Longines Avigation Heritage GMT

Longines Avigation Heritage GMT

Longines  Avigation Heritage GMT merupakan salah satu Heritage series dari Longines. Longines mengeluarkan 3 seri Heritage yaitu Conquest dan Heritage Diver. Avigation Heritage adalah jam tangan dengan desain classic dan robust yang dirancang untuk navigasi dan aviasi. Desain Avigation merupakan desain yang terinspirasi dari jam tangan yang diproduksi untuk tentara Inggris pada 1949. Longines pada masa lalu terkenal menyuplai beberapa kesatuan militer di Eropa, seperti Britsh military dan Czech Air Force.

Longines-Avigation-1

Gambar 1. Longines Avigation Heritage GMT didesain untuk aviation dan navigation.

Desain aviation original dirancang untuk spesifikasi kesatuan militer dengan fitur ketahanan tinggi, legible (mudah dibaca) dan mempunyai ketahanan terhadap gelombang magnet. Avigation mempunyai diameter 44mm yang mendukung fitur legible. Diameter yang besar mempunyai tingkat keterbacaan yang baik. Avigation juga dilengkapi dengan pelindung antimagnetic “faraday cage” yang terbuat dari metal lunak. Faraday Cage melindungi movement dari gelombang magnetic sehingga kinerja movement tidak akan terganggu.

Dial pada Avigation menggunakan desain old pilot style dengan arabic number yang diberi warna putih.  Warna putih pada marker difungsikan agar terlihat kontras dengan warna dial yang hitam, sehingga menambah tingkat keterbacaan. Terdapat juga indikator 24 hours untuk jarum GMT yang diberi warna merah. Dial dilengkapi dengan Longines logo dan tanda panah ke atas yang merupakan tanda yang digunakan oleh pemerintah Inggris untuk semua perlengkapan militernya.

ln049-1

Gambar 2. Desain heritage Longines terinspirasi dari jam tangan Britsh Army pada tahun 1949.

Longines Avigation dilengkapi dengan movement Longines L704 yang mengambil basis dari ETA A07 171. Movement ini mempunyai power reserve 48 jam dan merupakan movemen automatic atau self winding. Avigation dilengkapi juga dengan tali kulit buaya berwarna hitam yang menambah aroma military dan old school design  dari jam ini. Secara keseluruhan Longines Avigation merupakan jam tangan dengan desain Heritage dan merupakan desain legendaris dari desain jam pilot military Longines pada tahun 1949.