan berkualitas atau tidaknya jam tersebut. Makin keras material maka semakin kuat jam tersebut. banyak sekali material yang digunakan produsen jam untuk jam tangannya. Dari material logam seperti stainless steel, titanium sampai material rubber. Banyak juga produsen jam tangan mewah menggunakan material dari logam mulia seperti emas dan perunggu. Biasanya jam tangan bermaterialkan emas, jauh lebih mahal daripada jam tangan bermaterialkan stainless steel. Lalu apa saja material yang umum digunakan pada jam tangan?, Machtwatch kali ini akan membahasnya satu persatu.

Stainless Steel

Jenis Material pertama yang akan dibahas ialah stainless steel atau dikenal dengan SS. Stainless steel merupakan sebuah baja yang telah diproses sehingga mempunyai kekerasan tertentu dan mempunyai kemampuan tahan karat lebih baik daripada baja biasa. Stainless steel merupakan material yang cukup ideal bagi jam tangan karena dapat di finishing dengan mudah dan cukup kuat. Biasanya makin keras stainless steel makin kuat pula ketahanannya terhadap goresan. Namun, makin keras stainless steel, maka makin sulit dibentuk dan difinish.

DSC_0121

Gambar 1. Seiko Sumo, salah satu jam dengan material stainless steel.

Titanium

Material kedua ialah titanium atau dikenal dengan Ti. Titanium merupakan jenis logam yang sangat ringan. Lebih ringan dari stainless steel. Namun titanium mempunyai kekerasan yang sama dengan stainless steel. Sehingga material ini cukup kuat namun ringan. Biasanya banyak digunakan pada industri pesawat terbang, karena pesawat terbang membutuhkan material ringan yang cukup kuat. Banyak jam tangan yang menggunakan material ini. Kelemahan material ini ialah, sangat sulit untuk difinish mengkilat atau polished finish. Sehingga mengurangi estetikanya. Namun material ini mempunyai kelebihan, selain ringan, titanium dapat menutup “luka” atau goresan karena proses alami kimiawi dari material ini.

titanium-tubes

Gambar 2. Titanium tube, salah satu material untuk pembuatan jam tangan.

Rubber

Rubber yang digunakan pada jam tangan merupakan rubber yang cukup keras. Sehingga bisa cukup kuat dijadikan sebagai material jam tangan. Biasanya rubber untuk body jam mempunyai campuran plastik dan resin, seperti pada jam G-Shock. Material ini tidak bisa dibuat mengkilat, namun bisa diberi warna apapun. Cukup umum kita melihat jam tangan rubber dengan berbagai warna. Material ini juga cukup ringan namun dalam waktu yang lama bisa terjadi getas, karena rubber sejatinya merupakan karet yang telah diproses.

ngxnu_casiogshockdw5000c_637163

Gambar 3. G-Shock adalah salah satu jam tangan dengan material rubber.

Emas

Emas adalah logam mulia yang mempunyai nilai. Material ini umum digunakan pada jam tangan mewah. Material ini menunjukan status sosial orang yang menggunakannya. Emas yang umum digunakan pada jam tangan ialah emas kuning dan emas putih. Material ini merupakan logam yang cukup lunak dibandingkan stainless steel maupun titanium. Namun karena merupakan logam mulia, banyak orang yang menyukai jam tangan dengan material emas ini untuk digunakan sebagai simbol status sosial.

3f_GRAND_SEIKO_HiBeat_GMT

Gambar 4. Grand Seiko dengan material rose gold yang sangat cantik.

Perunggu

Perunggu merupakan jenis logam yang nilainya lebih rendah dari emas. Umumnya perunggu digunakan sebagai bahan untuk pembuatan piala atau medali. Namun cukup banyak produsen jam tangan yang membuat jam tangan menggunakan material perunggu.

Kazimon-watchGambar 3. Material perunggu mempunyai pecintanya sendiri.

Secara durability perunggu merupakan material yang gampang berkarat dan sangat susah untuk difinish karena tidak terlalu keras. Namun karena warna dari perunggu cukup eksotis untuk digunakan sebagai material jam tangan, banyak pecinta jam yang menyukai jam tangan yang bermaterialkan perunggu.

Categories: Info & Tips