Ciri Ciri Jam Tangan Mido Asli

7 Ciri Ciri Jam Tangan Mido Asli

Pencinta jam tangan Swiss-made pasti sudah tidak asing lagi dengan brand Mido. Beberapa seri dari produknya selalu jadi incaran para pecinta maupun kolektor jam tangan mewah. Salah satunya adalah Mido Commander, yang merupakan seri paling populer dan ikonik. Popularitasnya ini memicu munculnya oknum yang membuat barang tiruannya yang juga cukup banyak beredar di pasaran. 

Dari segi harga, jam tangan Mido asli pasti lebih mahal dibanding barang tiruannya. Kualitas jam tangan Mido asli juga tidak bisa diragukan karena semua material yang dipakai bermutu tinggi. Beberapa tampilannya banyak ditiru, namun detail, movement dan finishing jam tangan Mido asli tidak bisa ditiru. Material body hingga mesin jam tangan Mido asli dipilih dari bahan terbaik sehingga lebih presisi.

Ada beberapa detail yang membedakan keaslian jam tangan buatan Swiss ini. Agar tidak salah beli, ada baiknya kamu tau 7 ciri ciri jam tangan Mido asli berikut ini.

Ciri Ciri Jam Tangan Mido Asli Dilihat dari Movementnya

movement jam tangan mido
Sumber : https://www.hodinky-365.com/blog/the-story-of-mido

Yang pertama adalah mesin utama penggerak jarum pada jam tangan, atau biasa disebut dengan movement. Komponen ini sangat memengaruhi karakteristik sebuah jam tangan.

Kamu bisa membedakan jam tangan Mido asli dari movement-nya. Dimana, arloji mewah ini menggunakan mesin movement keluaran ETA dari Swatch Group. Pada keluaran jam tangan terbaru, Mido banyak menggunakan mesin calibre 80 yang punya cadangan daya hingga 80 jam. Ada 3 grade ETA movement yang digunakan, yaitu ETA versi standard, elaborate (mesin ETA yang disempurnakan) dan COCS/Chronometer.

Ketiga grade movement ini memungkinkan pergerakan jarum pada setiap jam Mido lebih akurat. Untuk ETA standard, rata-rata akurasinya berkisar +- 12 detik per-hari  ETA elaborate +- 10 detik per-hari sedangkan ETA COSC/Chronometer hingga +- 4 detik per-hari. Yang mana, ETA grade COSC/Chronometer merupakan grade movement yang paling akurat.

Selain akurasinya, pada beberapa movement ETA menggunakan tipe dekorasi geneva stripes yang dilengkapi dengan sekrup blue steel. Desain dari dekorasi geneva stripes membuat penampakan mesin jam tangan Mido asli sangat indah dan elegan. Bahan blue steel pada sekrup juga sangat awet walaupun mesin terjatuh maupun terkena benturan. Karena sekrup ini telah dipanaskan di suhu tertentu hingga besi berwarna biru dan punya sifat yang sangat keras.

ETA sendiri merupakan anak perusahaan dari Grup Swatch yang juga membawahi Mido dan brand-brand ternama lainnya, seperti Tissot, Omega, Swatch dan Hamilton. Dimana, kamu bisa menemukan mesin ETA pada jam tangan brand-brand tersebut.

Material Kaca Jadi Ciri Ciri Jam Tangan Mido Asli yang Bisa Diketahui

mido automatic chronometer
Sumber : https://www.hodinky-365.com/blog/the-story-of-mido

Material kedua adalah bahan glass atau kaca yang menutupi bagian atas jam tangan. Material yang dipakai pada kebanyakan jam tangan Mido terbaru adalah Sapphire Glass dengan coating AR. Dengan bahan ini, jam tangan Mido asli tahan akan goresan. Sehingga, bagian kaca depan pada jam tangan Mido asli pasti bersih dari baret dan juga awet.

Fitur anti-reflective khusus digunakan untuk jam tangan Mido yang ingin menonjolkan bagian dial-nya. Sebab, material sapphire anti-refleksi tidak meninggalkan bayangan di dalam dial jam tangan Mido asli.

Casing & Bracelet Jam Tangan Mido Asli

mido automatic multifort
Sumber : https://www.quora.com/Is-Mido-considered-as-a-luxury-watch-brand

Ciri ciri jam tangan Mido asli selanjutnya terletak pada casing dan bracelet. Mido selalu memberikan produk dengan material berkualitas. Umumnya, ada 2 jenis material yang biasa dipakai pada jam tangan Mido asli.

Yang pertama adalah stainless steel 316L. Selain anti karat, material besi ini punya kelebihan anti alergi. Dimana bahan ini dijamin aman untuk kulit pengguna yang punya alergi tertentu. Jenis besi ini juga digunakan di dunia medis, sehingga keamanannya terjamin.

