Jam Tangan Seiko “Turtle” Prospex, Anti Karat di Kedalaman 200 Meter

Seiko Turtle Prospex

Terakhir diubah pada 2022/10/25 at 11:21am oleh Contributor

Jam tangan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial ini mungkin nampak berbeda dari jam tangan Seiko pada umumnya, namun banyak memikat hati para kolektornya. Dari segi desain yang unik dan tidak biasa, jam tangan ini memiliki tampilan yang cukup besar. Walaupun demikian, jam tangan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” dapat melekat dengan indah di pergelangan tangan pemakainya karena terlihat sangat berkarakter dan nyaman dengan kualitas yang luar biasa.

Yuk, kita simak lebih lanjut mengenai spesifikasi dari Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” berikut ini.

Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial
Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial. Sumber: Gearpatrol.com.

Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial

Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial merupakan jam tangan yang dapat dikatakan ergonomis dan dapat dibaca dengan mudah. Dengan spesifikasi casediameter 45mm dan case depth 13mm, jam tangan ini bisa bertahan hingga kedalaman 200 meter di bawah air. Selain itu, Seiko Prospex SRPE93K1 juga sudah dilengkapi dengan movement Seiko 4R36 automatic.

Untuk penggemar Seiko pastinya sudah mengetahui bahwa Seiko Prospex merupakan nama dari lini produk brand Seiko, yang memang ditujukan dengan fungsi tertentu dan spesifikasi yang khusus. Sehingga dapat dikatakan bahwa jam tangan Seiko Prospex ini merupakan jam tangan yang mempunyai professional specification. Sebagai contoh, terdapat Seiko Prospex yang khusus diperuntukan untuk running (lari) dan hiking (mendaki gunung). Namun yang satu ini adalah untuk diving (menyelam).

Jam tangan Seiko “Turtle” Prospex sebenarnya memiliki kisah yang unik dibalik namanya. Walaupun Seiko tidak secara resmi menggunakan nama “Turtle” pada jam tangan ini, namun para penggemarnya mulai menyebutnya demikian dikarenakan casenya yang memiliki bentuk “cushion-shaped” yang dimana nampak seperti bantalan.

Mungkin tidak banyak diketahui oleh dunia bahwa jam tangan “Turtle” yang sebenarnya diluncurkan oleh Jepang dengan nama 6306 pada tahun 1976, dan dikenal sebagai dive watch pada eranya. Lalu kemunculan berikutnya di tahun 1978 dengan nama 6309 dan ditujukan untuk pasar global (bukan JDM saja), dengan model yang serupa namun dengan movement yang berbeda. Jadi dapat dikatakan bahwa desain jam tangan ini sudah bertahan lebih dari 45 tahun. Tentunya sangat timeless yah!

Karena kebanyakan dari Seiko dengan lini Prospex merupakan JDM (Japan Domestic Market). Dimana produk dengan JDM biasanya sudah memiliki standar yang sesuai dengan industri jam tangan di Jepang, yang memang disesuaikan berdasarkan kebijakan pemerintah. Biasanya hanya dijual di pasar domestik saja. Karena itu JDM khususnya Seiko sulit untuk didapatkan.

Selanjutnya setelah tahun 1976, jam tangan Seiko Turtlekembali hadir lagi pada tahun 2016 sebagai Seiko yang modern dan diterbitkan kembali dengan penyesuaian-penyesuaian khusus. Antara lain seperti jam tangan ini berorientasi untuk olahraga, automatic movement yang ditingkatkan, water resistance hingga kedalaman 200 meter (sebelumnya 150 meter) dan penyesuaian kecil lainnya. Hal tersebutlah yang mewakili esensi dari koleksi jam tangan Seiko, khususnya untuk dive watch dan koleksi Prospex.

Selain itu, Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” hadir dikarenakan kepopuleran jam tangan selam vintage Seiko. Mayoritas model ini memiliki fitur Seiko 24 jewel automatic (4R36) movement, dengan case stainless steel tahan karat.

Seperti jam tangan premium pada umumnya, terkadang ada beban psikologis saat menggunakannya seperti takut rusak, tergores, ataupun harus digunakan dengan penuh kehati-hatian dan sebagainya. Namun, jam tangan Seiko “Turtle” Prospex ini dapat dibilang cukup “bandel” dalam arti cukup fleksibel untuk digunakan. Tentu saja karena Seiko “Turtle” Prospex tidak mudah rusak, bahkan sekalipun kamu berusaha untuk merusaknya.

