Review AVI-8 Hawker Hurricane, Pilot Watch Paling Kontemporer

Review AVI-8 Hawker Hurricane
Review AVI-8 Hawker Hurricane

Review AVI-8 Hawker Hurricane tidak terlepas dari nilai sejarah yang tertanam di dalamnya. AVI-8 Hawker Hurricane AV-4097-03 merupakan pilot watch yang hadir sebagai bentuk penghormatan pada pesawat tempur Hawker Hurricane yang ikonik dan pilotnya Arthur Clowes. Pesawat ini digunakan oleh para pilot Inggris pada Perang Dunia kedua pada tahun 1939. AVI-8 Hawker Hurricane AV-4097-03 hadir sebagai pilot watch yang kontemporer dengan nilai sejarah yang mewakili keunggulan pilot pada masanya. Penasaran dengan detailnya?  Simak terus ulasan Minwatch mengenai AVI-8 Hawker Hurricane AV-4097-03 di sini.

Artur Clowes.
Artur Clowes.
Sumber: 12and60.com.

Inspirasi AVI-8 Hawker Hurricane: Desain dari Pesawat Tempur Hawker Hurricane, Inggris

Mari kita mulai membahas review AVI-8 Hawker Hurricane dari cerita dibalik nama Hurricane. Pilot watch ini hadir sebagai bentuk penghormatan pada pesawat tempur Hawker  Hurricane yang digunakan pada masa Perang Dunia kedua oleh pilot Arthur Clowes. 

Hawker Hurricane sendiri adalah sebuah pesawat tempur bermesin tunggal yang dibuat pada tahun 1930-40an oleh Inggris. Pesawat tempur Hawker Hurricane menjadi andalan pilot pada masa itu karena fungsinya yang memukau. Pesawat tempur ini memiliki fitur antara lain sebagai pesawat pencegat pengebom, pesawat tempur pengebom, dan pesawat serang. Untuk itu AVI-8 menghadirkan AVI-8 Hawker Hurricane. 

Baca juga : 10 Selebriti Dunia Kolektor Jam Tangan Mewah

Memiliki nama lengkap AVI-8 Hawker Hurricane AV-4097-01 Clowes, yang merupakan penghormatan pada Hawker Hurricane dan pilotnya. Nama Clowes pada jam tangan diambil untuk menghormati fighter ace yaitu Arthur Clowes. Fighter ace adalah julukan yang digunakan pada penerbang militer yang berhasil menembak jatuh lima atau lebih pesawat musuh selama pertempuran udara berlangsung. Clowes bertugas di Skadron No.1 RAF selama tiga tahun pertama perang, di mana dia menerbangkan Hawker Hurricane.

Seiko 5 Automatic Pilot SRP615K1

AVI-8 Hawker Hurricane AV-4097-01 Clowes.
AVI-8 Hawker Hurricane AV-4097-01 Clowes.
Sumber: 12and60.com.

Brand AVI-8 didirikan pada tahun 2012, dengan rata-rata koleksinya terinspirasi dari keunggulan desain antara pilot dan dunia penerbangan di seluruh dunia. Kombinasi desain, detail, dan semangat ini telah menghasilkan kesuksesan AVI-8. Setiap koleksinya merupakan penghormatan eksplisit kepada pesawat, orang, dan sejarah penerbangan militer. Setiap jam tangan AVI-8 memberikan detail dan cerita yang menginspirasi sehingga menyenangkan untuk digunakan. 

AVI-8 Hawker Hunter AV-4080-03 Duke punya strap yang terbuat dari bahan kulit berwarna hijau gelap. Jam tangan military ini juga punya fungsi chronograph dengan movement mecha-quartz sehingga putaran jarum detik stopwatch akan menyapu seperti pada mehanical chronoghraph. Untuk harganya, jam tangan ini dibanderol dengan harga Rp2 juta-an saja.

AV-8 berangkat dari sejarah dunia penerbangan.
AV-8 berangkat dari sejarah dunia penerbangan.
Sumber: AVI-8.com.

Fitur AVI-8 Hawker Hurricane

Sekarang kamu sudah mengetahui kisah menarik di balik pembuatan jam tangan ini. Selanjutnya, mari kita review AVI-8 Hawker Hurricane secara lengkap. Minwatch akan membahasnya mulai dari dial, strap hingga movement.