Bahan kedua yang jadi ciri ciri jam tangan Mido asli adalah titanium. Material ini lebih keras daripada bahan stainless steel namun lebih ringan. Alhasil, jam tangan jadi lebih fleksibel dan nyaman digunakan.

Sedangkan metode finishing yang digunakan ada brush, shine dan PVD. Dari ketiga metode ini, PVD paling unik karena teknik pengecatannya menggunakan ion, dan membuatnya lebih tahan lama. 

Bahan Leather & Rubber Jam Tangan Mido Asli

mido automatic multifort
Sumber : Sumber : https://www.hodinkee.com/articles/mido-multifort-escape-hands-on

Ciri ciri jam tangan Mido asli yang bisa kamu amati selanjutnya adalah dari material leather & rubber yang digunakan. Mido menggunakan bahan leather asli yang terbuat dari kulit sapi muda atau kulit buaya. Bahan ini cukup tebal karena punya beberapa layer, namun tetap lentur jika digunakan. Sama halnya dengan bahan rubber atau karet yang digunakan jam tangan Mido asli. Rubber yang dipakai 100% alami sehingga awet dan tahan lama.

Penentuan material ini jadi hal yang penting. Karena hal itu berhubungan dengan kenyamanan dan juga keawetan jam tangan Mido. Maka dari itu, Mido selalu memilih bahan leather & rubber terbaik untuk jam tangan buatannya.

Ciri Ciri Jam Tangan Mido Asli Dilihat dari Bagian Dial

mido automatic chronometer
Sumber : https://www.hodinky-365.com/blog/the-story-of-mido

Dial adalah bagian jam yang paling tampak karena ada di bagian depan jam tangan. Jam tangan tiruan berlomba untuk terlihat sama pada bagian ini. Ada beberapa ciri ciri yang bisa kamu ketahui dari bagian dial ini.

Beberapa jam tangan Mido asli menggunakan material khusus pada bagian dial-nya, seperti mutiara dan diamond. Material mutiara termasuk dalam kategori perhiasan, di mana bahan ini umum digunakan pada jam tangan wanita.

Sedangkan bahan diamond asli juga digunakan sebagai penghias bagian dial jam tangan Mido. Tak hanya kenyamanan, Mido juga memberikan perhiasan mewah pada beberapa koleksi jam tangannya. Sehingga, bahan diamond asli pada dial bisa mewakili kemewahan pada jam swiss-made ini.

Bagian Jarum Jam Tangan Mido Asli

mido automatic ocean star caliber 80
Sumber : https://timeandtidewatches.com/5-mido-watches-to-buy-on-the-time-and-tide-shop-right-now/

Setelah ciri ciri pada dial, bagian jarum dan indeks pada beberapa jam tangan Mido asli terbuat dari material berkualitas. Umumnya, jarum jam atau hands pada beberapa jam tangan Mido terbuat dari stainless steel dengan finishing yang indah. Selain itu, ada juga yang memakai material blue steel.

Pada jam tangan divers seperti Mido Ocean Star dilengkapi dengan bahan luminous yang bisa menyala di kegelapan. Fitur glow in the dark pada material ini mempermudah penyelam untuk melihat jam di bawah laut yang minim cahaya.

Material Hairspring Ciri Ciri Jam Tangan Mido Asli

ilustrasi hairspring jam tangan
Sumber : https://www.rolexmagazine.com/2014/06/what-is-rolex-syloxi-in-depth-look-at.html

Hairspring merupakan komponen yang menyerupai obat nyamuk dan berfungsi untuk mengisi ulang daya pada balance wheel. Kualitas dari material ini sangat memengaruhi akurasi waktu pada jam tangan mekanik. Material yang digunakan pada jam tangan Mido asli adalah steel dan silikon.

Silikon yang digunakan pada jam tangan Mido asli punya fitur anti-magnet. Dimana, jam tangan Mido yang menggunakan hairspring silikon tidak akan terdampak medan magnet dan secara otomatis juga akan lebih presisi.

Setelah tau ketujuh ciri ciri jam tangan Mido asli, kamu harus sudah bisa menghindari barang tiruannya, ya! Temukan koleksi jam tangan Mido asli di jamtangan.com

oleh: Audi Marchal

Referensi :

  • https://www.youtube.com/watch?v=_uD7FON0YoM
Total
0
Shares
Previous Article
tips memilih jam tangan wanita untuk kado ultah

8 Tips Memilih Jam Tangan Wanita Untuk Kado Ultah

Next Article
jam tangan doctor strange

Unlock The Multiple Realities, Dengan Jam Tangan Doctor Strange

Related Posts