Seiko Caliber 8L35: Mechanical Movement yang Dirancang dengan Standard Tertinggi untuk Diver Watch

Seiko Caliber 8L35
Seiko Caliber 8L35

Selain dikenal sebagai salah satu brand jam tangan asal negara Jepang, Seiko juga merupakan salah satu pembuat movement terkenal dunia. Inovasi dan kreasi yang terus dilakukan membuat Seiko sukses sebagai produsen movement yang andal dan presisi. Salah satunya adalah caliber 8L35 yang dikembangkan untuk diver watch.

Kali ini, Minwatch akan menggali lebih dalam tentang Seiko caliber 8L35 yang banyak digunakan pada diver watch. Biar makin jelas, baca terus ya artikel selengkapnya di bawah ini!

Bagi sebagian kolektor, Seiko mungkin dianggap sebagai brand entry level. Cocok buat pemula yang baru ingin mengoleksi jam tangan karena beberapa model dibanderol relatif terjangkau. Meski begitu, popularitas Seiko ternyata mengundang oknum untuk membuat imitasinya.

Seiko Caliber 8L35 Diterapkan Pada Diver Watch yang Tangguh

Jam tangan Seiko Prospex yang menggunakan caliber 8L35
Jam tangan Seiko Prospex yang menggunakan caliber 8L35
Sumber: Seikowatches.com

Caliber 8L35 adalah jam tangan yang dikembangkan secara khusus untuk diver watch. Caliber 8L35 dianggap sebagai mechanical movement terkemuka dari Seiko. Movement ini dirancang dengan standar paling tinggi agar jam tangan memiliki performa tangguh dan fungsional.

Baca juga : Seiko Prospex SPB239 & SPB237, Interpretasi Modern Jam Diver Legendaris Jepang

Presisi yang Selalu Akurat dari Caliber 8L35 untuk Kondisi Panas dan Dingin

Balance wheel dan hairspring pada caliber 8L35
Balance wheel dan hairspring pada caliber 8L35
Sumber: Seikowatches.com

Roda keseimbangan atau balance wheel dan hairspring adalah komponen penting untuk memastikan detak movement yang stabil. Oleh karena balance wheel terbuat dari metal yang sensitif, perubahan suhu sekecil apapun dapat menyebabkannya mengembang atau berkontraksi. Kondisi seperti ini berpotensi menyebabkan distorsi pada bentuk balance wheel.

Mechanical movement 8L35 dapat meminimalkan efek suhu pada balance wheel. Movement ini sanggup menjaga presisi secara keseluruhan dengan menerapkan empat arm, yang biasanya 2-3 arm. Untuk menstabilkan rotasi, keseimbangan diperiksa dengan kenaikan 0,000001g. Selanjutnya disesuaikan kembali oleh para teknisi Seiko sebagai bagian dari proses kontrol kualitas yang komprehensif.

7 Jam Tangan Seiko Termahal, Harganya Sampai 230 Juta-an!

Teknik Pemrosesan Rumit pada Pembuatan Caliber 8L35 agar Transfer Power Berjalan Efisien

Teknik pemrosesan rumit pada pembuatan caliber 8L35 
Teknik pemrosesan rumit pada pembuatan caliber 8L35 
Sumber: Seikowatches.com

Power atau daya harus dapat mengalir dengan efisien di antara roda gigi agar jam dapat beroperasi. Untuk memastikan transfer power berjalan efisien, roda gigi dibuat dengan cara rumit menggunakan teknik pemrosesan tradisional dan andal. Selanjutnya dilakukan pemolesan satu per satu secara hati-hati untuk meminimalkan gesekan.

Escape wheel dan pallet fork dibuat dengan MEMS atau micro electro mechanical system, yaitu metode pembuatan komponen dengan presisi tinggi berdasarkan teknologi semikonduktor. Dengan MEMS, bagian yang halus dan presisi dapat dibuat dengan baik, sesuatu yang sulit dilakukan dengan metode konvensional. Seiko membuat roda gigi menggunakan kedua teknik tersebut, yaitu MEMS dan konvensional sehingga gesekan dapat diminimalkan dan usia tiap komponen menjadi lebih lama.

