Oris Carysfort Reef Kini Hadir dalam Versi Stainless Steel

Oris Carysfort Reef Kini Hadir dalam Versi Stainless Steel

Pada April 2020 lalu, Oris, brand jam tangan Swiss-made, merilis diver’s watch dengan case berbahan emas 18 karat. Jam tangan itu dinamai Oris Carysfort Reef yang dipersembahkan untuk Carysfort Reef, ekosistem terumbu karang terbesar ketiga di dunia dan satu-satunya di benua Amerika. Dibuat eksklusif, Oris hanya merilis produk itu sebanyak 50 pieces.

Buat kamu yang sudah jatuh cinta dengan Oris Carysfort Reef tapi nggak kebagian, kamu nggak perlu berkecil hati. Sebab, Oris Carysfort Reef Limited Edition akan rilis dalam versi stainless steel dalam jumlah lebih banyak dan harga lebih terjangkau.

Seperti apa detailnya?

Oris Carysfort Reef Stainless Steel. Foto: Monochrome-watches

Masih seperti Carysfort Reef versi emas, jam tangan ini juga dibuat berdasarkan model Aquis GMT yang rilis pada 2019 lalu. Pada Aquis GMT, warna pada dial adalah dominan hitam dan biru. Sedangkan pada Oris Carysfort Reef, warna biru pada dial lebih terang dan bezel-nya pun memiliki dua tone warna. 

Warna biru pada dial Oris Carysfort Reef memang patut diapresiasi. Oris telah menggunakan berbagai shade biru untuk koleksi diver’s watch buatannya. 

Namun kali ini shade warna biru yang dipilih sangat mengagumkan. Warna biru seperti air laut tropis yang terkena sinar matahari. Bersinar indah dan memunculkan kesan mewah. Dial makin cantik dengan aksen oren dan putih pada marker. Marker jam telah dipoles sehingga membuat jam makin berkilau.

Oris Carysfort Reef Stainless Steel. Foto: Hodinkee

Oris Carysfort Reef memiliki diameter case 43.5mm dengan lug-to-lug width 50mm dan ketebalan 14mm. Beda dengan diver’s watch bergaya retro yang umumnya tipis, jam tangan ini cukup tebal dan besar. 

Pada dial, kamu bisa melihat terdapat inner ring dengan marker 24-jam. Dengan bezel yang dapat diputar dua arah, berarti pengguna dapat menampilkan tiga zona waktu sekaligus. Satu pada jarum jam dan menit, satu pada inner ring, dan yang ketiga pada bezel. Awesome!

Bezel pada Carysfort Reef juga punya fungsi lain, guys. Bezel itu bisa kamu manfaatkan sebagai penunjuk waktu menyelam dengan skala 24 jam. Kamu juga memperkirakan waktu yang berlalu (seperti stopwatch) dengan mengatur tanda panah ke jarum menit, meski hasilnya tidak akan seakurat bezel 60-menit.

Bila case dibalik, tampaklah caseback yang dihias dengan ukiran indah seperti medali. Ukirannya menampilkan tiga jenis karang yang berusaha dilestarikan oleh Coral Restoration Foundation (CRF). Oris telah bekerja sama dengan CRF sejak 2014 untuk melindungi ekosistem terumbu karang yang terancam karena ulah manusia.

Oris Carysfort Reef Stainless Steel. Foto: Hodinkee

Itulah yang membuat Oris Carysfort Reef versi stainless sangat menarik. Caseback-nya memiliki relief cantik dan membedakannya dari koleksi Aquis standar. 

Lalu bagaimana dengan “isi” jam tangan ini? Di dalamnya terdapat caliber 798, movement automatic dengan power reserve mencapai 42 jam. Movement ini dibuat berdasarkan Sellita SW 330-1.

Bila versi emasnya hanya dibuat 50 buah, Oris Carysfort Reef versi stainless steel dirilis sebanyak 2.000 pieces. Masing-masing hadir dengan boks istimewa yang terbuat dari alga. Oris Carysfort Reef versi stainless tersedia dalam dua pilihan, yakni strap berbahan stainless steel dan rubber berwarna oren.

Oris Carysfort Reef versi stainless steel direncanakan akan rilis pada Juni 2020. Semoga segera masuk di Indonesia yaa biar kamu bisa memburunya di Jamtangan.com!

Categories: Oris