Oris Big Crown Pointer Date

Oris Big Crown Pointer Date: Mengenal 4 Seri Jam Tangan Paling Ikonis dari Swiss

Oris kembali meluncurkan seri terbaru dari family Big Crown Pointer Date dengan mesin kaliber 403. Seri terbarunya ini jadi kabar baik buat pecinta jam tangan swiss-made. Sebab tampilannya mengingatkan pada desain yang menjadi ciri khas dari brand Oris. Oris memberikan sentuhan baru dan membuat desainnya lebih everlasting.

Desain jam tangan Oris Big Crown Pointer Date telah memberikan warna tersendiri pada brand asal Swiss ini. Ada beberapa keunikan yang bisa dilihat dari desainnya, yaitu indeks penunjuk tanggal, letak sub-dial serta ukuran crown yang besar sesuai dengan namanya “Big Crown”. Tampilan yang ikonis ini tetap dipertahankan hingga 80 tahun lamanya.

Oris sendiri mulai membuat jam tangan khusus para pilot sejak tahun 1910-an dan seri Big Crown pertama diperkenalkan pada tahun 1938. Hingga kini, Oris Big Crown Pointer Date terus diproduksi dengan beberapa penambahan inovasi pada tampilan maupun spesifikasi mesinnya.

Oris Big Crown Pointer Date sangat populer dikalangan para pilot maupun pecinta jam tangan swiss-made. Desain klasiknya yang timeless membuat jam tangan ini jadi incaran para kolektor. 

Seri Big Crown memiliki beberapa model dengan berbagai variasi. Ada beberapa model dengan varian warna dial dan bahan strap-nya. Selain tampilannya, Oris Big Crown Pointer Date punya beberapa ukuran diameter dan spesifikasi mesinnya.

Oris Big Crown Pointer Date Calibre 403

Oris Big Crown Pointer Date Calibre 403
Sumber : https://www.oris.ch/en/watch/big-crown-pointer-date-calibre-403/01-403-7776-4065-07-5-19-11 | Oris Big Crown Pointer Date Calibre 403

Seri ini diluncurkan pada pertengahan tahun 2022. Oris Big Crown Pointer Date Calibre 403 memiliki pembaharuan pada bagian diameter dan juga peningkatan pada movement-nya. Yang mana ukuran diameternya menjadi lebih kecil, yaitu 38mm.

Ukuran diameter yang lebih kecil ini membuat tampilan dari Oris Big Crown Pointer Date Calibre 403 tampak lebih simpel. Ukuran diameter 38mm juga lebih cocok bagi pasar jam tangan di Indonesia. Tampilan dial pada seri terbaru ini mengambil inspirasi desain Oris Big Crown Pointer Date keluaran pertama, dimana terdapat sub-dial yang menunjukan detik pada indeks angka 6 di bagian dial.

Jam tangan analog ini punya hands dan indeks angka yang terbuat superluminova. Fitur luminous ini memungkinkan bagian dial masih bisa dilihat dalam kondisi minim cahaya. Untuk bagian strap, Oris Big Crown Pointer Date Calibre 403 menggunakan material leather berwarna hitam dengan stainless steel buckle.

Pembaharuan kedua terletak pada bagian mesinnya. Seri Big Crown Pointer terbaru ini menggunakan mesin calibre 403 yang merupakan in-house movement buatan Oris. Selain itu, movement ini punya tingkat anti magnet yang lebih tinggi dari grade dibawahnya. Sehingga Oris Big Crown Pointer Date Calibre 403 punya akurasi yang baik, hingga +- 3 detik perhari. Selain itu, movement calibre 403 punya cadangan daya hingga 5 hari. Seri terbaru ini dibanderol dengan harga Rp40 jutaan.

Oris Big Crown Pointer Date

Oris Big Crown Pointer Date
Oris Big Crown Pointer Date – Sumber : https://www.oris.ch/dw/watch/big-crown-pointer-date/01-754-7741-4065-07-5-20-63

Oris Big Crown Pointer Date punya beberapa model dengan variasi warna dial, material strap hingga ukuran diameter jamnya. Semua model jam swiss-made ini terbuat dari bahan stainless steel. Tersedia 3 pilihan warna dial, yaitu hitam, biru, dan merah.

Untuk movement-nya, jam tangan Oris seri ini memakai kaliber 754, Sellita SW 220-1 base. Kaliber ini punya fitur automatic winding serta cadangan daya hingga 38 jam. Oris Big Crown Pointer Date juga punya fitur water resistant yang bisa membawa jam tangan ini tahan hingga kedalaman air 50 meter.