Baca juga: Prospex, Dari Seiko Untuk Kalangan Professional

Nyaman dan Ergonomis

Dengan desain yang ergonomis, jam tangan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” ini sangat menjamin kenyamanan bagi penggunanya. Dengan diameter 45mm yang mungkin terkesan besar, namun yang mengejutkan sangat pas di pergelangan tangan saat digunakan.  

Biasanya Seiko dilengkapi dengan strap jam tangan yang menggunakan material stainless steels. Dan hal itulah yang menjadi daya tarik bagi kolektornya. NamunSeiko yang satu ini hadir dengan keunikannya yaitu dengan material rubber strap berwarna hitam, yang memberikan gaya ikonik yang diasosiasikan bagi para penyelam Seiko. Ditambah dengan finishing hardware dengan logo Prospex yang di emboss memberikan kesan premium pada jam tangan ini.

Strap jam tangan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial
Strap jam tangan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial. Sumber: Gearpatrol.com
emboss jam tangan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial
emboss jam tangan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial. Sumber: Gearpatrol.com

Nilai yang Berkualitas

Bagi beberapa jam tangan premium, tentunya kualitas memberikan pengaruh yang signifikan bagi nilai sebuah jam. Sama halnya dengan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle”ini. Jam tangan yang satu ini memiliki kualitas yang luar biasa, yang mana bisa langsung terasa saat digunakan. Biasanya jam tangan seperti Turtle ini dapat ditemukan di beberapa website yang menjual Seiko.

Dengan jarum jam yang unik dengan bentuk yang tidak biasa, ditambah dengan crown yang diletakkan asimetris dengan perbandingan 3:45, menambah keunikkan jam tangan ini. Selain itu dengan display hari dan tanggal yang sangat aesthetic, jarum jam dapat memancarkan cahaya dalam gelap. Dilengkapi dengan Hardlex Crystal dan black dial menambah karakter jam tangan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” semakin kuat.

Baca juga: Jenis Kristal Pada Jam Tangan

Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial
Gambar: Tampilan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” Automatic Black Dial. Sumber: Gearpatrol.com

Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” dapat dikatakan sebagai jam tangan dengan peruntukan untuk kegiatan menyelam yang dapat mengakomodir kegiatan water sports kamu, bahkan hingga professional. 

Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” juga cocok untuk digunakan pada aktivitas sehari-hari dan pastinya akan membuat kamu terlihat lebih berkarakter. Namun kurang cocok untuk digunakan pada acara formal. Walaupun banyak orang menyebutkan jam tangan sebagai perhiasan yang mendukung penampilan, apalagi untuk jam tangan premium, namun jam tangan ini kurang cocok untuk dikatakan sebagai perhiasan karena peruntukannya yang sporty.

Dengan rubber strap yang nyaman, tentunya Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle” dapat digunakan saat kamu berpakaian kasual ataupun saat kamu ingin melakukan diving.

Cek Koleksi Seiko Lainnya di Jamtangan.com

Bagi kamu kolektor jam tangan Seiko, pastinya penasaran banget sama jam tangan Seiko Prospex SRPE93K1 “Turtle”. Kamu tentu saja bisa mengakuisisi jam tangan ini cukup dengan klik link dibawah ini yah!

Kamu masih pengen koleksi jam tangan Seiko lainnya? Jangan khawatir, karena kamu bisa melihat koleksi Seiko selengkapnya di Jamtangan.com dan kamu bisa dapatkan jam tangan Seiko yang kamu suka! 

Khusus untuk koleksi Seiko bisa kamu lihat disini yah!

Keuntungan berbelanja di Jamtangan.com kamu bisa mendapatkan produk original dengan garansi resmi. Dijamin ori dan bukan barang palsu maupun replika. Selain itu beberapa produk yang dijual online juga lebih murah loh dibanding pasaran harga pada umumnya.

Yuk, lengkapi koleksi Seiko kamu hanya di Jamtangan.com.

Oleh: Rahel

Referensi: gearpatrol.com

Total
0
Shares
Previous Article
Oris Big Crown Pointer Date

Oris Big Crown Pointer Date: Mengenal 4 Seri Jam Tangan Paling Ikonis dari Swiss

Next Article
Oris Propilot X Calibre 400

Oris ProPilot X Calibre 400: Semakin Andal & Lebih Sederhana

Related Posts
Total
0
Share