Cara Cepat Membedakan G-Shock Original dan KW

Karena terlihat sangat mirip, kadang susah membedakan G-SHOCK original dan kw alias palsu. Begini cara cepatnya.

Cara Cepat Membedakan G-Shock Original dan KW
Cara Cepat Membedakan G-Shock Original dan KW

Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan membedakan Casio G-SHOCK original dan palsu alias KW saat hendak membeli jam tangan baru. Ya,  kesuksesan Casio G-Shock di pasaran memicu sejumlah oknum membuat versi KW demi meraup untung. Karena terlihat sangat mirip, tak heran kalau kamu susah membedakannya.

Baca juga : 3 Koleksi G-Shock Glitch Series: DW-5600NN-1A, GA-2100NN-1A dan GA-2200NN-1A

Tentu tiruan G-SHOCK tak bisa setangguh G-SHOCK original. Bila dijatuhkan dari lantai 14 kemungkinan besar akan rusak atau bahkan hancur berkeping-keping. Cara ini sebenarnya bisa kamu lakukan untuk membedakan G-Shock original atau KW. Tapi pasti sayang jam tangannya kan?

Sebenarnya ada cara cepat membuktikan G-Shock milikmu original atau palsu. Tanpa harus dilempar dari gedung tinggi, direbus atau direndam dalam air. Berikut caranya: 

1. Test Screen Mode, tekan Tiga Tombol Bersamaan

Cara ini berlaku untuk semua produk Casio G-SHOCK karena tombol konfigurasi yang seragam. Karena gampang, kamu bisa coba langsung di toko untuk membuktikan G-Shock yang akan kamu beli itu ori. 

Caranya, tekan semua tombol secara bersamaan kecuali tombol “Light” atau “Reset” atau “Reserve” pada jam tangan kamu. Pada G-SHOCK original, kamu akan melihat semua tempat yang seharusnya menunjukkan angka, akan menampilkan angka 8. Semua tempat digit akan terisi bila kamu melakukan langkah ini. Ini merupakan cara menguji digital screen. Pada G-Shock KW, seringkali tidak ada mode untuk menguji digital screen.

G-Shock DW-5600 Saat Ditekan 3 Tombol Bersamaan. Dok: Machtwatch/Jamtangan.com

2. Mode Teset Screen Juga Menampilkan Nomor Base Module

Setelah melakukan langkah di atas, langsung tekan tombol “Start” atau “Search” atau “Forward”. Pada G-SHOCK original akan langsung muncul nomor base module. Produsen G-Shock KW biasanya tidak mencantumkan nomor base module di mode ini.

Sekedar catatan, nomor base module bisa saja berbeda dengan nomor modul di backcase, karena nomor modul di backcase dan manual book merupakan modul turunan dari base module, jadi apabila berbeda itu bukan acuan menentukan G-Shock anda asli atau palsu, hal ini merupakan hal yang normal, nomor modul yang digunakan pada G-Shock anda merupakan modul yang sesuai backcase dan manual book, bukan modul dasar yang nomornya muncul pada mode test screen.

Pada sebagian G-Shock, nomor modul pada backcase dan manual book bisa saja sama dengan nomor base module karena jam tangan tersebut memang menggunakan modul dasar, bukan modul turunan. Casio membuat variasi modul turunan berdasarkan modul dasar. Jadi jika nomor modul pada backcase berbeda dengan nomor modul pada mode test screen, artinya G-Shock anda memakai modul turunan dari modul dasar.

Tapi tidak semua G-SHOCK menampilkan nomor base module saat kita melakukan langkah ini. Ada varian G-Shock yang malah mengaktifkan semua indikator digital. Bukan berarti jam tanganmu palsu ya!

Nomor modul pada mode test screen G-Shock DW-5600 sama dengan nomor modul backcase, artinya jam tangan ini memakai base module. Dok: Machtwatch/Jamtangan.com

3. Perhatikan Detail

G-SHOCK original dan KW memang sekilas tampak mirip. Tapi kalau kamu teliti, sebenarnya dua hal ini mudah dibedakan. Perhatikan detail tulisan pada case jam tangan. Biasanya pada G-SHOCK KW, bentuk tulisan blurry sehingga susah dibaca. Sedangkan pada G-Shock original, semua tulisan pada body jam terlihat sangat rapi.

Kalau kamu memperhatikan pinggiran case-nya, G-SHOCK palsu juga umumnya kasar. Berbeda dengan G-SHOCK original yang finishing-nya sangat rapi dan telah melalui proses quality control.

G-Shock KW biasanya juga lebih ringan daripada yang asli karena menggunakan material plastik berkualitas rendah.

4.  Coba Fitur Compass

Cara ini bisa kamu coba pada G-SHOCK Ana-Digi dengan fitur compass. Pada G-Shockasli, jarum detik akan dengan cepat bergerak ke posisi jam 12 saat kamu mengaktifkan compass. Namun pada G-SHOCK KW, fitur compass seringkali tidak berfungsi. Hanya sebagai hiasan saja. 

Fitur compass pada G-SHOCK Original. Dok: YouTube/Awesome Toys TV

5. Nyalakan Fitur Light

Fitur juga bisa dengan mudah memberitahu mana G-Shock yang original, mana yang KW. Bila kamu aktifkan, display pada G-SHOCK original akan cukup terang sehingga kamu mudah dibaca. Sedangkan pada G-SHOCK KW, cahaya yang muncul tidak rata dan redup sehingga display tetap susah dibaca di tengah kegelapan. 

Fitur Light pada G-SHOCK palsu (kiri) dan G-SHOCK Original (kanan). Dok: YouTube/Awesome Toys TV

Kamu mungkin punya cara sendiri untuk membedakan G-Shock Original dan KW. Atau malah kamu bisa tahu hanya dengan sekali lihat.

Nah, G-SHOCK original atau palsu tak perlu kamu pusingkan kalau kamu beli jam tangan di Jamtangan.com. Sebab semua produk dijamin original. Yuk cari jam tangan incaranmu!

Total
0
Shares
Previous Article
Seiko Presage Cocktail Time

Infografik: Kecantikan Seiko Presage Cocktail Time SRPE47J1 dan SRPE49J1

Next Article

Surat Klarifikasi Tanggapan Saudara @Lius754 Di Twitter Terkait Dengan Machtwatch

Related Posts
Total
0
Share