Misi Menyelamatkan Lautan di Balik Seri Oris Ocean Trilogy

Misi Menyelamatkan Lautan di Balik Seri Oris Ocean Trilogy

Brand jam tangan asal Swiss, Oris, telah berkomitmen untuk ikut serta dalam misi menyelamatkan laut. Oris percaya ada tiga pilar utama yang bisa dilakukan, yakni memulihkan, membersihkan, dan melindungi. Oris menciptakan seri jam tangan diver’s watch untuk mewakili tiap pilar tersebut. Seri itu disebut Oris Ocean Trilogy.

Seperti namanya, Oris Ocean Trilogy terdiri atas tiga jam tangan. Dua di antaranya, Oris Great Barrier Reef dan Oris Clean Ocean dirilis lebih dulu secara terbatas pada Juni 2019 lalu. Kini Chronograph Oris Blue Whale sebagai model ketiga telah menyusul. 

Dari kiri: Oris Clean Ocean, Oris Blue Whale, dan Oris Great Barrier Reef.
Dok: Monochrome-watches

Tiap model dari Oris Ocean Trilogy sebenarnya mewakili sebuah misi yang berbeda. Oris Great Barrier Reef misalnya, dikaitkan dengan spot terumbu karang terbesar dan paling variatif di dunia. Untuk membantu memulihkan terumbu karang, Oris telah bekerja sama dengan Reef Restoration Foundation, sebuah yayasan non-profit yang fokus dalam usaha restorasi terumbu karang sejak 2016.

Sementara Oris Clean Ocean didedikasikan untuk membersihkan lautan. Menurut PBB, diperkirakan ada 8 juta ton plastik yang terbawa ke lautan setiap tahunnya. Akibatnya, pada 2050 nanti akan ada lebih banyak plastik daripada ikan di lautan. Untuk mencegah bencana itu terjadi, Oris berpartner dengan Pacific Garbage Screening yang telah mengembangkan platform raksasa yang dapat menyaring dan mengumpulkan sampah plastik dari sungai, muara, dan laut.

Yang ketiga, Chronograph Oris Blue Whale, membawa misi melindungi paus biru, hewan terbesar di dunia yang eksistensinya terancam. Tercatat hanya sekitar 10 ribu-25 ribu paus biru tersisa. Untuk membantu melestarikan spesies tersebut, Oris bekerja sama dengan lembaga amal Whale and Dolphin Conservation.

Oris Blue Whale Limited Edition

Oris Blue Whale rupanya dibuat lebih terbatas daripada dua model saudaranya. Bila Oris Great Barrier Reef dan Oris Clean Ocean dirilis masing-masing 2000 buah, Oris Blue Whale dibuat hanya 200 buah. Bahkan model ini hanya bisa didapat bila membeli satu set Oris Ocean Trilogy. Sungguh eksklusif!

Chronograph Oris Blue Whale. Dok: Monochrome-watches

Sama dengan dua model sebelumnya, Oris Blue Whale memiliki dial berwarna gradasi biru. Warna aqua-blue dipilih untuk keramik Bezel. Oris Blue Whale berdiameter sedikit lebih besar daripada dua saudaranya, yakni 45.5 mm, untuk mendukung fungsi chronograph. Desain tiga subdial pada model ini juga menambahkan kesan mewah dan eksklusif.

Pada case-back Oris Blue Whale, Anda bisa melihat ukiran berbentuk paus biru dan gelombang laut yang cantik. Ada pula nomor limited edition yang menandai keaslian jam tangan ini.

Case-back Oris Blue Whale. Dok: Monochrome-watches

Jam tangan dengan case dan bracelet berbahan stainless ini tahan air hingga kedalaman 500 meter. Berbeda dengan Oris Great Barrier Reef dan Oris Clean Ocean, model ini memakai kaliber yang dilengkapi dengan Swiss-made movement didasarkan pada Sellita SW-500 (Valjoux 7750).

Membeli set Oris Blue Whale akan dilengkapi dengan display boks istimewa yang terbuat dari plastik PET daur ulang. Material itu juga digunakan sebagai case-back Oris Clean Ocean. 

Set boks Oris Ocean Trilogy. Dok: Monochrome-watches

Baik Oris Great Barrier Reef, Oris Clean Ocean, maupun Oris Blue Whale akan hadir di Jamtangan.com, meski belum bisa dipastikan harganya. Tapi yang jelas, Jamtangan.com akan memberikan harga terbaik untuk Anda. 

Categories: Oris