Hideo Kato, Leader of Product Design Orient: Menciptakan Keseimbangan Modern dan Klasika

interview dengan product desain orient
interview dengan product desain orient

Jam tangan Orient merupakan salah satu brand yang dikenal akan desainnya yang mengagumkan. Brand asal Jepang ini sudah lahir sejak 1950, jam terbang yang tinggi pun membuat Orient melahirkan koleksi-koleksi jam tangan yang memiliki desain memukau. Salah satu seri Bambino yang merupakan dress watch popular jebolan Orient. Hideo Kato, merupakan nama di balik kesuksesan desain jam tangan Orient. Simak terus bagaimana Hideo Kato menciptakan keseimbangan modern dan klasik pada jam tangan Orient berikut ini.

Jam tangan Orient.
Jam tangan Orient.
Sumber: https:Ablogtowatch.com.

Mungkin banyak bertanya-tanya mengapa jam tangan Orient dibuat tiruannya?  Bahkan tidak sedikit juga lho orang-orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang membeli jam tangan palsu. Untuk itu kamu perlu mengetahui 6 ciri-ciri jam tangan Orient asli supaya tidak terkecoh dengan yang palsu.

Sejak tahun 2017, jam tangan Orient sudah menjadi bagian dari Seiko Epson Corporation. Banyak kolektor dan pecinta jam tangan yang menemukan jam tangan pertamanya melalui Orient seperti koleksi Kamasu atau dress watch Bambino. Ada juga Orient Star dengan harga yang relatif lebih tinggi dengan movement dan sentuhan desain yang lebih mewah.

Dengan berbagai koleksi yang ditawarkan, peran desain sangat penting bagi jam tangan Orient. Peran desainer tidak hanya mengerjakan desain jam tangan yang berbeda, namun juga mendesain berbagai opsi ukuran, hingga desain re-editions dari model jam tangan yang popular. Semuanya harus dilakukan sesuai dengan karakter dan estetika jam tangan Orient.

Proses desain tidak terbilang mudah, karena itu Hideo Kato Leader of Product Design dari jam tangan Orient lah merupakan sosok yang tepat untuk menjelaskan hal ini. Sudah merancang jam tangan Orient sejak 30 tahun lamanya, Hideo Kato juga mengawasi seluruh proses kreatif untuk semua jam tangan Orient dan Orient Star. Inilah yang mengantarkan Orient menjadi jam tangan asal Jepang paling diminati penggemarnya. 

Rahasia Populernya Orient Mako dan Ray

Awal Mula Hideo Kato Terjun ke Dunia Desain Jam Tangan 

Hideo memulai kariernya sebagai desainer jam tangan. Meskipun memiliki latar belakang desain industri di universitas, Hideo selalu tertarik dengan fashion. Tepat setelah Hideo menemukan tentang bagaimana proses pembuatan jam tangan, Hideo menemukan jalan tengah yang sempurna antara fashion dan desain industri, sehingga memutuskan terjun ke dunia desainer jam tangan.

Sudah 30 tahun Hideo dan Orient berpegang teguh dalam proses pembuatan jam tangan ini. Orient akhirnya berfokus pada membangun citra tidak hanya berdasarkan ketangguhan tetapi juga keindahan atau estetika. 

Misalnya, saat memilih warna dial, Orient tidak hanya ingin menciptakan sesuatu yang indah namun juga benar-benar mempertimbangkan bagaimana warna dial  akan mempengaruhi perasaan dan emosi yang mungkin ditimbulkan bagi konsumen. Karena itu proses desain memegang peranan penting, agar dapat menyampaikan konsep untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai.

Menjelajahi Peta Dunia dengan Orient Revival World Map

Proses Desain Jam Tangan Orient

Hideo mengawali proses desain jam tangan Orient dengan membuat konsep desain terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan beberapa sketsa ide yang sekiranya dapat mewujudkan konsep desainnya. Dilanjutkan dengan melakukan rendering untuk mempersempit pilihan sketsa, sehingga desain akhir dapat diputuskan. Selanjutnya, Hideo membuat gambar 3D yang dilanjutkan dengan prototype desain jam tangan.

Biasanya hanya ada satu orang yang bertanggung jawab atas desain, tetapi untuk produk dengan banyak elemen desain dan tingkat kesulitan yang tinggi, beberapa desainer akan bergabung menyatukan ide. 

Menciptakan konsep desain merupakan proses yang Hideo sukai dan merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam proses desain jam tangan Orient. Menciptakan konsep desain merupakan hal yang sangat penting, karena menentukan arah utama desain. Di sini peran Hideo sangat penting untuk mengawasi semua ide akhir.

Tanggung jawab Hideo tidakhanya berhenti di sana. Namun Hideo juga terlibat dalam proses initial design hingga produk dapat menjadi nyata (final product) dan dikenakan. 

Hideo mengakui bahwa dalam proses pembuatan jam tangan banyak menemukan kendala. Namun keinginan untuk membuat jam tangan yang disukai konsumen itulah yang membuat Hideo tetap terinspirasi. Karena merupakan tantangan tersendiri bagi Hideo untuk menciptakan jam tangan yang benar-benar disukai oleh penggemar lama dan baru dari brand Orient.

10 Jam Tangan Unik yang Pernah Ada di 2022

Jam tangan Orient skeleton
Jam tangan Orient skeleton
. Sumber: Ablogtowatch.com.

Karena sifatnya fleksibel untuk dipakai, dress watch sangat layak untuk dikoleksi. Jika sekarang kamu masih bingung memilih dress watch, Minwatch punya rekomendasi beberapa dress watch dari brand asal negeri Sakura ini, Orient.

