21 Jarum Jam Tangan dengan Berbagai Gaya dan Desain

21 Jarum Jam Tangan dengan Berbagai Gaya dan Desain

Jam tangan, dewasa ini tampil dalam berbagai bentuk dan ukuran, begitu pula jarum jam yang menunjukkan waktu.  Meskipun hanya bagian kecil dari sebuah jam tangan, namun jarum jam memiliki fungsi yang paling penting meskipun beberapa jam tangan mekanik tidak memilikinya. Jadi untuk memperluas pengetahuan, berikut daftar ekstensif yang terdiri dari 21 nama dan jenis jarum jam tangan yang berbeda.

Meskipun beberapa nama dan desain dapat diinterpretasikan secara berbeda dan terkadang hanya cocok dalam beberapa deskripsi. Ulasan ini dibuat sebagai panduan yang berguna untuk terminologi jam tangan dan untuk menemukan detail menarik terkait jam tangan Anda. Dalam industri jam tangan yang terus berkembang, kemungkinan ulasan ini tidak pernah sepenuhnya lengkap, namun kami mencoba memasukkan informasi sebanyak mungkin ke dalamnya.

Jarum Jam Tangan Alfa

Orient RA-KV0402S memiliki jarum jam tangan berbentuk Alfa pada jarum jam dan menitnya.

Dimulai dengan jarum jam berbentuk Alfa. Jarum Alfa berbentuk seperti jarum panjang dan lurus dengan alas runcing pendek. Contoh bagus dari jam tangan dengan tangan Alfa adalah Orient RA-KV0402S

Jarum Jam Tangan Panah

Jarum penunjuk jam pada Seiko Prospex SRPB99K1 Samurai PADI berbentuk anak panah

Istilah ini mungkin tidak membutuhkan banyak penjelasan karena namanya sudah menjelaskannya. Berbentuk seperti anak panah, jenis jarum ini memiliki titik berbentuk panah yang khas. Desain ini sangat mudah dibaca pada penunjuk besarnya.

Jarum Jam Tangan Tongkat

Tissot T101.407.11.011.00 T-Classic PR 100 mempunyai jarum jam dan menit berbentuk tongkat.

Jenis jarum lain yang jelas dan mudah dikenali adalah tangan bergaya tongkat. Bentuknya seperti tongkat, panjang, lurus, dan seragam dari awal sampai akhir. Mirip dengan tongkat tangan.

Jarum Jam Tangan Breguet

FIYTA GA802059 memiliki jarum jam dan menit yang disebut Breguet Hands.

Dirancang oleh pembuat jam tangan Abraham-Louis Breguet, jarum jam ini panjang dan elegan dengan cincin dan ujung di ujungnya. Cincin itu dilubangi dengan cara yang eksentrik dan menyerupai bulan sabit. Seringkali dikaitkan juga dengan apel berlubang sehingga dikenal juga sebagai Pomme Hands. Di ujung jarum ini ada ujung kecil di ujungnya. Karena sangat halus dan anggun jenis jarum ini menjadi popular.

Jarum Jam Tangan Katedral

Jika kita meihat bentuk jarum jam dan menit pada Seiko Prospex SPB121J1 Alpinist maka kita akan teringat dengan bentuk Katedral.

Model jarum jam ini sudah ada sejak lama dan ujungnya berbentuk seperti bawang merah. Desain tangan katedral menyerupai desain jendela kaca patri seperti yang ditemukan pada bangunan bersejarah.


Jarum Jam Tangan Dauphine

Seiko Presage SRPE43J1 memiliki bentuk Dauphine pada jarum jam dan menit

Jarum ini agak mirip dengan jarum Alfa, dinamakan jarum dauphine tetapi perbedaan terbesar adalah dasarnya. Jarum Dauphine melanjutkan bentuknya hingga pangkal jarum tempat jarum Alfa menyempit sebelum alasnya. Seperti kebanyakan jarum jam, jarum jam tangan ini memiliki banyak variasi seperti versi datar dan meruncing. Untuk keterbacaan yang lebih baik terkadang mereka dipoles dengan cara yang berbeda di mana satu sisi dipoles dan sisi lainnya disikat.

Jarum Tangan Fleur de Lis

Jarum jam tangan berbentuk bunga Lili pada jam tangan Czapek Quai des Bergues N°33 bis

Dalam bahasa Perancis bunga berarti ‘Fleur’ ​​dan bunga bakung disebut ‘lis’. fleur-de-lis (atau flower-de-luce) pada dasarnya adalah bunga lili hias yang digunakan sebagai simbol dekoratif. Seiring waktu, bentuk bunga lili telah digunakan pada lambang dan bendera Eropa yang tak terhitung jumlahnya. Czapek memiliki beberapa contoh jam tangan yang bagus dengan jarum fleur de Lis.

Jarum Jam Tangan daun

Jarum pada Seiko Presage SRPD97J1 berbentuk daun

Gaya jarum jam tangan yang cukup jelas lainnya adalah jarum jam daun. Desain juga dikenal sebagai feuille yang merupakan bahasa Prancis untuk daun. Desain ini memiliki bentuk organik dan gaya seperti daun panjang yang sempit namun lebar di tengah dan sempit di kedua ujungnya.

Jarum Jam Tangan Lollipop

Kita bisa melihat jarum detik pada Seiko Prospex SRPE05K1 yang berbentuk permen Lollipop.

