Review Jam Tangan Seiko Prospex “Arnie”: Versi Modernnya “Arnie” Arnold Schwarzenegger

Review Jam Tangan Seiko Prospex “Arnie”
Review Jam Tangan Seiko Prospex “Arnie”

Terakhir diubah pada 2023/01/16 at 5:37pm oleh Contributor

Berbicara soal review jam tangan Seiko Prospex Arnie nggak luput dari nama Arnold Schwarzenegger. Fakta bahwa Arnold Schwarzenegger mengenakan Seiko H558-5009 di film Commando (1985) dan Predator (1987) membuat jam tangan ini mendapat julukan “Arnie”. Kali ini Seiko Prospex “Arnie” hadir dalam versi yang lebih modern melalui Seiko Prospex SNJ025P1. Seperti apa spesifikasinya? Simak terus ulasan Minwatch tentang review jam tangan Seiko Prospex “Arnie” berikut ini!

Arnold Schwarzenegger menggunakan Seiko Arnie tahun 1987 pada film Predator.
Arnold Schwarzenegger menggunakan Seiko Arnie tahun 1987 pada film Predator.
Sumber: Hodinkee.com.

Seiko Memperkenalkan Tiga Seri Terbaru Seiko Prospex Solar Speedtimer Chronograph

Asal Mula Julukan “Arnie”

Review jam tangan Seiko Prospex Arnie Seiko SNJ025 tidak luput dari pendahulunya yaitu Seiko H558-5009. Tentu saja karena Seiko SNJ025 adalah interpretasi modern dari jam tangan yang dikenakan Arnold Schwarzenegger yaitu Seiko H558-5009 yang dirilis pada tahun 1982. “Arnie” sendiri merupakan nama panggilan atau nickname Arnold Schwarzenegger semasa kecil hingga saat ini. Arnold Schwarzenegger kerap kali menggunakan Seiko H558-5009 di film Commando (1985) dan Predator (1987) sehingga jam tangan tersebut mendapat julukan Arnie.

Film-film dan sejarah bahwa Seiko yang satu ini dekat dengan Arnold Schwarzenegger,  membuat jam tangan ini begitu ikonik lekat dengan image kuat dan sporty yang cocok dalam situasi apapun. Image kuat tersebut semakin dikuatkan pada sosok Arnold Schwarzenegger yang menggunakan Seiko miliknya pada film laga yang memacu adrenalin.

Seiko SNJ025 sebagai versi modern dari pendahulunya bagaikan survival gear yang sporty, mempunyai tampilan yang berani, awet dan memiliki tingkat keterbacaan yang mudah.

Prospex SLA065 Limited Edition, Seiko Diver High-End dari Koleksi Save the Ocean

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie di Pergelangan Tangan.
Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie di Pergelangan Tangan.
Sumber: Millenarywatches.com.

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie – Overview

Review jam tangan Seiko Prospex Arnie berikutnya akan dibahas dari perspektif estetika dan juga desain. Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie tersedia dalam tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih. Dari ketiga pilihan warna ini, Seiko Prospex SNJ025P1 lah yang paling mirip dengan tampilan Seiko H558-5009 yang dikenakan Arnold Schwarzenegger. Sehingga sangat jelas bila kamu menentukan pilihan pada model yang satu ini!

Baca juga : Seiko Prospex Monster, Segarang Monster

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie merupakan jam tangan ana-digi karena memiliki kombinasi layar digital dengan tampilan analog untuk penunjuk waktu. Jam tangan ini dibuat dan didesain sebagai jam tangan menyelam (dive watch). Pada jam tangan ini terlihat jelas bahwa Seiko memberikan tampilan yang luar biasa, sehingga membuat jam tangan ini lebih sporty, awet dan kuat. Jam tangan ini dapat menjadi salah satu atribut menyelam yang dapat mendampingi kamu di laut yang dalam.

Mengagumi Seiko Prospex “Baby Tuna” Special Edition

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie.
Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie.
Sumber: Millenarywatches.com.