1. Dial: Jarum jam dan menit 3D, dengan jarum detik seperti pesawat tempur

AVI-8 Hawker Hurricane menggunakan sapphire crystal dengan lapisan anti-reflective. Sapphire crystal yang dilapisi dengan lapisan anti refleksi cahaya, membuat kristal ini tahan terhadap pantulan cahaya. Dengan begitu tampilan jam ini akan memberikan kristal yang jernih dan jam mudah dibaca dari berbagai sisi. Jam tangan ini memiliki Type-B layout dengan menggunakan standar desain Flieger, sehingga membuat jam tangan ini luar biasa dibanding pilot watch pada umumnya.

Untuk jarum jam dan menit menampilkan efek 3D yang memberikan kesan menarik pada dial. Dialnya sendiri memiliki camouflage pattern yang merupakan keunggulan dari pesawat tempur Hawker Hurricane. Selain itu jam tangan ini memiliki jarum jam yang unik yaitu seperti pesawat tempur.

Kamu juga bisa melihat siluet “Hurricane” pada dial, lalu terdapat kode identifikasi pesawat untuk Clowes’s Hurricane – JXB, dengan RAF Roundel di dekat penunjuk tanggal. Di atas menit ke 6, terdapat tulisan dalam bahasa Latin “In Omnibus Princeps“, yang berarti “Pertama Dalam Segala Hal”. Makna tersebut dijadikan motto Squadron No.1 RAF.  

Squadron No.1 RAF merupakan pesawat terbang militer pertama Angkatan Udara Britania Raya. Pesawat tersebut merupakan salah satu pesawat pertama yang menggunakan vertical take-off and landing. AVI-8 Hawker Hurricane memiliki jarum menit di atas simbol segitiga (angka 120) dengan warna merah, putih, dan biru untuk meniru kilatan sirip yang dilukis di ekor pesawat Royal Air Force.

Review Garmin D2 Delta PX – Smartwatch Bergengsi untuk Pilot

AVI-8 Hawker Hurricane Dial.
AVI-8 Hawker Hurricane Dial.
Sumber: 12and60.com.

2. Strap: Leather strap 22mm

AVI-8 Hawker Hurricane  hadir dengan leather strap berukuran 22mm. Warna coklat strap jam tangan ini menambah kesan klasik dan vintage look. Leather strap pada jam tangan ini cukup tebal sehingga cocok dengan desain jam tangan ini. 

AVI-8 Hawker Hurricane Strap.
AVI-8 Hawker Hurricane Strap.
Sumber: 12and60.com.

3. Case & crystal: Brush case & kristal safir

Case jam tangan ini memiliki tampilan yang tajam, dengan permukaan yang di brush sehingga memiliki hasil akhir yang begitu halus. AVI-8 Hawker Hurricane dilengkapi crown yang ukurannya dapat dibilang cukup besar, sehingga mudah digunakan pilot ketika dioperasikan. Selain itu sapphire crystal pada jam pilot merupakan kelebihan sehingga memberikan ketahanan pada goresan.

AVI-8 Hawker Hurricane Case.
AVI-8 Hawker Hurricane Case.
Sumber: 12and60.com.

Parnis Pilot, Terinspirasi Desain Jam Era Perang Dunia Kedua

4. Lume

AVI-8 Hawker Hurricane memiliki dial yang sangat mudah dibaca. Umumnya jam tangan pilot memang harus memiliki tingkat keterbacaan yang baik, karena cenderung digunakan pada penerbangan yang membutuhkan ketepatan dan keaturan. Jam tangan ini juga memiliki lume yang terang di jam pilot agar mudah dibaca dikondisi cahaya minim oleh pilot untuk keperluan aviasi.

AVI-8 Hawker Hurricane Lume.
AVI-8 Hawker Hurricane Lume.
Sumber: 12and60.com.

5. Water resistant: 50 meter

AVI-8 Hawker Hurricane memiliki water resistant hingga 50 meter. Cukup aman bila kamu gunakan saat hujan atau terkena percikan air ringan. Namun bila dibandingkan dengan pilot watch lainnya, AVI-8 Hawker Hurricane memiliki ketahanan air yang cukup standar. Namun karena ini jam Pilot yang diperuntukan untuk digunakan di udara, water ressist tidak terlalu dibutuhkan.

Baca juga : 7 Merek Jam Tangan Asal Swiss yang Harus Kamu Tau

Keterangan kedalaman water resistant ini dapat dilihat pada dial jam tangan, di bawah simbol segitiga (angka 12), dengan tulisan “165 feet” yang ditulis dengan warna merah.

AVI-8 Hawker Hurricane Water Resistance.
AVI-8 Hawker Hurricane Water Resistance.
Sumber: 12and60.com.

