Cara Cepat Membedakan G-Shock Original dan KW

Cara Cepat Membedakan G-Shock Original dan KW

Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan membedakan Casio G-SHOCK original dan palsu alias KW saat hendak membeli jam tangan baru. Ya,  kesuksesan Casio G-Shock di pasaran memicu sejumlah oknum membuat versi KW demi meraup untung. Karena terlihat sangat mirip, tak heran kalau kamu susah membedakannya.

Tentu tiruan G-SHOCK tak bisa setangguh G-SHOCK original. Bila dijatuhkan dari lantai 14 kemungkinan besar akan rusak atau bahkan hancur berkeping-keping. Cara ini sebenarnya bisa kamu lakukan untuk membedakan G-SHOCK original atau KW. Tapi pasti sayang jam tangannya kan?

Sebenarnya ada cara cepat membuktikan G-SHOCK milikmu original atau palsu. Tanpa harus dilempar dari gedung tinggi, direbus atau direndam dalam air. Berikut caranya: 

Daftar Isi
1. Tekan Tiga Tombol Bersamaan
2. Cek Nomor Module
3. Perhatikan Detail
4. Coba Fitur Compass
5. Nyalakan Fitur Light

1. Tekan Tiga Tombol Bersamaan

Cara ini berlaku untuk semua produk Casio G-SHOCK karena tombol konfigurasi yang seragam. Karena gampang, kamu bisa coba langsung di toko untuk membuktikan G-SHOCK yang akan kamu beli itu ori. 

Caranya, tekan semua tombol secara bersamaan kecuali tombol “Light” atau “Reset” atau “Reserve” pada jam tangan kamu. Pada G-SHOCK original, kamu akan melihat semua tempat yang seharusnya menunjukkan angka, akan menampilkan angka 8. Semua tempat digit akan terisi bila kamu melakukan langkah ini. 

G-Shock DW-5600 Saat Ditekan 3 Tombol Bersamaan. Dok: Machtwatch/Jamtangan.com

2. Cek Nomor Module

Setelah melakukan langkah di atas, langsung tekan tombol “Start” atau “Search” atau “Forward”. Pada G-SHOCK original akan langsung muncul nomor module yang sesuai dengan yang tertera di case back dan manual. Produsen G-SHOCK KW tak akan mengeluarkan effort sebesar itu untuk menyesuaikan nomor module pada produk tiruannya.

Tapi tidak semua G-SHOCK menampilkan nomor module saat kita melakukan langkah ini. Ada varian G-SHOCK yang malah mengaktifkan semua indikator digital. Bukan berarti jam tanganmu palsu ya!

Nomor module pada G-Shock DW-5600. Dok: Machtwatch/Jamtangan.com

3. Perhatikan Detail

G-SHOCK original dan KW memang sekilas tampak mirip. Tapi kalau kamu teliti, sebenarnya dua hal ini mudah dibedakan. Perhatikan detail tulisan pada case jam tangan. Biasanya pada G-SHOCK KW, bentuk tulisan blurry sehingga susah dibaca. Sedangkan pada G-SHOCK original, semua tulisan pada body jam terlihat sangat rapi.

Kalau kamu memperhatikan pinggiran case-nya, G-SHOCK palsu juga umumnya kasar. Berbeda dengan G-SHOCK original yang finishing-nya sangat rapi dan telah melalui proses quality control.

G-SHOCK KW biasanya juga lebih ringan daripada yang asli karena menggunakan material plastik berkualitas rendah.

4.  Coba Fitur Compass

Cara ini bisa kamu coba pada G-SHOCK Ana-Digi dengan fitur compass. Pada G-SHOCK asli, jarum detik akan dengan cepat bergerak ke posisi jam 12 saat kamu mengaktifkan compass. Namun pada G-SHOCK KW, fitur compass seringkali tidak berfungsi. Hanya sebagai hiasan saja. 

Fitur compass pada G-SHOCK Original. Dok: YouTube/Awesome Toys TV

5. Nyalakan Fitur Light

Fitur juga bisa dengan mudah memberitahu mana G-SHOCK yang original, mana yang KW. Bila kamu aktifkan, display pada G-SHOCK original akan cukup terang sehingga kamu mudah dibaca. Sedangkan pada G-SHOCK KW, cahaya yang muncul tidak rata dan redup sehingga display tetap susah dibaca di tengah kegelapan. 

Fitur Light pada G-SHOCK palsu (kiri) dan G-SHOCK Original (kanan). Dok: YouTube/Awesome Toys TV

Kamu mungkin punya cara sendiri untuk membedakan G-SHOCK Original dan KW. Atau malah kamu bisa tahu hanya dengan sekali lihat.

Nah, G-SHOCK original atau palsu tak perlu kamu pusingkan kalau kamu beli jam tangan di Jamtangan.com. Sebab semua produk dijamin original. Yuk cari jam tangan incaranmu!

Categories: Info & Tips