Baca juga: Review Seiko SPB317: Interpretasi dari Seiko Divers Legendaris

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie – Case & Strap

Review jam tangan Seiko Prospex Arnie berikutnya yaitu pada case. Jam tangan ini memiliki case 47.8mm dengan ketebalan 14.4mm dan lug-to-lug 51.3mm. Ukuran ini benar-benar selaras dengan konsep jam tangan yang mewakili Arnold Schwarzenegger, yang memiliki pergelangan tangan besar dan tebal. Dengan size yang cukup besar, jam tangan ini akan membuat pergelangan tangan kamu menjadi pusat perhatian dan menambah kesan sporty saat menggunakannya.

Walaupun memiliki dimensi yang besar, namun jangan khawatir karena jam tangan ini cukup ringan dengan berat 11.2oz atau 317.5 gram. Jam tangan ini memiliki proporsi yang begitu sempurna di pergelangan tangan kamu. 

Memiliki tampilan berwarna hitam pekat yang mengelilingi case dengan material stainless steel, membuat jam tangan ini semakin kokoh. Dengan ketahanan terhadap guncangan dan benturan, case jam tangan ini sudah pasti tidak ringkih baik di darat maupun di laut.

Tidak sedikit orang yang masih bingung cara mengatur tanggal pada jam tangan automatic, khususnya pengguna baru. Walaupun terlihat sepele dan tak terlalu susah, cara setting tanggal yang keliru dapat merusak mekanisme pada mesin jam tangan atau movement-nya. Jadi, kamu jangan asal-asalan saat mengatur waktu khususnya fitur tanggal pada jam tangan kesayanganmu.

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie Strap.
Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie Strap.
Sumber: Millenarywatches.com.

Sebagai jam tangan selam, tentunya Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie juga dilengkapi dengan bezel yang memiliki putaran satu arah, dengan skala perputaran selama 60 menit. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan luminous pip yang dapat bercahaya dan terletak di atas angka 12.

Walaupun besar, jam tangan ini memiliki strap yang begitu nyaman karena memiliki lug dengan ukuran yang relatif pendek dan tidak terlalu menonjol dari casingnya. Jam tangan ini memiliki crown berbentuk silinder yang kelihatan cukup besar di dekat angka 3. Walaupun cukup besar, ukurannya sangat ideal untuk jam tangan ini sehingga mudah untuk dioperasikan.

Pada penunjuk jam 8 dan 10 terdapat 2 crown tambahan yang merupakan pusher yang digunakan untuk mengoperasikan fungsi jam tangan. Di bagian atas case, jam tangan ini memiliki kristal Hardlex.

Untuk menemani aktivitas penyelaman kamu, jam tangan ini memiliki fitur water resistance sedalam 200m. Dengan ketahanan air ini cukup untuk menemani kamu dalam segala situasi aktivitas air tanpa merusak jam tangan ini. 

Seiko LAND Prospex, Teman Setia Petualang

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie Case.
Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie Case.
Sumber: Millenarywatches.com.

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie – Movement, Dial & Functions

Review jam tangan Seiko Prospex Arnie berikutnya yaitu pada movement, dial dan function. Jam tangan ini ditenagai dengan Solar Quartz Movement dengan kaliber H851 yang menggabungkan waktu digital dan analog. Energi matahari yang dihasilkan digunakan juga untuk menghasilkan energi untuk baterai.

Movement Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie merupakan peningkatan dari seri pendahulunya yang digunakan Arnold. Disempurnakan dengan fitur solar power, battery check system, dan zona waktu. Walaupun LCD display di bagian atas cukup kecil, namun tetap memiliki tingkat keterbacaan yang relatif baik. Hal itu tidak terlepas juga dengan bantuan backlight yang membantunya semakin jelas.

Baca juga : 3 Seri Klasik Seiko Diver: Prospex Re-Interpretation 1968

Pada display analog juga memiliki Lumibrite yang mengeluarkan cahaya cukup terang pada kondisi cahaya yang minim, sehingga memiliki tingkat keterbacaan yang baik apalagi dengan kontras latar belakang berwarna hitam. Dilengkapi juga penunjuk jarum jam dan menit yang cukup besar, dengan penunjuk jarum jam dan menit yang menggunakan Lumibrite. 

