Segera Meluncur, Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 Limited Edition dengan Warna All Black

Review Seiko Prospex Speedtimer SRQ045
Review Seiko Prospex Speedtimer SRQ045

Terakhir diubah pada 2023/01/16 at 5:04pm oleh Contributor

Di tahun 2023 ini, Seiko kembali akan meluncurkan Seiko Prospex Speedtimer edisi terbatas yaitu Seiko Prospex Speedtimer SRQ045. Satu poin yang cukup menonjol dari model jam tangan ini adalah dominasi warna hitam di hampir seluruh elemen jam tangan.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 Limited Edition, Minwatch punya bocoran yang lengkap buat kamu semua.

Seiko Prospex adalah sebuah nama dari lini produk brand Seiko. Seiko menjadikan lini prospek sebagai produk jam tangan yang mempunyai fungsi atau spek khususus. Bisa dibilang lini Prospex berarti jam tangan yang mempunyai professional spek. Contohnya jam tangan yang diperuntukan untuk diving (menyelam), running (lari), hicking (mendaki gunung) dll.

Histori Perjalanan Seiko Prospex Speedtimer

Seiko Speedtimer 6139 (1969)
Seiko Speedtimer 6139 (1969)
Sumber: Seikowatches.com

Histori perjalanan Seiko Speedtimer dimulai sejak tahun 1960-an. Seiko Speedtimer dikenal sejak lama sebagai jam tangan automatic chronograph pertama di dunia. Perlu waktu lebih dari dua tahun bagi brand asal Jepang ini untuk membuat konsep Speedtimer hingga akhirnya diluncurkan tahun 1969 menggunakan calibre 6139. 

Inovasi yang membutuhkan waktu cukup lama dilakukan untuk memastikan bahwa Speedtimer dapat menjadi sport-watch atau sport-timer ikonik dari Seiko seperti sekarang ini.

Seiko Alpinist Kini Bergabung dengan Prospex, Apa Bedanya?

Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 Dengan Case Besar Tampil Menonjol Secara Visual  

Seiko Prospex Speedtimer SRQ045
Seiko Prospex Speedtimer SRQ045
Sumber: Monochrome-watches.com

Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 dirancang dengan tampilan relatif besar. Ini bisa dilihat dari case berdiameter 42,5 mm, tebal 15,1 mm, dan 50 mm lug-to-lug. Proporsi case besar dan bezel tebal membuatnya tampak mencolok saat dipakai di pergelangan tangan. Tampilan visual-nya yang menonjol makin diperkuat dengan desain jam yang didominasi warna hitam.

Seiko Luncurkan Trio Prospex untuk Rayakan 140th Anniversary

Dominasi Warna Hitam Pada Seiko Prospex Speedtimer SRQ045

Seiko Prospex Speedtimer SRQ039 
Seiko Prospex Speedtimer SRQ039 
Sumber: Jamtangan.com

Hingga sekarang, Seiko Prospex Speedtimer dirancang dengan berbagai warna dial. Misalnya SRQ035 memiliki warna dial putih, SRQ037 dengan dial abu-abu tua, dan SRQ039 didominasi dengan warna dial biru. Untuk SRQ045, Seiko memilih warna all black pada case dan hitam matte pada dial sehingga tampak sporty

Seiko Memperkenalkan Tiga Seri Terbaru Seiko Prospex Solar Speedtimer Chronograph

Dial pada Seiko SRQ045 didominasi warna hitam
Dial pada Seiko SRQ045 didominasi warna hitam
Sumber: Monochrome-watches.com

Seiko SRQ045 dirancang sepenuhnya dengan case yang dilapisi hard-coating warna hitam. Tidak hanya pada case, dominasi warna hitam juga ditampilkan pada hampir semua elemen, seperti pada bezel, crown/pusher, dan caseback. Dial berwarna hitam matte ini dirancang dengan sandblasted finish untuk menghindari pantulan. 

Bagian track indikator menit dan tachymeter inner bezel dirancang menggunakan warna putih dengan aksen warna oranye pada penanda jam untuk kontras, serta  fungsi chronograph pada dial. Jarum jam dan indeks dirancang dengan warna putih yang diisi LumiBrite. Sementara itu, sub-dial ditempatkan posisi pada pukul 3 dan 9 sehingga tampil simetris.

Apakah kamu pecinta Seiko Diver? Jika iya, kamu pasti senang dengan kabar baru dari brand asal Jepang ini. Koleksi Save the Ocean Seiko Prospex Diver akan memiliki anggota baru yaitu Seiko Prospex SLA065 Limited Edition yang merupakan reinterpretasi dari 62MAS.

Spesifikasi Seiko Prospex Speedtimer SRQ045

Movement 8R46 pada Seiko SRQ045
Movement 8R46 pada Seiko SRQ045
Sumber: Monochrome-watches.com

Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 dirancang dengan case stainless steel, sapphire crystal, dan tahan air hingga 100 meter. Di bawah caseback terdapat movement mechanical chronograph in-house calibre 8R46 dengan column wheel dan vertical clutch architecture.

Baca juga : Deretan Jam Tangan Seiko Terlaris Tahun Desember 2022
Tampilan Seiko Prospex Speedtimer SRQ045
Tampilan Seiko Prospex Speedtimer SRQ045
Sumber: Monochrome-watches.com

Berkat teknologi MEMS atau Micro-Electro-Mechanical Systems dalam pembuatan material escapement, hal ini membuat komponen escapement memiliki bobot ringan. Jam tangan ini juga punya power reserve hingga 45 jam dan 28.800 vibrations/hour (4Hz). Untuk strap, Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 menggunakan leather strap berwarna hitam dengan black-coated triple-folding clasp.

Baca juga : Cara Mengatur Tanggal dan Hari di Jam Tangan Automatic Seiko

Rencananya, Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 mulai tersedia pada Februari 2023 dengan harga EUR3.000 atau Rp48,9 jutaan dan diproduksi sebanyak 600 pieces di seluruh dunia. Koleksi yang terbatas ini membuat jam tangan ini lebih eksklusif. Jika kamu tidak mau ketinggalan perilisan jam tangan satu ini dan ingin memilikinya, tunggu saja kehadirannya di Jamtangan.com. Selain itu, kamu juga masih bisa mendapatkan jam tangan Seiko Speedtimer lainnya di Jamtangan.com.

Referensi:

https://monochrome-watches.com/hands-on-full-black-seiko-prospex-speedtimer-chronograph-limited-edition-srq045-specs-price/

https://www.seikowatches.com/id-id/news/20220809

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Review Jam Tangan Seiko Prospex Shogun

Review Jam Tangan Seiko Prospex Shogun: SPB191J1 dan SPB189J1

Next Article
TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition

TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition Panda dengan Style Retro

Related Posts
Total
0
Share