Baca juga: Orient Neo Classic Sports Collection: Tampil Sporty dan Colorful

Elemen Desain Klasik Jam Tangan Orient

Jam tangan Orient dikenal kaya akan sejarah yang tidak luput dari elemen klasik di dalamnya. Menurut Hideo, elemen desain klasik jam tangan Orient cukup spesifik. Yaitu mulai dari tata letak dial, skeleton expression, dan gradasi pada dial. Hal-hal itulah merupakan atribut paling dikenal dari jam tangan Orient.

Orient juga tetap mengikuti tren global dalam warna dan finishing product, menggabungkannya unsur-unsur tersebut pada dial, untuk memastikan Orient mengikuti tren. Untuk tetap memegang kesan klasik di dalamnya, Hideo mengakui tidak terlalu sering merubah tata letak dial jam tangan Orient.

Hal inilah juga yang menjadi tantangan bagi Hideo untuk tetap bisa menciptakan keseimbangan antara mendesain jam tangan baru dengan menggabungkan desain klasik milik Orient di dalamnya. Hideo selalu mengamati fitur sebelumnya (versi asli) yang akan difokuskan dalam metode dan standar industri jam tangan saat ini.

Inilah 3 Seri Orient yang Rilis pada Anniversary ke-70

Diver 1964 2nd Edition, Memiliki Elemen Core Design yang Diperbaharui

Pada beberapa desain klasik jam tangan Orient seperti Diver 1964 2nd Edition, Orient kerap membuat ulang koleksinya namun dengan tetap mempertahankan fitur unik dari model aslinya. Elemen desain yang dipertahankan pada Diver 1964 2nd Edition yaitu bentuk dan tonjolan bezel yang tetap sama seperti desain sebelumnya.

Bentuk case  tetap mengikuti model aslinya, namun menghadirkan dimensi desain yang lebih modern. Dengan diameter bezel 41mm yang sedikit lebih lebar dan diameter case 40,2mm, Hideo berharap jam tangan ini akan membantu pemakainya untuk penggunaan yang lebih mudah, terutama dalam skenario penyelaman. 

Model baru ini juga dilengkapi dengan ketahanan air 200 meter, dual-curved sapphire crystal, dan in-house F6N47 caliber. Desainnya menarik dan modern meskipun memiliki kesan vintage, dengan Calendar Auto Orient.

Saat memperbarui Diver 1964 2nd Edition, Hideo memperbaiki tekstur dial untuk meningkatkan kesempurnaan produk. Dial dari model aslinya berwarna hitam glossy, tetapi Diver 1964 2nd Edition memiliki warna dial yang lebih dalam dan berkilau. Pembaruan paling mencolok dapat dilihat pada tanda jam dua belas, dimana terdapat trademark power reserve indicator, yang merupakan aspek kunci dari desain modern Orient Star.

Orient Star.
Orient Star.
Sumber: Ablogtowatch.com.
Baca juga: Review Jam Tangan: Orient Bambino, Dresswatch Paling Kekinian

Jam Tangan Orient Kesukaan Hideo

Menurut Hideo jam tangan Orient di masa mendatang akan terus berfokus pada keseimbangan, material yang berinovasi, dan evolusi mesin jam. Namun tentunya tanpa mengubah desain dasarnya. 

Hideo meyakini bahwa nilai desain jam tangan tidak terletak pada seberapa banyak perubahannya, tetapi pada bagaimana jam tersebut tetap sama. Konsepnya sama seperti desain mobil yang hanya berubah sedikit demi sedikit dengan diperkenalkannya setiap model baru.

Jam tangan dengan model yang sama, dapat memiliki daya tarik yang bisa sangat berbeda tergantung hasil akhir, material yang digunakan, dan kilaunya. Seperti salah satu desain favoritnya yaitu Orient Star WZ0031FH yang dirancang pada tahun 2005. Diakuinya jam tangan tersebut merupakan jam tangan dengan desain yang sulit karena memiliki tingkat kerumitan pada komponen eksterior.

Ada juga koleksi jam tangan Orient lainnya yang di desain ulang yaitu Orient’s RA-AR0201B, Retro Future Camera yang terinspirasi dari motif kamera rangefinder tahun 1950-an. Jam tangan ini memiliki power reserve selama 40 jam, ketahanan air 50 meter, dan self-winding Caliber F6S22 movement

Koleksi lainnya yang disukai Hideo adalah Orient Star RE-AU0203B. Karena memiliki dial yang sederhana seperti aviation instrument dengan warna hitam dan putih, memiliki kilau metalik dan memiliki visibilitas yang baik.

Jam tangan Orient.
Jam tangan Orient.
Sumber: Ablogtowatch.com.

Satu Minggu bersama Orient Envoy

Kamu bisa dapatnya jam tangan Orient selengkapnya di Jamtangan.com. Tersedia berbagai macam koleksi mulai dari Orient Classic, Contemporary, Orient Sport, hingga Sports Chronograph. Beli jam tangan di Jamtangan.com #PastiOri dengan harga bersaing.

Oleh: Rahel Humillang

Referensi: https://www.ablogtowatch.com/talking-with-hideo-kato-the-leader-of-product-design-at-orient-watch-company/ 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
perbedaan stainless steel pada jam tangan

Perbedaan 304L, 316L dan 904L Pada Jam Tangan Stainless Steel

Next Article
Open Heart Watch

Open Heart Watch: Sejarah dan 7 Rekomendasi Terbaik

Related Posts
Total
0
Share