Jam tangan ini memiliki crown pada sisi kiri case yang merupakan pusher yang digunakan untuk mengoperasikan beberapa fungsi. Namun untuk mengoperasikannya, kamu perlu untuk melepaskan jam tangan kamu terlebih dahulu. Namun walaupun jam tangan ini merupakan diver watch yang memiliki ketahanan air cukup dalam, kamu perlu memastikan untuk crown tersebut dalam keadaan tertutup.

Pertama kali diperkenalkan ke publik tahun 2019, Seiko LX nampaknya jadi godaan tersendiri bagi para pecinta Seiko dive watch. Nama LX sendiri berasal dari ejaan bahasa latin yang bermakna cahaya. Uniknya, Seiko LX dinamai demikian karena setiap sudut permukaannya akan berkilau lembut jika terkena cahaya.

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie Fitur.
Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie Fitur.
Sumber: Millenarywatches.com.

Lalu pada bagian sisi kanan case dekat angka 10, terdapat crown di bagian atas yang digunakan untuk power backlight yang juga merupakan aktivator untuk fungsi chronograph. Crown lainnya yang berada di sisi bawah di dekat angka 8, digunakan untuk mengatur layar digital. Melalui kedua crown tersebut, kamu dapat mengakses calendar, local time, and second-time zone, dan juga alarm.

Solar panels berada di sisi belakang dial yang mana mengubah cahaya matahari dan cahaya di sekitarnya menjadi energi untuk menggerakkan jam tangan ini. Jam tangan ini memiliki power reserve selama 6 bulan karena memiliki fungsi solar yang sangat bagus.

Baca juga: Mengenal Teknologi Movement Seiko

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie – Strap

Review jam tangan Seiko Prospex Arnie berikutnya yaitu pada strap. Terlepas dari dimensinya yang cukup besar, ternyata jam tangan ini memiliki respon yang baik dari para penggunanya karena sangat cocok melekat di pergelangan tangan. Jam tangan ini memiliki silicone strap berukuran 22m, tampak ideal disandingkan dengan desain lug yang simple. Silicone strap membuat jam tangan Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie menjadi lebih kuat, awet dan tahan air.

5 Rekomendasi Jam Tangan Seiko Reissue Paling Ikonik

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie Strap.
Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie Strap.
Sumber: Millenarywatches.com.

Seiko Prospex SNJ025P1 Arnie di Jamtangan.com

Kabar gembiranya, sekarang kamu bisa dapatkan Seiko Prospex Anie di Jamtangan.com. Untuk lebih ringkasnya kamu bisa cek spesifikasinya di sini:

Seiko Prospex SNJ025P1.
Seiko Prospex SNJ025P1.
Sumber: Jamtangan.com.
Baca juga: Siap Diserbu, Seiko Prospex Black Series Telah Kembali

Seiko kembali meluncurkan jam tangan Prospex baru, yaitu Seiko Prospex SNJ039P1 ‘Arnie’ dan Seiko Prospex SRPJ35K1 ‘Turtle’ Special Editions. Kedua jam tangan tersebut merupakan edisi spesial yang dirancang dengan bezel insert berwarna biru dan hijau.

Melihat spesifikasi dan latar belakangnya, nggak salah kalau jam tangan Seiko Prospex Arnie ini begitu populer. Dengan harga Rp 4,12 juta-an kamu sudah bisa mendapatkan jam tangan Seiko yang legend, awet dan kuat. Jam tangan ini tidak hanya cocok untuk Arnold Schwarzenegger saja, tapi juga cocok untuk kamu yang berjiwa sporty. Beli jam tangan Seiko Prospex Arnie di Jamtangan.com dijamin #PastiOri dengan harga bersaing!

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

https://www.hodinkee.com/articles/seiko-prospex-snj025-aka-the-2019-arnie-hands-on
https://millenarywatches.com/seiko-arnie-snj025-review/
https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-snj025p1-solar-baselworld-2019-digiana-dial-water-resistance-200m-black-rubber-strap-220521

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
rekomendasi jam tangan digital murah

7 Jam Tangan Digital Murah Di Bawah 1 Juta!

Next Article
Jam Tangan Richard Mille Termahal

10 Jam Tangan Richard Mille Termahal

Related Posts
Total
0
Share