Oris Memperkenalkan Calibre 400 In-House Movement

Oris Memperkenalkan Calibre 400 In-House Movement

Tidak semua merek jam tangan mampu berinvestasi untuk memproduksi sendiri sebuah movement. Perlu investasi yang tidak sedikit dalam mengembangakan movement jam tangan mechanical. Selain itu, banyak waktu yang dibutuhkan untuk menguji sebuah rancangan movement baru. Oris, merupakan merek Swiss yang selalu konsisten membuat jam tangan dengan mechanical movement sejak tahun 1904.

Oris membuat jam tangan mechanical sejak 1907. Foto : Oris

Konsistensi dan dedikasi Oris dalam membuat jam tangan Mechanical Movement, akhirnya terbayarkan ketika mereka sukses membuat in-house movement Calibre 400. Sebuah movement dengan mekanisme self-winding, mempunyai power reserve 5 hari dan Fitur Antimagnetic. Tentu saja ini adalah hal besar bagi Oris dan pecintanya, karena tidak mudah bagi sebuah merek jam tangan bisa membuat in-house movement, ditambah lagi, Oris memberi garansi 10 tahun untuk movement ini.

Sebenarnya, bukan pertamakali Oris membuat in-house movement. Pada 2014 lalu, Oris telah membuat in-House movement Calibre 110 yang mempunyai power reserve 10 hari, hand winding movement dan menggunakan Mainspring Barrel untuk menyediakan power reserve yang konsisten. Kemudian beberapa variasi dari Calibre 110 diperkenalkan seperti Calibre 111 (dengan fitur tanggal), 113 (dengan indikator tanggal, bulan, minggu dan hari), 114 (mempunyai fitur GMT dengan jarum jam kedua yang bisa diseting secara independen terpisah dari jarum jam utama), serta 115 yang merupakan versi skeleton dari 114.

Mempunyai Power Reserve 5 Hari

Beat Fischli (Chief Operation Officer Oris), mengatakan bahwa Power Reserve yang bertahan lama menjadi standar mechanical movement Swiss pada saat ini. Menurutnya, power reserve 3 hari akan menjadi hal yang biasa, namun Oris ingin menjadi lebih baik dalam power reserve. Hal ini dibuktikan dalam Calibre 400 yang menggunakan Twin Barell Mainspring sehingga sanggup menyimpan power untuk 5 hari.

Oris Calibre 400
Oris Twin Barell Mainspring. Foto : Oris
Slide-Bearing System. Foto : Oris

Selain itu, Oris juga merevisi Rotor yang digunakan pada Calibre 400. Jika Rotor konvensional terpasang pada Ball-Bearing System dan berputar dua arah, Fischli dan tim menggunakan Slide-Bearing System yang berputar satu arah sehingga mengurangi gesekan, kompleksivitas dan bisa mengurangi tingkat keausan dalam waktu lama.

Fitur Antimagnetic

Inovasi lain pada Calibre 400 ialah kekuatannya menahan dampak medan magnet. Hal ini berkat penggunaan material Silicon di Escape Wheel dan Anchor, dan hasilnya bisa mengurangi dampak medan magnet sampai 90% dibandingkan mechanical movement standar Swiss lainnya.

Silicon Escape Wheel. Foto : Oris

Selama test yang dilakukan Laboratoire Dubois, Calibre 400 menghasilkan deviasi akurasi +-10 detik setelah terpapar medan magnet 2250 Gauss. Tentu saja hasil ini lebih tinggi daripada standar ISO 764 Antimagnetic dunia yang minimal menghasilkan deviasi akurasi +-30 detik setelah terpapar medan magnet 200 Gauss. Selama ini medan magnet menjadi momok bagi movement mechanical karena gelombang magnet bisa mempengaruhi kinerja movement.

Garansi Oris Movement

Calibre 400 diberikan garansi selama 10 tahun dan 10 tahun interval masa servis. Komitmen Oris dalam layanan ini lebih banyak dua kali lipat dari merek Swiss lainnya. Tentu saja hal ini menjadi Value tersendiri bagi para pecinta jam tangan Oris.

Categories: Oris