Bagian kaca pada case depan, Oris Big Crown Pointer Date menggunakan material sapphire yang berbentuk cembung. Terdapat fitur anti refleksi yang membuat tampilan dial lebih bersih tanpa ada bayangan. Sedangkan bagian belakang case juga dilapisi kaca sehingga mesin penggerak jam terlihat cukup jelas. Jam tangan Oris seri ini punya 2 pilihan strap dengan variasi material yaitu berbahan stainless steel dan beberapa jenis leather.

Oris Big Crown Pointer Date juga memiliki model yang berukuran kecil, yaitu 36mm, dimana diameter jam ini termasuk ukuran yang paling kecil dari semua family Big Crown Pointer Date lainnya. Ukurannya yang lebih kecil ini cocok digunakan oleh pengguna yang punya pergelangan tangan kecil. Untuk harganya sendiri, jam tangan swiss-made ini masih dibilang terjangkau. Kamu bisa mendapatkannya di Jamtangan.com dengan harga Rp20 jutaan.

Oris Big Crown Pointer Date 80th Anniversary Edition

Oris Big Crown Pointer Date 80th Anniversary Edition
Oris Big Crown Pointer Date 80th Anniversary Edition | Sumber : https://www.oris.ch/en/watch/big-crown-pointer-date-80th-anniversary-editi/01-754-7741-3167-07-5-20-58br

Dalam memperingati 80 tahun umur dari Oris Big Crown Pointer Date, brand jam tangan Swiss ini meluncurkan edisi khususnya. Seri Oris Big Crown Pointer Date memang begitu spesial karena model jam tangan ini merupakan signature dari brand Oris. Bisa dibilang, tanpa seri ikonis tersebut Oris tidak bisa sampai pada titik ini.

Oris Big Crown Pointer Date 80th Anniversary Edition punya tampilan yang mewah namun tetap klasik. Bagian case dan crown dilapisi dengan material bronze. Begitu juga bagian strap, Oris edisi spesial ini memakai bahan kulit berwarna cokelat, senada dengan case-nya. Sedangkan green dial pada jam tangan ini meninggalkan kesan alami. Spesifikasi lainnya tidak jauh beda dengan seri Big Crown Pointer Date biasa, seperti indeks dial, bezel yang berbentuk coin-edge hingga ukuran crown yang besar.

Awal mulanya, Oris sengaja membuat ukuran crown besar agar para pilot yang memakai sarung tangan dapat dengan mudah mengatur jam tangannya. Akhirnya, crown yang besar pada jam tangan ini berlanjut menjadi ciri khasnya. Selain itu, jarum khusus penunjuk tanggal pun jadi keunikan dari Oris Big Crown Pointer Date.

Oris Big Crown Bronze Pointer Date 

Oris Big Crown Bronze Pointer Date
Oris Big Crown Bronze Pointer Date | Sumber : https://www.oris.ch/en/watch/big-crown-bronze-pointer-date/01-754-7741-3165-07-8-20-01

Seperti namanya, Oris Big Crown Bronze Pointer Date punya material case full bronze. Jam tangan seri ini punya beberapa model. Terdapat variasi pada warna dial, strap dan juga ukuran diameter jamnya.

Pada bagian tampilan dial, spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan seri Big Crown Pointer Date biasanya. Dimana, terdapat 4 hands dengan fitur luminous dan bagian bezel berbentuk coin-edge. Kacanya juga terbuat dari sapphire berbentuk cembung dengan fitur anti-refleksi.

Ada dua pilihan strap, yaitu leather dan stainless steel. Buat kamu yang suka dengan jam tangan bergaya vintage, Oris Big Crown Bronze Pointer Date dengan strap kulit jadi pilihan tepat. Warna bronze dan material strap berbahan kulit jadi perpaduan yang ciamik pada jam tangan swiss-made ini.

Oris Big Crown Bronze Pointer Date juga punya variasi ukuran jam, yaitu 40mm dan 36mm. Pada ukuran terkecilnya, tampilan dial jam ini masih enak dan nyaman untuk dilihat walau indeks angkanya cukup banyak. Buat kamu yang punya pergelangan tangan kecil, jam tangan ini sangat pas dipakai.

Nah, itu tadi 4 jam tangan dari seri paling ikonis milik brand Oris. Kamu bisa melihat koleksi lain dari jam tangan swiss-made di Jamtangan.com.

Sumber :

  • https://www.youtube.com/watch?v=NPhImohAbTU
  • https://www.oris.ch/dw/collection/big-crown
Total
0
Shares
Previous Article
jam tangan pria sporty

5 Jam Tangan Pria Sporty Terlaris 2022, Cocok Untuk WFO

Next Article
Seiko Turtle Prospex

Jam Tangan Seiko “Turtle” Prospex, Anti Karat di Kedalaman 200 Meter

Related Posts