Perhatian! Simak Review Jam Tangan Seiko “King Sumo” Terbaru Di Sini

review seiko king sumo
review seiko king sumo

Review jam tangan Seiko “King Sumo” ini pastinya dinanti-nanti oleh pada watch enthusiast. Bukan saja karena jam tangan ini jebolan pabrik jam raksasa asal Jepang, namun juga jam tangan Seiko “King Sumo” memiliki posisi yang istimewa di pergelangan tangan para kolektornya.

Sebut saja Tuna, Samurai, Alpinist, Turtle dan seri lainnya pada am tangan Seiko dengan julukan yang unik di setiap koleksinya. Dari semua seri tersebut, seri koleksi Prospex yang didedikasikan sebagai jam tangan penyelam dengan berspesifikasi profesional. Koleksi divers diracik ulang beberapa tahun terakhir, dengan banyak koleksi klasik yang sudah di update dan upgrade dengan material ketahanan dan fitur yang lebih baik. Sebut saja King Samurai, King Turtle atau yang terbaru Shogun. 

Saat ini giliran Sumo muncul dengan koleksi terbaru, material yang baru dan dengan desain yang keren. Simak terus review jam tangan Seiko “King Sumo”, Seiko Prospex SPB323J1 King Sumo dan Seiko Prospex SPB321J1 King Sumo berukit ini.

Seiko Sumo SBDC001, Review Dan Ulasan

Seiko Prospex SPB321J1.
Seiko Prospex SPB321J1.
Sumber: Monochrome-watches.com.
Baca juga: Review: Seiko Solar Divers Chronograph SSC017P1

Model Simbolik Sejak Tahun 2007

Mari kita mulai review jam tangan Seiko yang dijuluki “Sumo” dengan menilisik asal muasal julukan ini. Dari banyaknya diver watch Seiko, julukan Sumo bukanlah julukan awal dari jam tangan ini. Tapi seiring waktu berjalan, julukan Sumo terus melekat dan diakui oleh Seiko sendiri. Ada beberapa teori yang bisa menjelaskan asal muasal dari julukan ini. 

Pertama, dari penampilannya yang kekar dan dipasangkan dengan bracelet tipis berukuran 20 mm. Kedua, penanda jam 12 yang mirip dengan “Mawashi”, yang merupakan outfit yang dikenakan pegulat sumo Jepang saat bertanding. Ketiga, karena bentuk bezelnya yang menyerupai “Dohyo” yang merupakan tempat berlangsungnya pertarungan Sumo. 

Seiko Sumo Generasi Kedua.
Seiko Sumo Generasi Kedua.
Sumber: Monochrome-watches.com.

Jajaran Seiko Terbaru 2022 yang Siap Memukau Para Kolektor Jam Tangan

Seiko Sumo pertama release dengan referensi SBDC001 pada tahun 2007, dan dipasarkan khusus untuk pasar domestic Jepang / JDM (Japanesse Domestic Market). Berikutnya generasi kedua dari Seiko Sumo dengan nomor referensi SBDC031 sebagai jam tangan mid-range. Seiko Sumo generasi kedua berada di atas Turtle dan Samurai yang entry-level, namun di bawah Marine Master 300m. Seiko Sumo memiliki movement yang lebih baik dari Turtle dan Samurai, case yang lebih mendetail, tingkat ketahanan air yang lebih rendah dan tanpa sapphire crystal seperti MarineMaster 300m (MM300). 

Seiko Sumo terdahulu merupakan tipikal Seiko Divers dengan ukuran case 45mm x 13.5mm, tetap dengan posisi crown yang berada di dekat angka 4, dan ukuran penanda yang besar pada dial. Model ini tidak berevolusi dari 2007 ke 2018 dan tetap bertenaga automatic calibre 6R15.

Seiko Sumo 2019.
Seiko Sumo 2019.
Sumber: Monochrome-watches.com.
Baca juga: Seiko Prospex SRP585K1 Automatic Divers 200M

Seiko Sumo Terbaru

Senada dengan koleksi Seiko Sumo di tahun 2019, dan juga pada King Samurai dan King Turtle, kali ini Seiko menambahkan lapisan material kelas atas ke salah satu jam tangan simbolik miliknya. Seiko Sumo yang sebelumnya sudah menggunakan sapphire crystal. Seiko Sumo terbaru atau yang akrab dengan julukan “King Sumo” fokus pada ketahanan bagian luar, dengan material baru, warna dan dial yang baru.

Review jam tangan Seiko “King Sumo” yang pertama bisa kita lihat pada case dan desainnya secara keseluruhan, di mana Seiko Prospex SPB323J1 King Sumo Automatic Divers dan Seiko Prospex SPB321J1 King Sumo Automatic Divers memiliki model yang setipe dengan pendahulunya. Model kali ini lebih meningkatkan kualitas, bukan sekedar gaya. Koleksi ini tetap mempertahankan ukuran oversize yang asli dan tidak “dirampingkan”. Seiko “King Sumo” tetap memiliki ukuran diameter 45mm, tinggi 12,9mm, dan ukuran lug-to-lug lebih dari 52mm yang nyaman di pergelangan tangan.