Mirip dengan permen yang kita semua nikmati saat kecil, Jarum Lollipop memiliki bentuk yang sama seperti tongkat dengan lingkaran di ujungnya. Lingkaran di ujungnya bisa terbuka diisi dengan bahan lume.

Jarum Jam Tangan Lozenge

Seiko 5 SNK805K2 memiliki jarum jam lozenge atau berlian.

Jarum dengan bentuk ini menyerupai bentuk berlian, sering kali direntangkan. Desain ini agak mirip dengan jarum pedang tetapi lebih simetris dan berbentuk elegan. Jarum jenis ini ditemukan pada Seiko 5 Military.

Jarum Jam Tangan Mercedes

INVICTA Pro Diver 9094OB jarum jamnya disebut jarum Mercedes.

Ini tidak ada hubungannya dengan merek otomotif tetapi logo jarum ini menyerupai bintang berujung tiga di ujung jarum jam. Jarum Mercedes dirancang untuk menampung material yang cukup bercahaya sehingga dapat membaca waktu dalam segala kondisi. Jadi meskipun jarum penunjuk jam tertutup oleh jarum penunjuk lain, Anda akan dapat membaca waktu dengan benar dan tanpa masalah.

Jarum Jam Tangan Obelisk

Mido M005.929.11.051.00 Multifort GMT jarum jam dan menitnya menyerupai tugu Obelisk.

Bentuknya seperti tugu Obelisk, jarum Obelisk memiliki alas yang lebar dan perlahan-lahan semakin menyempit dengan ujung kecil.

Jarum Jam Tangan Dayung

Spinnaker Bradner SP-5062-33 jarum jamnya berbentuk dayung.

Berbentuk seperti dayung, jarum dayung  lurus dengan persegi panjang yang lebih lebar di bagian ujung. Seringkali dengan ujung kecil sebagai penunjuk.

Jarum Jam Tangan Pensil

Citizen AU1080-38E, kedua jarumnya berbentuk tongkat

Mirip dengan tongkat, jarum pensil tipis dan lurus tetapi memiliki titik kecil di ujungnya.

Jarum Jam Tangan Plongeur

Spinnaker Dumas jarum jamnya berbentuk Plongeur.

Biasanya ditemukan pada jam tangan diver karena jarum Plongeur mendapatkan namanya dari kata Perancis untuk penyelam yaitu Plongeur. Jarum Ini memiliki bentuk yang mirip dengan jarum pedang tetapi dibedakan berdasarkan alasnya. Jarum Plongeur memiliki alas lurus pendek dengan bentuk pedang yang menempel.

Jarum Jam Tangan Skeleton

Casio G-Shock GA-100-1A1DR dengan penampilan Ana-Digi jarum jamnya berjenis Skeleton.

Jarum Skeleton pada dasarnya adalah jarum yang telah dirangkai dengan cara tertentu. Melihat area di jarum. Di mana sebagian besar hanya memiliki satu area kerja terbuka, ada model di luar sana yang memiliki beberapa bukaan kecil di jarum yang sudah kecil.

Jarum Jam Tangan Snowflake

Jenis jarum jam Snowflake hanya ditemukan di Tudor Blackbay.

Terkadang Anda memiliki nama panggilan khusus untuk jam tangan tertentu dan Jarum jam bergaua Snowflake adalah contoh yang bagus. Jarum ini hanya ditemukan di jam tangan Tudor. Jarum-jarum ini telah diperkenalkan dalam upaya untuk membuatnya berbeda demgan jarum Submariner , produk  perusahaan saudaranya yaitu Rolex. Namun jarum ini dengan cepat dijuluki sebagai Snowflake karena penampilannya yang unik.

Jarum Jam Tangan Sekop

Seiko Presage SRQ025J1 jarum jamnya berbentuk sekop seperti logo sekop di kartu remi.

Bentuknya seperti simbol yang terdapat pada kartu remi. Bentuk jarum jam tangan sekop serupa dengan logo sekop yang dimasukkan. Simbol nya merupakan desain yang terinspirasi dari alat untuk menggali.

Jarum Tangan Tongkat

Orient FAC0000DD Bambino V3 memiliki jarum jam dan menit berbentuk tongkat.

Panjang dan lurus seperti tongkat  tapi lebih tipis di hadapannya.

Jarum Jam Tangan Pedang

Fossil FS4812 Grant memiliki jarum jam dan menit berbentuk pedang.

Mirip dengan jarum plongeur tapi tanpa batang di pangkalnya. Karena bentuknya, jarum disebut tangan pedang. Ditemukan di antara berbagai jam tangan tetapi biasanya dalam jam tangan Sport seperti Fossil FS4812 Grant

Jarum Jam Tangan Jarum suntik

TISSOT PRS 516 Powermatic 80 T100.430.11.051.00 jarum jam dan menitnya menyerupai jarum suntik yang ada di dunia medis.

Seperti kebanyakan nama untuk jarum jam tangan,jarum ini juga mendapatkan namanya karena menyerupai sebuah benda. Dalam hal ini, adanya kesamaan bentuk yang jelas dengan jarum suntik seperti yang digunakan di lingkungan medis. Bentuknya seperti tong dengan ujung seperti jarum yang menunjuk ke marker.