Perbedaan 304L, 316L dan 904L Pada Jam Tangan Stainless Steel

perbedaan stainless steel pada jam tangan
perbedaan stainless steel pada jam tangan

Jam tangan stainless steel adalah salah satu jam tangan yang populer. Bagi watch enthusiast, jam tangan stainless steel memiliki kelebihan yaitu ketangguhan dan tahan korosi. Mungkin belum banyak yang tahu, ternyata stainless steel yang biasa digunakan untuk jam tangan terdiri dari tiga jenis yaitu tipe 304L, 316L dan 904L. Seperti apa perbedaannya? Simak terus artikel ini untuk tahu lebih lanjut masing-masing perbedaanya!

Omega Seamaster.
Omega Seamaster.
Sumber: Fratellowatches.com.

3 Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Sendiri dengan Alat-Alat di Rumah

Penjelasan Material Stainless Steel 

Stainless steel adalah paduan besi dan karbon dengan beberapa elemen lainnya. Stainless steel berbeda dari “steel” biasa karena stainless steel (atau juga disebut “inox”) tidak teroksidasi, oleh karena itu disebut “stainless”. Stainless steel memiliki komponen yang terdiri dari 10,5% kromium, karbon, besi, dan beberapa elemen lainnya.

Stainless steel dibagi menjadi tiga macam yang dibedakan atas struktur dan jenisnya, yang dibedakan berdasarkan elemen tambahannya. Ketiga macam jenis stainless steel tersebut yaitu stainless steel tipe  304L, 316L dan 904L. Ketiganya masuk dalam kelompok yang disebut stainless steel Austenitic karena memiliki struktur kristal yang sama. Struktur kristal yang terdapat pada stainless steel Austenitic dibuat dengan menambahkan nikel, mangan, atau nitrogen ke paduan esensial karbon, besi, dan kromium.

Stainless steel tipe 304 dan 316L dibuat dengan menambahkan nikel ke dalamnya, sedangkan 904L termasuk dalam sub kelompok yang disebut silicon-manganese steels. Ketiga jenis ini diberi nama berdasarkan sistem penomoran terbaru (unified numbering system – UNS) yang diterima secara umum di Amerika Serikat. Stainless steel tipe 304L, 316L dan 904L merupakan jenis stainless steel yang digunakan dalam pembuatan jam tangan stainless steel.

Jenis Material Jam Tangan

Stainless Steel Tipe 304L 

Stainless steel tipe 304L merupakan stainless steel yang paling umum dan paling banyak digunakan tidak hanya pada jam tangan namun juga barang-barang rumah tangga. Kamu bisa temukan stainless steel ini  sehari-hari di rumah dan dapur, contohnya pada pipa dan peralatan masak. 

Stainless steel jenis ini dikembangkan pada tahun 1924 dan mudah di dapatkan. Karena itu stainless steel ini dapat dikatakan memiliki nilai yang cukup terjangkau. Tipe 304L memiliki kode nama S30400 di UNS dan dikenal juga sebagai 18/8, karena mengandung mengandung 18% kromium dan 8% nikel. 

Oleh karena itu jam tangan stainless steel yang menggunakan tipe 304L biasanya merupakan jam tangan low end dan bukan termasuk jam tangan mewah. Jam tangan stainless steel tipe 304L lebih rentan terhadap korosi (karat) dibandingkan dengan dua jenis lainnya, yaitu tipe  316L dan 904L. 

Stainless steel tipe 304L juga cukup sensitif terhadap asam, karena itu stainless steel tipe 304L biasanya digunakan pada produk yang memiliki banyak peminat ataupun dengan jumlah permintaan yang sangat tinggi. Stainless steel 304L juga mengandung lebih banyak karbon daripada tipe 316L, sehingga lama-kelamaan memiliki warna yang lebih gelap jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Stainless Steel Tipe 304L.
Stainless Steel Tipe 304L.
Sumber: Strapcode.com.

Jangan Cuma Dipakai, Ini Cara Membersihkan Strap Jam Tangan

Stainless Steel Tipe 316L 

Stainless steel tipe 316L adalah jenis stainless steel  yang paling umum digunakan di industri jam tangan. Mayoritas jam tangan stainless steel menggunakan tipe 316L, karena memiliki kualitas di atas tipe 304L dan dapat menahan korosi secara signifikan. 

Stainless steel tipe 316L mampu menahan korosi lebih baik dibandingkan dengan stainless steel tipe 304L karena tipe 316L memiliki kandungan molibdenum yang lebih tinggi. Stainless steel yang mengandung molibdenum umumnya lebih tahan korosi daripada stainless steel yang tidak mengandung molibdenum (molybdenum-free grades).