Big Crown ProPilot X Calibre 115, Dobrakan Baru bagi Oris

6. Dimensi

AVI-8 Hawker Hurricane memiliki diameter 46mm, dengan lug to lug 55mm, dan ketebalan 13,5mm.Ukuran yang besar ditujukan agar jam ini mudah dibaca oleh pilot. 

AVI-8 Hawker Hurricane Crown.
AVI-8 Hawker Hurricane Crown.
Sumber: Jamtangan.com.

7. Movement: Seiko NH series automatic movement

Ditenagai dengan Seiko NH-series automatic movement, dilengkapi dengan 21 jewels, a 3Hz beat rate, dan  41-hour power reserve. Calibre Seiko NH series dikenal memiliki ketahanan yang unggul dan solid movement. Namun movement ini tidak memiliki hacking feature sheingga jarum detik tetap berputar meskipun crown ditarik.

AVI-8 Hawker Hurricane Crown.
AVI-8 Hawker Hurricane Crown.
Sumber: 12and60.com.

Kelebihan dan Kekurangan AVI-8 Hawker Hurricane

Kelebihan

1. Terinspirasi sejarah aviasi: Penghormatan pada Hawker Hurricane dan pilotnya

Jam tangan ini merupakan penghormatan pada Hawker Hurricane dan pilot Clowes yang bertugas di Skuadron No.1 RAF, di mana dia menerbangkan Hawker Hurricane. Oleh karena itu, menamai jam tangan ini menurut nama pesawat dan pilotnya merupakan pilihan yang tepat.

2. Mudah untuk dibaca: terdapat lume 

Jam tangan ini memiliki lume yang sangat bagus, dan Minwatchcukup terkesan dengan cahaya stabil yang terpancar dari tangan dan angka.

Jam tangan pilot yang berikutnya yaitu AVI-8 SpitfireAVI-8 didirikan pada tahun 2012, merupakan jam tangan yang terinspirasi dari kolaborasi antara pilot dan insinyur yang bertugas di angkatan udara di seluruh dunia. Kombinasi desain dan detailnya menghasilkan kesuksesan AVI-8. Berangkat dari sejarah penerbangan militer yang membawanya berkembang hingga saat ini menghidupkan kembali AVI-8 sebagai jam tangan pilot yang terjangkau di kelasnya.

Kekurangan

1. Movement yang digunakan tidak memiliki fitur hack & hand winding

Movement yang digunakan tidak memiliki fitur hack & hand winding. Jam tangan ini akan lebih bagus menggunakan movement NH series seperti NH 35 yang sudah memiliki fitur hack dan hand winding.

Oris ProPilot X Calibre 400: Semakin Andal & Lebih Sederhana

2.Water resistant 50 meter

AVI-8 Hawker Hurricane memiliki ketahanan air yang cukup standar dan dapat dikatakan kurang begitu dalam. Namun untuk jam pilot, water resistance dalam merupakan ketidakharusan, karena diciptakan untuk dipakai di udara.

AVI-8 Hawker Hurricane Detail.
AVI-8 Hawker Hurricane Detail.
Sumber: Jamtangan.com.
Baca juga : 7 Rekomendasi Jam Tangan Otomatis Anti Air, Cocok untuk Penyelam

Spesifikasi AVI-8 Hawker Hurricane AV-4097-01

  • Material: Stainless Steel
  • Genre: Pilot Watch
  • Movement: Seiko NH-series automatic movement
  • Strap: Leather
  • Water Resistant: 50 meter
  • Diameter: 46mm
  • Thickness: 13.5mm
  • Lug to lug: 55mm
Spesifikasi Jam Tangan AVI-8 Hawker Hurricane
Spesifikasi Jam Tangan AVI-8 Hawker Hurricane

Apakah Review AVI-8 Hawker Hurricane membuat kamu tertarik? Kamu bisa mendapatkan jam tangan AVI-8 Hawker Hurricane dengan harga Rp 1,825 juta  di Jamtangan.com. Beli jam tangan di Jamtangan.com terpercaya, bergaransi dan #PastiOri!

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

https://12and60.com/avi-8-hawker-hurricane-clowes-automatic-review/
https://avi-8.com/pages/our-story

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article

Belanja Jam di Toko Machtwatch Bisa Dapat Angpau!

Next Article
brand jam tangan edisi imlek

Brand Jam Tangan Dunia Ikut Merayakan Tahun Baru Imlek 2023 (PART 2)

Related Posts
Total
0
Share