Seiko “King Sumo” SPB321J1 di pergelangan tangan berukuran 19 cm.
Seiko “King Sumo” SPB321J1 di pergelangan tangan berukuran 19 cm.
 Sumber: Monochrome-watches.com.

Deretan Jam Tangan Seiko Terlaris Tahun Desember 2022

Review jam tangan Seiko “King Sumo” kedua, yaitu dari segi bentuk. Bisa dilihat bentuknya masih seperti pendahulunya, dengan twisted lugs dan curved profile, dengan bezel yang dipoles dan garis yang halus. Posisi crown tetap berada di angka 4 yang nampak sama dengan pendahulunya. Tetap memiliki sapphire crystal, screw-down caseback dan crown dengan fitur water-resistance 200m. Namun ada perubahan yang mencolok yaitu pada materialnya yang menggunakan stainless steel dengan coating Super-Hard. Jam tangan ini memberikan ketahanan untuk kamu beraksi.

Seiko “King Sumo” SPB323J1.
Seiko “King Sumo” SPB323J1.
Sumber: Monochrome-watches.com.

Review selanjutnya mari kita membahas dari segi bezel. Bezel yang terbaru menampilkan ceramic dengan skala yang bergerak dari nol hingga 60. Bezel Seiko Prospex SPB323J1 King Sumo dan Seiko Prospex SPB321J1 King Sumo tersedia dalam dua warna yaitu hitam atau biru gelap, tergantung dari dial-nya.

Lalu bila dilihat dari dial-nya, Seiko “King Sumo” memiliki keunikannya.Dapat dilihat simbol yang melekat pada jam tangan ini terlihat pada jarum jam dan menit yang masih serupa dengan desain jam tangan Seiko Sumo sejak tahun 2007. Simbol lainnya seperti “Sumo Belt” yang merupakan signature dari seri ini masih dapat kita temukan di penunjuk jam 12 dengan ukuran yang sama seperti sebelumnya. 

Semua elemen pengganti angka dilapisi dengan Lumibrite, dan jika diperhatikan lagi ada penanda kecil baru di sebelah tanggal. Kali ini Seiko “King Sumo” menghadirkan efek gradasi dengan latar warna abu-abu dan biru dengan pola gelombang horizontal halus.

Selain terkenal lihai menciptakan jam tangan penyelam andalan untuk profesional, Seiko juga piawai membuat dress watch yang elegan. Lini dress watch dari Seiko diberi nama Presage.

Dial Seiko Sumo.
Dial Seiko Sumo.
Sumber: Monochrome-watches.com.

Pada bracelet, Seiko “King Sumo” memiliki bracelet yang di desain ulang dengan menggunakan Super-Hard coating. 3-link bracelet sangat kokoh dengan clasp menggunakan pengunci yang aman, push-button release dan wetsuit extension. 

Seiko Porco Rosso: Kolaborasi Epik Seiko Presage dan Ghibli

Bracelet Seiko Sumo.
Bracelet Seiko Sumo.
Sumber: Monochrome-watches.com.

Review jam tangan Seiko “King Sumo” kelima yaitu dari movement. Tidak ada perubahan signifikan dari movement Seiko Sumo yang terbaru, yang di mana masih ditenagai dengan automatic calibre 6R35 dengan power reverse selama 70 jam.

Baca juga: Seiko Prospex Save the Ocean Special Edition Diluncurkan Untuk Dukung Pelestarian Ekosistem Laut

Koleksi Seiko “King Sumo” di Jamtangan.com

1. Seiko Prospex SPB323J1 King Sumo Automatic Divers

Seiko Prospex SPB323J1 King Sumo.
Seiko Prospex SPB323J1 King Sumo.
Sumber: Jamtangan.com.

Rekomendasi Jam Tangan Pria Anti Air : 10 G Shock Terbaru

  • Warna: Biru
  • Water resistance: 200 m
  • Movement: automatic calibre 6R35
  • Harga: Rp13.3 jutaan

2. Seiko Prospex SPB321J1 King Sumo Automatic Divers

Seiko Prospex SPB321J1 King Sumo.
Seiko Prospex SPB321J1 King Sumo.
Sumber: Jamtangan.com.
  • Warna: Abu-abu
  • Water resistance: 200 m
  • Movement: automatic calibre 6R35
  • Harga: Rp13.3 jutaan

Invasi Seiko Penyu Hijau

Seiko Prospex SPB323J1 King Sumo Automatic Divers (biru) dan Seiko Prospex SPB321J1 King Sumo Automatic Divers (abu-abu) sudah hadir di Jamtangan.com lho!  Kedua jam tangan ini dibanderol dengan harga masing-masing sebesar Rp13,3 jutaan. Kamu akan mendapatkan jam tangan divers kelas atas dengan kualitas yang luar biasa meningkat dari sebelumnya. Beli jam tangan di Jamtangan.com #PastiOri dan bergaransi.

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

https://monochrome-watches.com/review-2022-new-seiko-sumo-prospex-diver-200m-ceramic-spb321j1-spb323j1-price/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
sejarah jam tangan zenith

Sejarah Tersembunyi Di Balik Jam Tangan Zenith

Next Article
jam tangan titanium

5 Rekomendasi Jam Tangan Titanium Terbaik

Related Posts
Total
0
Share