Mungkin kamu pernah mendengar istilah “marine grade steel” atau “surgical steel”, itulah yang dimaksud dengan stainless steel tipe  316L. Karena ketahanan korosinya yang tinggi, umumnya tipe 316L digunakan dalam industri medis dan kelautan, di mana korosi merupakan variabel aktif pada alat-alat yang diperdagangkan tersebut.

Namun ada perbedaan antara tipe 316 dan tipe 316L, yaitu pada kandungan karbonnya. Huruf “L” pada tipe 316L menunjukkan indikasi kandungan karbon rendah. Tipe 316L lebih stabil di lingkungan bersuhu tinggi dan korosif daripada 316 yang biasa (tanpa “L). Karena itu, tipe 316L sebagian besar digunakan untuk memproduksi jam tangan stainless steel mewah.

Omega Speedmaster Chronoscope menggunakan stainless steel tipe 316L.
Omega Speedmaster Chronoscope menggunakan stainless steel tipe 316L.
Sumber: Fratellowatches.com.

Ada Macam-Macam Case Back Jam Tangan, Apa Bedanya?

Baca juga: 7 Harga Jam Rolex Asli Termahal di Dunia
Baca juga : Yuk, Bersihkan Jam Tanganmu!

Stainless Steel Tipe 904L 

Stainless steel tipe 904L bisa dikatakan sebagai stainless steel yang paling unggul dibanding tipe 304L dan 316L, karena tipe 904L memiliki ketahanan korosi yang sangat tinggi. Tipe 316L memang cukup untuk digunakan sebagai material jam tangan mewah. Namun tipe 904L mengandung lebih banyak kromium, molibdenum, dan nikel daripada 316L yang memiliki nilai lebih mahal, walaupun ternyata lebih sulit di proses.


Stainless steel tipe 904L banyak digunakan pada luxury Swiss watch. Salah satu jam tangan stainless steel kelas atas yang menggunakan tipe 904L adalah Rolex. Sejak tahun 2003, Rolex hanya menggunakan tipe 904L untuk bracelets dan komponen jam tangannya. Hal itu nampak jelas pada polesan yang halus dengan warna stainless steel yang lebih cerah karena memiliki kandungan karbon yang lebih rendah dan kandungan kromium yang lebih tinggi.

Rolex GMT Master II uses 904L menggunakan stainless steel tipe 904L.
Rolex GMT Master II uses 904L menggunakan stainless steel tipe 904L.
Sumber: Fratellowatches.com.

Bila membahas mengenai pemakaian stainless steel tipe  904L pada jam tangan, mungkin banyak orang yang langsung memikirkan jam tangan Rolex. Namun ternyata Rolex bukanlah brand pertama yang menggunakan stainless steel tipe 904L. 

Sebut saja Omega, saat pertama kali meluncurkan Ploprof 600 (ref 166.077) pada tahun 1971, brand satu ini menggunakan paduan stainless steel yang disebut “Uranus Steel”. Ternyata “Uranus Steel” tersebut merupakan material yang sama dengan yang kita kenal sekarang sebagai stainless steel tipe 904L. 

Ini Arti Water Resistant pada Jam Tangan

Baca juga: Rolex Termurah: 5 Jam Tangan Rolex Untuk Entry Level
Baca juga : Kesalahan Dalam Penggunaan Jam Tangan Pada Pria

Bisa dikatakan stainless steel 316L menawarkan value yang lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau. Jam tangan stainless steel tipe 316L masih memiliki ketahanan anti korosi yang sangat baik, selain itu tipe 316L mudah juga untuk diproses dan dibentuk. Stainless steel tipe 316L juga sudah cukup mewah untuk menghiasi pergelangan tangan kamu tanpa harus mengeluarkan budget berlebih. 

Kamu bisa dapatkan jam tangan stainless steel favorit kamu di Jamtangan.com dan Machtwatch Store yang tersebar di pulau Jawa dan sekitarnya. Terdapat ribuan koleksi jam tangan stainless steel menarik untuk kamu, mulai dari brand Orient, Longines, Tissot, Casio, Seiko dan masih banyak yang lainnya. Beli jam tangan di Jamtangan.com jaminan original dengan harga bersaing.

Oleh: Rahel Humilang

Referensi:

https://www.strapcode.com/pages/which-stainless-steel-type-is-the-best-for-a-watch-bands

https://www.imoa.info/molybdenum-uses/molybdenum-grade-stainless-steels/metallurgy-of-molybdenum-in-stainless-steel.php

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Smartwatch Citizen Smart

Smartwatch Citizen Smart, Dilengkapi Fitur Self-Care Advisor Untuk Menentukan Tingkat Kewaspadaan

Next Article
interview dengan product desain orient

Hideo Kato, Leader of Product Design Orient: Menciptakan Keseimbangan Modern dan Klasika

Related Posts
Total
0
Share