12 Jam Tangan Seiko yang Mencetak Sejarah

Performa Andal dan Keindahan Terpadu Sempurna pada Caliber 8L35

Performa andal pada caliber 8L35
Performa andal pada caliber 8L35
Sumber: Seikowatches.com

Walaupun terkadang tersembunyi di balik caseback, tiap detail caliber 8L35 dapat diamati dengan baik dan begitu pula dengan keindahannya. Back plate, bridge, dan rotor dilapisi rhodium yang tampak menonjol dengan tampilan mewah. Sementara itu, rotor dan bridge dirancang dengan pola bergelombang. Seiko memastikan adanya perpaduan sempurna antara performa dan keindahan pada mechanical movement caliber 8L35.

Perjalanan Seiko: Sejarah, Dedikasi dan Inovasi

Fitur pada Movement Caliber 8L35

Ada 3 fitur menonjol yang diselipkan ke dalam movement caliber 8L35, yaitu:

1. SPRON

SPRON 
SPRON 
Sumber: Seikowatches.com

SPRON adalah logam campuran asli Seiko yang digunakan untuk mainspring dan hairspring. SPRON dikembangkan agar tahan terhadap robekan, korosi, dan keausan. Penggunaan SPRON pada caliber 8L35 membuatnya tahan lama dan memiliki presisi stabil.

Baca juga : Opini Minwatch Tentang Seiko Diver

2. Diashock

Fitur diashock
Fitur diashock
Sumber: Seikowatches.com

Diashock adalah struktur yang dikembangkan Seiko untuk meningkatkan ketahanan movement terhadap guncangan. Diashock digunakan sebagai bantalan atau bearing untuk balance wheel pivot. Balance wheel merupakan bagian dari movement yang sangat sensitif terhadap guncangan. Dengan diashock, struktur jam bisa memiliki stabilitas tinggi bahkan saat mengalami guncangan mendadak.

Baca juga : 5 Rekomendasi Jam Tangan Seiko Reissue Paling Ikonik

3. Magic Lever

Fitur magic lever 
Fitur magic lever 
Sumber: Seikowatches.com

Magic lever memiliki peran penting pada efisiensi winding dari mainspring pada automatic movement. Magic lever memiliki dua spring pullet dengan bentuk berbeda yang selalu bersentuhan dengan roda transmisi yang digunakan untuk memutar barrel mainspring. Ketika rotor bergerak ke salah satu arah, kedua pullet magic lever akan menghasilkan gerakan yang searah dengan roda transmisi. 

Ketika salah satu pullet magic lever menarik transmission wheel, pullet tersebut akan bergerak kembali ke tempatnya dan yang lain mendorong roda yang sama dari sisi berlawanan hingga kembali lagi ke tempat semula. Hal ini memungkinkan terjadinya efisiensi winding pada mainspring.

Wajib Tahu! Ini Koleksi Seiko Diver yang Spesial di Kelasnya

Jam tangan yang Dibekali Seiko Caliber 8L35

Caliber 8L35 termasuk automatic movement dengan fitur hand winding dan hack second hand. Bergerak dengan 28,800 bph, movement ini memiliki akurasi -10 hingga +15 detik per hari, dengan 26 jewels, dan power reserve hingga 50 jam. Ada beberapa jam tangan Seiko yang dibekali caliber 8L35. Misalnya adalah Seiko Prospex SLA021, Seiko Prospex SLA023J1, Seiko Prospex SLA042J1, dan Seiko Prospex SLA049J1.

Apakah kamu tertarik untuk mengoleksi jam tangan Seiko dengan caliber 8L35 yang memiliki daya tahan tangguh dan dapat diandalkan untuk diver watch? Jika iya, kamu bisa mendapatkannya di Jamtangan.com!

Referensi:

https://www.seikowatches.com/us-en/products/prospex/8L35

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Blue Steel Hands

Memahami Apa Itu Blue Steel Hands

Next Article
5 Seiko Prospex Terbaru

Serbuan Seiko Prospex Baru di Awal 2023: Trio Black Series hingga Sumo Solar GMT

Related Posts
Total
0
Share