Oris Carysfort Reef, Diver’s Watch dengan Case Emas 18 Karat

Oris Carysfort Reef, Diver’s Watch dengan Case Emas 18 Karat

Brand jam tangan asal Swiss, Oris, melanjutkan komitmen untuk menciptakan diver’s watch yang didedikasikan untuk pelestarian sungai dan laut. Sebelumnya, brand itu telah merilis Oris Source of Life yang terinspirasi dari River Rhine, Oris Lake Baikal yang dipersembahkan untuk danau terbesar di dunia, dan Oris Ocean Trilogy untuk penyelamatan laut. 

Selanjutnya, kejutan apa yang akan dihadirkan Oris?

Ya, Oris kembali menarik perhatian para pencinta diver’s watch. Kali ini, Oris mempersembahkan jam tangan untuk Carysfort Reef, bagian dari Florida Keys National Marine Sanctuary, AS. Carysfort Reef adalah bagian dari ekosistem terumbu karang terbesar ketiga di dunia dan satu-satunya di benua Amerika. 

Oris Carysfort Reef. Dok: Hodinkee
Oris Carysfort Reef. Dok: Hodinkee

Jam tangan itu diberi nama Oris Carysfort Reef. Dalam beberapa dekade terakhir, aktivitas manusia menyebabkan koral di Carysfort mati secara massal. Karenanya, Oris bekerja sama dengan Coral Restoration Foundation, untuk usaha penyelamatan terumbu karang di sana. Mereka menanam kembali karang staghorn, elkhorn, boulder dan telah membuahkan hasil.

Desain Oris Carysfort Reef dibuat berdasarkan Aquis GMT yang rilis pada 2019. Namun istimewanya, Oris memilih material emas murni 18 karat untuk case, bezel, crown, dan buckle. Hal ini sedikit di luar kebiasaan Oris untuk sebuah diver’s watch. Tak heran bila rilisnya Oris Carysfort Reef mengundang banyak komentar dari watch enthusiast.

Oris Carysfort Reef. Dok: Hodinkee
Oris Carysfort Reef. Dok: Hodinkee

Apalagi jam ini dibuat sangat eksklusif hanya 50 pieces dengan harga resmi USD 19.000. Oris memberikan tiga jam tangan ini kepada Coral Restoration Foundation untuk dilelang dan digunakan untuk pelestarian terumbu karang.

Apa saja fitur Oris Carysfort Reef?

Model terbaru ini menggunakan movement Oris 798 dengan base Sellita 330-1 dan 28 jewels. Bicara soal daya, power reserve-nya mencapai 42 jam lewat self-winding. Sebagai diver’s watch, Oris Carysfort Reef tahan air hingga kedalaman 300 meter.

Warna emas pada case tampak cocok dipadukan dengan dial dan bezel yang berwarna radiant blue. Bezel dapat diputar dan punya marker 24 jam, hasil ukiran laser. Strap terbuat dari kulit berlapis rubber berwarna biru gelap.

Oris Carysfort Reef. Dok: Hodinkee
Oris Carysfort Reef. Dok: Hodinkee

Oris Carysfort Reef dengan case emas 18 karat tersedia mulai April 2020. Namun Oris juga telah mengumumkan bahwa Oris Carysfort Reef versi case stainless steel akan menyusul pada tahun yang sama. 

Oris Carysfort Reef dengan case emas maupun stainless memang belum tersedia untuk publik. Namun sambil menunggu, Anda bisa melihat koleksi Oris lainnya di Jamtangan.com. Oris Aquis GMT dan Oris Aquis Small Second Date misalnya, masih tersedia dan siap Anda miliki.

Categories: Oris