Pesona Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Re-Edition

Pesona Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Re-Edition

Siapa yang tak pernah mendengar Mido? Produsen jam tangan yang telah berdedikasi selama lebih dari 1 abad ini punya satu lini koleksi yang digemari hingga saat ini. Seri tersebut adalah seri Ocean Star yang begitu dipuja banyak orang. Seri Ocean Star sendiri terinspirasi dari mercusuar di lautan Eropa yang begitu berjasa bagi para pelaut.

Mercusuar. Foto: Pixabay.

Dahulu sebelum ada GPS, fungsi mercusuar begitu signifikan. Keberadaannya mampu membantu pelaut menentukan navigasi kapal dan juga menjadi penanda akan daerah berbahaya seperti karang atau laut yang dangkal.

Selain karena fungsinya, mercusuar juga begitu ikonik dengan arsitektur bangunannya yang unik di setiap lokasi. Dari filosofi inilah, Mido terinspirasi untuk menelurkan maha karya berupa Ocean Star Collection yang membantu aktivitas para pecinta laut. Dan jam tangan yang akan kita bahas kali ini masih dalam keluarga Ocean Star. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1960, dia adalah Mido Ocean Star Decompression Timer dengan nomor referensi 5907. Model ini dikenal dengan nama deep dive timer.

Dua puluh tahun setelahnya, Mido meluncurkan versi reissue-nya yang mengingatkan kita pada versi pertamanya. Entah apa pertimbangan Mido meluncurkan kembali versi re-edition-nya, yang jelas versi barunya yakni Ocean Star Decompression Timer 1961 masih mirip dengan versi terdahulu.

Mido Ocean Star Decompression Timer Re-edition. Foto: Mido.

Seperti yang kita lihat pada versi re-edition, dialnya memuat lingkaran berlapis dengan warna dan angka yang berbeda di tiap lapisnya. Warna-warni ini bukan sebatas ornamen saja, tapi ada fungsinya.

Angka di tiap lapis lingkaran tersebut menunjukkan lama waktu dekompresi yang harus dilakukan. Sementara angka pada posisi jam 12 dengan background warna hitam menunjukkan kedalaman penyelaman.

Dial Mido Ocean Star Decompression Timer Re-edition. Foto: Mido.

Misalnya, jika kamu menyelam di kedalaman 25 meter, kamu tinggal melihat angka di posisi jam 12. Nah, jika sudah, kamu bisa lihat bahwa angka 25 sejajar dengan lapisan lingkaran berwarna kuning. Ada angka 20 di sana. Itu artinya kamu perlu melakukan dekompresi selama 25 menit. Begitu pula seterusnya, semakin dalam penyelamanmu, semakin lama durasi dekompresi yang harus dilakukan.

Case back Mido Ocean Star Decompression Timer Re-edition. Foto: Mido

Sementara jika berbicara soal fisik, seri terbaru memang sedikit lebih besar yakni berdiameter 40,5 mm dibanding dengan yang terdahulu hanya berdiameter 38 mm. Case back-nya terdapat ukiran bintang laut khas seri Ocean Star. Crown-nya juga dibuat sedemikian rupa agar mudah diputar dengan nama Mido terukir di permukaannya. Bezelnya pun terbangun sempurna dan tetap memiliki visibilitas yang tinggi.

Movement Mido Ocean Star Decompression Timer Re-edition. Foto: Mido.

Mengingat seri ini ada di bawah lini Ocean Star, sudah pasti jam ini ditenagai dengan movement caliber 80 yang ber-power reserve 80 jam. Menariknya lagi, jam ini water resistance hingga kedalaman 200 m. Dan dia hanya diproduksi terbatas, yakni hanya 1.961 pieces saja.

Jika kamu termasuk orang beruntung yang bisa membeli jam ini, seri ini menyediakan strap tambahan untuk bisa kamu gonta-ganti. Strapnya tambahannya antara lain fabric strap, mesh strap, dan leather strap. Seru, ya!

Mido Ocean Star Decompression timer 1961
Boks Mido Ocean Star Decompression Timer Re-edition. Foto: Mido

So, gimana pendapatmu tentang jam ini?

Jika kamu lagi mencari jam tangan Mido Ocean Star dengan spesifikasinya yang mumpuni, kamu bisa mengeceknya di situs Jamtangan.com. Di sini kamu bisa menemukan pilihan koleksi Mido yang bikin kamu merasa nggak pernah cukup untuk punya satu. Selamat hunting jam 😀

Categories: Watch Reviews