Seiko Sumo SBDC001, Review Dan Ulasan

Seiko Sumo SBDC001, Review Dan Ulasan

Seiko Sumo adalah nama julukan bagi tiga jenis Seiko JDM Prospex diver yaitu Seiko SBDC001 (black Sumo), SBDC003 (blue Sumo) dan SBDC005 (orange Sumo). Ketiga jam ini sama saja secara fisik dan spek, hanya berbeda pada warna saja. Review kali ini fokus pada Seiko SBDC001 atau para penggemar Seiko sering menjulukinya dengan black Sumo atau Seiko Sumo saja.

Spek

Seiko Sumo mempunyai spek tahan air 200 meterdengan standar ISO 6425 dan menggunakan mesin cal.6r15 yang mempunyai akurasi standar pabrikan +25 sampai -15 detik per hari, serta fitur tanggal dan power reserve 50 jam. Mesin 6r15 mempunyai fitur hack (memberhentikan jarum detik dengan menarik crown) dan hand winding (mengisi power dengan cara memutar crown). Seiko Sumo mempunyai berat 183 gram dan ketebalan 13,3 mm. Diameternya 45mm dan lug to lug 52,6mm. Secara dimensi jam ini cukup besar akan tetapi karena bentuk lug yang panjang dan melengkung membuat jam ini cukup nyaman bersandar di pergelangan tangan. Selain itu Seiko Sumo menggunakan Hardlex Crystal cembung yang cukup keras. Seiko Sumo juga dilengkapi dengan screw down crown dan screw caseback yang membuat Seiko Sumo cukup bisa diandalkan sebagai jam diving tangguh.

Seiko Sumo

Gambar 1. Keindahan lekukan, finishing Seiko Sumo serta crown dengan grafir huruf “S” membuat jam ini cantik.

Finishing dan Lume

Karena Sumo merupakan produk JDM (Japan Domestic Market), maka kualitas pembuatannya pun sangat baik dan sesuai standar produk Jepang. Sekedar pengetahuan, Jepang adalah negara yang menerapkan standar tinggi pada produk-produk yang dipasarkan pada pasar domestiknya. Finishing sumo yang mempunyai kombinasi brushed dan polished sangatlah halus. Kita bisa melihat keindahan dan kilauan finishingnya jika jam ini dilihat di tempat yang mempunyai cukup cahaya. Selain itu, lekukan dan sudut pada jam ini tidaklah tajam, sehingga cukup nyaman dipakai dipergelangan tangan. Seiko Sumo juga dilengkapi lume (fosfor yang bisa menyala pada marker dan jarum). Lume pada Sumo, cukup terang dan bisa diandalkan ditempat yang minim cahaya. Jam ini semakin indah dengan grafir logo “S” pada crown dan logo tsunami di caseback yang merupakan lambang Seiko Diver.

seiko sumo lume

Gambar 2. Lume pada Seiko Sumo salah satu yang paling terang.

Bezel, Dial dan Marker

Bezel pada Sumo, merupakan bezel satu arah dengan 120 klik. Lume pip pada bezel juga menyala cukup terang. Angka-angka yang tercantum pada bezel, cukup besar dan mudah dibaca, sehingga membuat bezel jam ini cukup legible. Dial jam ini berwarna hitam dan tidak mengkilat, sehingga tidak merefleksikan cahaya. Marker dan hands pada jam ini cukup cantik karena mempunyai bingkai chrome yang indah, selain itu, marker dan hands pada Sumo, sangat mudah dibaca, hal ini sesuai dengan standar jam diver yang memang harus mudah dibaca pada jarak tertentu.

Seiko Sumo dial n bezel

Gambar 3. Angka bezel, dial dan marker pada Sumo, cukup besar dan legible (mudah dibaca).

Bracelet dan Spring Bar

Bracelet pada Sumo adalah solid oyster bracelet dengan endlink yang solid juga. Finishing pada bracelet adalah brushed yang sangat halus. Seperti layaknya jam diver professional, bracelet Sumo juga dilengkapi dengan diver extension, sehingga memudahkan pemakaian pada baju selam. Sambungan antar link bracelet menggunakan pin khusus yang mempunyai kunci, sehingga menjamin kekencangan antar link pada bracelet. Sumo memakai fat spring bar yang merupakan standa jam diver dari Seiko.

Sumo bracelet endlink

Gambar 4. Bracelet pada Sumo menggunakan oyster yang solid serta mempunyai endlink yang solid.

Kesimpulan dan Harga

 

IMG-20140721-WA0021

Gambar 5. Walaupun berdimensi cukup besar, namun Seiko Sumo cukup pas digunakan pada pergelangan yang tidak terlalu besar.

Seiko SBDC001 atau black Sumo ini, dijual dikisaran 5 sampai 6 juta rupiah (kondisi baru dan bergaransi). Dengan spek dan build quality yang bagus, jam ini sangat bernilai atau valuable di kisaran harga tersebut. Sangat sulit menemukan jam dengan spek dan build quality setara Seiko Sumo di range harga 5 sampai 6 juta rupiah. Desain Seiko Sumo yang merupakan desain diver classic elegan, cukup fleksibel untuk dipakai diberbagai macam situasi dari casual sampai formal. Bagi anda yang menyukai jam elegan, tangguh dan tahan air, mungkin Seiko SBDC001 atau yang dikenal dengan Seiko Sumo adalah solusinya.