Cara Cepat Membedakan G-Shock Original dan KW

Cara Cepat Membedakan G-Shock Original dan KW

Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan membedakan Casio G-SHOCK original dan palsu alias KW saat hendak membeli jam tangan baru. Ya,  kesuksesan Casio G-Shock di pasaran memicu sejumlah oknum membuat versi KW demi meraup untung. Karena terlihat sangat mirip, tak heran kalau kamu susah membedakannya.

Tentu tiruan G-SHOCK tak bisa setangguh G-SHOCK original. Bila dijatuhkan dari lantai 14 kemungkinan besar akan rusak atau bahkan hancur berkeping-keping. Cara ini sebenarnya bisa kamu lakukan untuk membedakan G-SHOCK original atau KW. Tapi pasti sayang jam tangannya kan?

Sebenarnya ada cara cepat membuktikan G-SHOCK milikmu original atau palsu. Tanpa harus dilempar dari gedung tinggi, direbus atau direndam dalam air. Berikut caranya: 

1. Tekan Tiga Tombol Bersamaan

Cara ini berlaku untuk semua produk Casio G-SHOCK karena tombol konfigurasi yang seragam. Karena gampang, kamu bisa coba langsung di toko untuk membuktikan G-SHOCK yang akan kamu beli itu ori. 

Caranya, tekan semua tombol secara bersamaan kecuali tombol “Light” atau “Reset” atau “Reserve” pada jam tangan kamu. Pada G-SHOCK original, kamu akan melihat semua tempat yang seharusnya menunjukkan angka, akan menampilkan angka 8. Semua tempat digit akan terisi bila kamu melakukan langkah ini. 

G-Shock DW-5600 Saat Ditekan 3 Tombol Bersamaan. Dok: Machtwatch/Jamtangan.com

2. Cek Nomor Module

Setelah melakukan langkah di atas, langsung tekan tombol “Start” atau “Search” atau “Forward”. Pada G-SHOCK original akan langsung muncul nomor module yang sesuai dengan yang tertera di case back dan manual. Produsen G-SHOCK KW tak akan mengeluarkan effort sebesar itu untuk menyesuaikan nomor module pada produk tiruannya.

Tapi tidak semua G-SHOCK menampilkan nomor module saat kita melakukan langkah ini. Ada varian G-SHOCK yang malah mengaktifkan semua indikator digital. Bukan berarti jam tanganmu palsu ya!

Nomor module pada G-Shock DW-5600. Dok: Machtwatch/Jamtangan.com

3. Perhatikan Detail

G-SHOCK original dan KW memang sekilas tampak mirip. Tapi kalau kamu teliti, sebenarnya dua hal ini mudah dibedakan. Perhatikan detail tulisan pada case jam tangan. Biasanya pada G-SHOCK KW, bentuk tulisan blurry sehingga susah dibaca. Sedangkan pada G-SHOCK original, semua tulisan pada body jam terlihat sangat rapi.

Kalau kamu memperhatikan pinggiran case-nya, G-SHOCK palsu juga umumnya kasar. Berbeda dengan G-SHOCK original yang finishing-nya sangat rapi dan telah melalui proses quality control.

G-SHOCK KW biasanya juga lebih ringan daripada yang asli karena menggunakan material plastik berkualitas rendah.

4.  Coba Fitur Compass

Cara ini bisa kamu coba pada G-SHOCK Ana-Digi dengan fitur compass. Pada G-SHOCK asli, jarum detik akan dengan cepat bergerak ke posisi jam 12 saat kamu mengaktifkan compass. Namun pada G-SHOCK KW, fitur compass seringkali tidak berfungsi. Hanya sebagai hiasan saja. 

Fitur compass pada G-SHOCK Original. Dok: YouTube/Awesome Toys TV

5. Nyalakan Fitur Light

Fitur juga bisa dengan mudah memberitahu mana G-SHOCK yang original, mana yang KW. Bila kamu aktifkan, display pada G-SHOCK original akan cukup terang sehingga kamu mudah dibaca. Sedangkan pada G-SHOCK KW, cahaya yang muncul tidak rata dan redup sehingga display tetap susah dibaca di tengah kegelapan. 

Fitur Light pada G-SHOCK palsu (kiri) dan G-SHOCK Original (kanan). Dok: YouTube/Awesome Toys TV

Kamu mungkin punya cara sendiri untuk membedakan G-SHOCK Original dan KW. Atau malah kamu bisa tahu hanya dengan sekali lihat.

Nah, G-SHOCK original atau palsu tak perlu kamu pusingkan kalau kamu beli jam tangan di Jamtangan.com. Sebab semua produk dijamin original. Yuk cari jam tangan incaranmu!

Categories: Info & Tips