Prospex SLA065 Limited Edition, Seiko Diver High-End dari Koleksi Save the Ocean

Prospex SLA065 Limited Edition
Prospex SLA065 Limited Edition

Terakhir diubah pada 2023/01/15 at 7:08pm oleh Contributor

Apakah kamu pecinta Seiko Diver? Jika iya, kamu pasti senang dengan kabar baru dari brand asal Jepang ini. Koleksi Save the Ocean Seiko Prospex Diver akan memiliki anggota baru yaitu Seiko Prospex SLA065 Limited Edition yang merupakan reinterpretasi dari 62MAS.

Reinterpretasi modern dari 62MAS
Reinterpretasi modern dari 62MAS
Sumber: Seikowatches.com

62MAS memang pantas mendapat julukan legendaris karena menginspirasi banyak model Seiko Prospex Diver untuk generasi selanjutnya. Nah, buat kamu yang penasaran dengan spesifikasi Seiko Prospex SLA065, yuk ikuti ulasan selengkapnya dari Minwatch.

Deretan Jam Tangan Seiko Terlaris Tahun Desember 2022

62MAS Menjadi Inspirasi dari Seiko Diver Generasi Selanjutnya

Seiko 62MAS
Seiko 62MAS
Sumber: Seikowatches.com

62MAS adalah Seiko Diver pertama asal Jepang yang diluncurkan pada 1965. Seiko Prospex Diver menawarkan daya tahan luar biasa, fungsi jam tangan yang mudah digunakan, dan waktu presisi saat digunakan untuk menyelam. Sebagai jam tangan diver pertama, 62MAS menjadi inspirasi dari berbagai model Seiko Diver generasi selanjutnya. Salah satunya adalah Seiko Prospex SLA065.

Seiko Presage Laurel Re-Edition Siap Diluncurkan Saat 110th Anniversary Laurel 2023

Pengaruh Desain 62MAS pada Seiko Prospex SLA065

Seiko Prospex SLA065 terinspirasi dari 62MAS
Seiko Prospex SLA065 terinspirasi dari 62MAS
Sumber: Seikowatches.com

Tampilan Seiko Prospex SLA065 terlihat mirip dengan 62MAS. Desain dari anggota baru Save the Ocean ini memang merupakan interpretasi baru dari 62MAS. Bagian dial SLA065 memberi kesan pada sinergi teknologi dan pelayaran yang usianya sudah berabad-abad.

Case Seiko Prospex SLA065 berdiamater 41,3 mm dan ukurannya lebih besar dibandingkan 62MAS yang berdiameter 38 mm. Jam tangan Seiko Diver ini telah mendapatkan update fitur-fitur modern pada beberapa bagian jam tangan.

Grand Seiko Heritage SBGY011 Asaborake Terinspirasi dari Kabut Pagi di Waktu Fajar

Bagian Dial Seiko Prospex SLA065 Terinspirasi dari Astrolabe

Pola dial Seiko SLA065
Pola dial Seiko SLA065
Sumber: Seikowatches.com

Sebagai bagian dari misi Prospex untuk berkontribusi pada pelestarian laut, Seiko memberi dukungan pada proyek arkeologi bawah laut yang bertujuan untuk mengeksplorasi situs bersejarah. 

Salah satunya berlokasi dekat dengan Pulau Fournoi, Yunani, dengan banyak bangkai kapal tenggelam dari abad ke-4 Masehi. Di sana, peneliti menggali bangkai kapal untuk mempelajari sistem perdagangan laut di Laut Tengah saat itu. 

Seiko Prospex Save the Ocean Special Edition Diluncurkan Untuk Dukung Pelestarian Ekosistem Laut

Dial Seiko SLA065 terinspirasi dari astrolabe
Dial Seiko SLA065 terinspirasi dari astrolabe
Sumber: Seikowatches.com

Dari proyek tersebut, Seiko pun terinspirasi untuk merancang pola dial Seiko Prospex SLA065 dengan astrolabe. Bentuk astrolabe yang seperti piringan dengan pola tumpang tindih rumit tampak pada pola dial SLA065 dengan tampilan artistik. 

Astrolabe sendiri adalah alat navigasi kuno yang digunakan pelaut zaman dahulu untuk menentukan garis lintang dan waktu dari lokasi pelaut berdasarkan posisi bintang dan matahari sehingga bisa membantu navigasi.

Spesifikasi Seiko Prospex SLA065

Calibre 8L35
Calibre 8L35
Sumber: Seikowatches.com

Seiko Prospex SLA065 dirancang dengan automatic calibre 8L35 dengan frekuensi 28.800 beat per jam, power reserve 50 jam, dan akurasi -10 sampai +15 detik per hari. Calibre 8L35 ini merupakan basis dari calibre Grand Seiko 9S55 yang dikategorikan sebagai Seiko high-end.

Seiko Prospex SLA065 dirancang dengan double-domed sapphire crystal dan inner AR coating, serta tahan air hingga 200 meter. Super-hard coating pada case stainless steel membuatnya lebih tahan terhadap goresan.

Jarum jam dan indeks diisi dengan LumiBrite dan strap terbuat dari silikon. Sementara itu, bagian case dengan Zaratsu-polished membuatnya memiliki tampilan halus, sangat mengilap seperti cermin. 

Review Seiko SPB317: Interpretasi dari Seiko Divers Legendaris

Rencananya, Seiko Prospex SLA065 Limited Edition hanya diproduksi 1.300 pieces dan mulai tersedia pada Februari 2023. Jam tangan ini dibanderol €3.000 atau sekitar Rp49,5 jutaan, kamu tertarik memilikinya? Tunggu tanggal mainnya di Jamtangan.com ya! Nah, kalau kamu ingin mengoleksi jam tangan Seiko lainnya, cek saja di Jamtangan.com.

Referensi:

https://www.seikowatches.com/id-id/news/20230111

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Mido Commander IBA Limited Edition

Mido Commander IBA Limited Edition Terinspirasi dari Desain Arsitektur Menara Eiffel

Next Article
big crown 403

Big Crown Calibre 473 Diluncurkan Pada Satu Dekade Oris Movement

Related Posts
Total
0
Share