Sejarah Longines, Perjalanan Tiga Abad

Sejarah Longines, Perjalanan Tiga Abad

Longines didirikan pada tahun 1832 oleh Auguste Agasizz di Saint Imier, Swiss. Awalnya Agasizz bergabung dengan Comptoir Horloger Raiguel Jeune, sebuah perusahaan penjual parts jam yang kemudian berganti nama menjadi Comptoir Raiguel Jeue & Cie. Pada 1947 Agasizz menjadi owner perusahaan dan dia mengganti nama perusahaan menjadi Agassiz & Compagnie. Keponakan Agasizz, Ernest Francillon bergabung dengan perusahaan. Pada periode 1850, Francillion mengambil alih perusahaan pamannya, serta merubah visi perusahaan menjadi fokus kepada produksi dan desain jam.

The-Longines-Avigation-Watch-Type-A-7

Gambar 1. Longines Aviation Watch, dengan desain khusus agar mudah dibaca untuk keperluan navigasi.

Pada 1867, Francillon mendirikan pabrik yang berlokasi di Es Longines, Saint Imier, Swiss. Dia kemudian mengajak seorang engineering bernama Jacques David yang kemudian menjadi technical direktur dari Longines. Pada tahun 1867, mesiin jam in house pertama dari Longines diluncurkan. Pada tahun 1911, Longines telah menjelma menjadi brand watchmaker terkemuka, dimana saat itu jumlah pekerjanya sudah mencapai 1100 orang, dan Longines sudah menjual jam tangannya ke seluruh dunia.

Logo dan nama brand dari Longines sudah terdaftar di World Intellectual Property Organization sejak 19 July 1880. Longiness memakai lambang jam pasir dan sayap sebagai simbol dari kualitas dalam mempertahankan tradisi Swiss watchmaking. Pada 1970 Longines membuat terobosan besar dengan menciptakan jam tangan dengan layar LCD pertama di dunia.Longines juga berhasil membuat jam tangan tertipis pada era 80 an, jam tersebut mempunyai ketebalan 1.98 milimeter dan memakai mesin quartz. Jam tangan tersebut diberi nama Feuille d’Or.

longines-master-collection-moon-phases_140620

Gambar 2. Longines Moonphase, salah satu jam Longines dengan desain classic dan cantik.

Pada 1984, Sejarah Longines mencatat bahwa Longines memproduksi jam quartz akurasi tinggi dengan akurasi +-12 detik per tahun. Pada 19 Februari 2001, Longines tercatat berhasil memproduksi 30 juta jam. Longines juga dikenal sebagai brand jam yang dekat dengan olahraga. Dimulai hadir di Athena pada 1896, Longines kemudian hadir pada 14 acara Olimpiade sebagai salah satu official partner. Selain Olimpiade, Longines juga mendukung berbagai acara olahraga lain seperti Basket, Tour De France, Tennis, American Football, Fomula one, Ski es, Gymnastic dan berbagai event olarhraga lain.

Longines DiverGambar 3. Longines Legend Diver, jam diver re issue dari tahun 1960.

Saat ini Longines adalah bagian dari Swatch Group milik keluarga Hayek. Pada Swatch Group Longines ditempatkan sebagai brand high level.  Selama bertahun-tahun Longines telah menerima berbagai pujian dan penghargaan pada berbagai acara pameran jam tangan di Eropa. Total 10 Grand Prix Awards sudah didapatkan Longines diberbagai pameran dan eksebisi. Longines merupakan brand jam tangan yang cukup mempunyai nilai history, dengan desain-desain sporty, classic bahakan aviation, membuat Longines menjadi salah satu brand yang cukup disegani di dunia.