Lebih Dekat dengan Pabrik Jam Tangan Swatch Group

pabrik swatch jam tangan
pabrik swatch jam tangan

Terakhir diubah pada 2022/11/30 at 4:01pm oleh Contributor

Mendengar kata Swatch, mungkin mengingatkan kamu akan jam tangan ringan dengan desain artistik. Brand Swatch berada dibawah naungan Swatch Group, yang merupakan holding corporate yang memiliki pabrik jam tangan dari 17 brand terkemuka dan menjadi raja bagi para industri jam tangan saat ini. Swatch Group berhasil melewati krisis dan menjadi produsen nomor 1 di dunia. Yuk, simak ulasan Minwatch berikut ini!

Baca juga : 10 Brand Jam Tangan Pria Termahal di Dunia, Bisa Untuk Investasi Nih!

Profil Swatch Group

Swatch Group merupakan perusahaan multinasional yang berlokasi di Swiss yang berdiri sejak 1983. Swatch Group tidak terlepas dari peran Dr H.C. Nicolas G. Hayek (1928–2010), Ketua dan Delegasi Dewan Direksi Grup Swatch dari 1986 hingga 2010. Berikut adalah ulasan perjalanan dari Swatch Group.

Pada tahun 1983, Hayek berinisiasi untuk menggabungkan ASUAG (Allgemeine Schweizerische Uhrenindustrie AG) dan SSIH (Société Suisse pour l’Industrie Horlogére SA) menjadi entitas tunggal. ASUAG merupakan Grup Industri Jam Tangan Swiss terbesar yang dibentuk dengan bantuan Pemerintah Swiss dan Bank Swiss. Sedangkan SSIH didirikan pada tahun 1930 yang merupakan hasil merger antara Omega dan Tissot. Kedua perusahaan tersebut tumbuh dan mengakuisisi perusahaan lokal lainnya. Meskipun pada tahun 1970-an sempat diterpa badai “quartz crisis”, namun Swatch Group bisa melaluinya.

Baca juga : Deretan Merek Jam Tangan Mewah yang Ternyata Saling ‘Bersaudara’!

Dr h.c. Nicolas G. Hayek. 
Dr h.c. Nicolas G. Hayek. 
Sumber: Swatchgroup.com.

Pada tahun 1998, Hayek melakukan evaluasi dan menggabungkan keduanya (ASUAG dan SSIH) kemudian dikenal sebagai SMH (Société de Microélectronique et d ‘ Horlogerie SA), dan meluncurkan Swatch. Sejak penggabungan menjadi ASUAG-SSIH, berganti nama menjadi Swatch Group pada tahun 1998.

Baca juga : Perjalanan Seiko: Sejarah, Dedikasi dan Inovasi

Di tahun pertama, Hayek berhasil menembus angka penjualan $1,1 miliar dengan memperkenalkan Swatch. Nama Swatch diambil dari singkatan Swiss watch, dan saat itu meluncurkan koleksi pertama yang berupa 12 buah jam tangan Swatch. Peluncuran Swatch sukses dikalangan muda, tanpa mengurangi reputasi yang dimiliki brand kelas atas naungannya. Hayek membawa Swatch Group menjadi produsen yang memiliki fasilitas manufaktur atau pabrik jam tangan terbesar, sehingga disegani oleh dunia, dan mencapai ketenaran di mata industri jam tangan.

Baca juga : Kisah di Balik Brand Fossil yang Mendunia

Swatch Group.
Swatch Group.
Sumber: Swatchgroup.com.

Baca juga: Sejarah Tissot, Dari Le Locle Menuju Pasar Global

Pabrik Jam Tangan Swatch Group

Pabrik jam tangan Swatch Group berlokasi di Swiss merupakan perusahaan induk multinasional yang tersertifikasi aktif dalam pembuatan dan penjualan jam tangan jadi, perhiasan, mesin jam tangan hingga komponen-komponennya. 

Swatch Group memfasilitasi 7 pabrik jam tangan yang memproduksi komponen jam tangan, produk mikro elektronik hingag mesin jam tangan. Berikut adalah daftar dari ke-7 pabrik jam tangan milik Swatch Group yang tersebar mulai dari Swiss hingga Colorado.

  1. Omega production facility in Biel / Bienne.
  2. Omega assembly unit in Villeret, Switzerland.
  3. EM Microelectronic (Marin, Switzerland; Colorado Springs, Colorado, USA; Prague, Czech Republic).
  4. ETA SA Manufacture Horlogère Suisse (Sion, Switzerland; Grenchen, Switzerland; Boncourt, Switzerland).
  5. Renata (Itingen, Switzerland).
  6. Nivarox-FAR S.A. (Le Locle, Switzerland).
  7. Micro Crystal (Grenchen, Switzerland).

Baca juga : Mengenal Awal Mula Seiko dari Kintaro Hattori

Swatch Group dapat dikatakan sebagai pabrik jam tangan terbesar di dunia yang memasok hampir semua komponen jam tangan yang diperlukan dari 17 brand yang dimilikinya. Swatch Group menjadi pihak ketiga sebagai penyedia dan pemasok komponen pembuat jam tangan hingga mesin jam tangan.

Swatch Group mempekerjakan lebih dari 31.000 orang di lebih dari 50 negara, dengan penjualan bersih pada tahun 2021 berjumlah 7,313 miliar franc Swiss.

Baca juga : 5 Merek Jam Tangan Jepang Siap Dukung Berbagai Aktivitas Kamu

Pabrik Jam Tangan Swatch Group.
Pabrik Jam Tangan Swatch Group.
Sumber: Swatchgroup.com.

Baca juga: Deretan Merek Jam Tangan Mewah yang Ternyata Saling ‘Bersaudara’!

Berbagai Brand Hasil Produksi Pabrik Jam Tangan Swatch Group

Jam tangan Swatch menempatkan Swiss sebagai penguasa lebih dari 50 persen pasar dunia di tahun 1993 silam. Brand Swatch yang dibangun diperluas hingga inovasi plastik, inovasi baterai, dan teknologi motor-elektronik. 

Baca juga : 7 Merk Jam Tangan Pria Murah yang Terkenal dengan Desain Classy & Mewah

Saat ini Swatch Group sebagai perusahaan multinasional sudah melebarkan sayapnya tidak hanya pada produk jam tangan, namun juga elektronik. Berikut adalah daftar lini produk dibawah naungan Swatch Group:

  • Watches & jewelry
  • Production antara lain ETA, Nivarox, Universo, Lascor, Meco Suisse, Novi SA, Termi Boits, Diantus Watch dan sebagainya. 
  • Electronic system antara lain Renata Battery, Swiss Timing, Micro Crystal Switzerland, dan sebagainya.
  • Corporate yaitu Swatch Group dan ICB.
  • Landmark antara lain Omega Museum, Planet Swatch, Longines, German Watch Museum, The Swatch Art Peace Hotel, dan sebagainya.
  • Distribution yaitu Tourbillion Buotique dan Hour Passion.

Baca juga : Perjalanan Sejarah Jam Tangan Digital

Untuk kategori watches & jewellery, Swatch Group sangat popular dengan 17 brand naungannya. Berikut adalah daftar 17 brand jam tangan tersebut:

  • Tissot
  • Mido
  • Swatch
  • Breguet
  • Harry Winston
  • Blancpain
  • Glashütte Original
  • Jaquet Droz
  • Léon Hatot
  • Omega
  • Longines
  • Rado
  • Union Glashütte
  • Balmain
  • Certina
  • Hamilton
  • Flik Flak

Baca juga : Sejarah Smartwatch yang Perlu Anda Tahu

Berbagai brand jam tangan dan perhiasan di Swatch Group.
Berbagai brand jam tangan dan perhiasan di Swatch Group.
Sumber: Swatchgroup.com.

Kabar baik dari Minwatch, karena beberapa koleksi brand dari Swatch Group untuk lini watches & jewellery terdapat di Jamtangan.com. Mulai dari Swatch, Tissot  dan  Mido. Berikut adalah berbagai koleksi jam tangan dari ketiga brand tersebut:

1. Swatch

Untuk kamu yang menyukai jam tangan trendy, jam tangan Swatch cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari kamu. Kamu bisa temukan koleksinya di Jamtangan.com mulai dari Swatch Skin, Swatch Originals. Tersedia untuk kamu pria dan wanita dan juga berbagai pilihan warna yang menarik.

Jam tangan Swatch.
Jam tangan Swatch. 
Sumber: Jamtangan.com

Baca juga : Antara Jam Tangan Swiss vs Asia

2. Tissot

Tissot memberikan ketepatan dan kualitas pada setiap koleksinya dan memiliki gaya yang kekal. Untuk yang menyukai jam tangan dengan gaya abadi seperti Tissot, kamu bisa temukan koleksinya mulai dari Tissot T-Sport, Tissot T-Touch, Tissot T-Classic, Tissot Tradition, Tissot Couturier, Tissot Ballade, Tissot LeLocle dan Tissot Seastar.

Jam tangan Tissot. 
Jam tangan Tissot. 
Sumber: Jamtangan.com

Baca juga: Cara Mengetahui Jam Tangan Tissot Original

3. Mido

Berikutnya dari Mido, untuk kamu pecinta jam tangan klasik, Minwatch rekomendasikan jam tangan yang satu ini. Mido memberikan inovasi teknis dan desain klasik yang tak lekang oleh waktu dengan tampilan klasiknya. Di Jamtangan.com kamu bisa temukan berbagai koleksi mulai dari Mido Ocean Star, Mido Multifort, Mido Commander, Mido Baroncelli, Mido Belluna, hingga Mido Dorada.

Baca juga : 7 Ciri Ciri Jam Tangan Mido Asli

Jam tangan Swatch. 
Jam tangan Swatch. 
Sumber: Jamtangan.com

Oleh: Rahel Humillang

Referensi: 

https://www.swatchgroup.com
https://www.watch-wiki.net/
https://www.encyclopedia.com/economics/economics-magazines/swatch-group-limited

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
g shock tough solar

Casio G-Shock GX-56BB King Kong dengan Teknologi Tough Solar

Next Article
milestone terbaru omega chrono chime

Jam Tangan Terbaru Omega: Chrono Chime Omega Speedmaster dan Chrono Chime Olimpiade 1932

Related Posts
Total
0
Share