Seiko Porco Rosso: Kolaborasi Epik Seiko Presage dan Ghibli

Seiko Porco Rosso: Kolaborasi Epik Seiko Presage dan Ghibli

Sejak kemunculannya di tahun 2016, Seiko Presage sudah dikenal mengangkat sisi unik dan artistik dari sebuah mahakarya Jepang. Baik itu tema karya seni buatan tangan seperti enamel dan porselen hingga ke film-film animasinya yang mendunia. Nah, kali ini Seiko memberi teaser untuk produknya yang tak kalah magis dari Seiko Presage.

Seiko memutuskan untuk berkolaborasi dengan Studio Ghibli yang dikenal akan kualitas sinematografi animasinya dan cerita-ceritanya yang bertema misteri-fantasi. Pada seri yang dinamai Seiko Porco Rosso ini, Seiko memang mengangkat film Porco Rosso sebagai inspirasi pada jam tangan yang diciptakan dalam 2 model.

Porco Rosso

Salah satu karya terbaik dari Studi Ghibli adalah film Porco Rosso yang dirilis tahun 1992. Film ini mengisahkan tentang pilot yang hidup di abad ke-20 yang menjelma menjadi babi terbang, Porco. Si Porco mendedikasikan dirinya untuk menumpas para bandit-bandit udara yang berkeliaran di langit Itali dan Laut Adriatic. Sinematografi yang dramatis khas Ghibli, membuat penontonnya akan hanyut pada kisah bertema dunia penerbangan tersebut.

Tipe SNR047J1

SNR047J1. Sumber Foto: seikowatches.com

Hadir dengan dial enamel yang diproduksi melalui metode manufakturisasi bertemperatur tinggi, membuat setiap dial pada seri Porco Rosso memiliki semacam bercak halus atau permukaan tak rata yang menampilkan sisi unik dari enamel. Semakin cantik dengan see-through case back yang bisa memperlihatkan movement yang sedang bekerja. Hanya diproduksi sebanyak 500 pcs, tipe ini menggunakan Caliber 5R65 dengan movement jenis Spring Drive. Diameternya 40 mm, dengan tebal 13,1 mm dan tahan air hingga 10 bar. Sudah dilengkapi komplikasi date, Power Reserve Display dan Fitur Stop Second Hand untuk menjaga akurasi waktu.

Tipe SRQ033J1

SRQ033J1 . Sumber foto: seikowatches.com

Hampir sama dengan seri gandengannya, dial seri SRQ033J1 ini bermaterialkan enamel yang cantik dengan bercak halus yang khas. Namun pembedanya, ialah Caliber yang memotori jam ini adalah tipe 8R48 dengan movement jenis automatic. Jam tangan ini juga dilengkapi fitur manual winding. Jika seri SNR047J1 memiliki Power Reserve Display pada dialnya, seri SRQ033J1 dilengkapi dengan Chronograph 30 menit dan 12 jam sehingga lebih manly. Plus ada komplikasi date dan fitur Stop Second Hand agar lebih akurat. Diameternya selisih sedikit saja yakni 42 mm dan sedikit lebih tebal yakni 14,9 mm. Case back-nya juga sama-sama berjenis see-through case back yang memperlihatkan isi jam tangan. Seri ini hanya tersedia 600 pcs saja, jadi siap-siap untuk berburu.

Special Box

Special Box Seri Porco Rosso
Sumber Foto: seikowatches.com

Karena Seiko Porco Rosso merupakan seri Limited Edition, maka tentu saja dilengkapi dengan Box khusus yang makin menambah nilai estetis dan komersil dari jam tangan ini. Bahkan di dalamnya terdapat surat dari Hayao Miyazaki sang Direktur Studio Ghibli itu sendiri. Semakin ciamik juga dengan strap tambahan beserta lap kulit yang tersemat di box di tiap seri Seiko Porco Rosso.

Bagaimana, apakah tertarik dengan seri Seiko Presage satu ini? Hadir pada Juni 2020 dan siap diserbu penggemarnya.

Untuk dapatkan koleksi Seiko yang tak kalah menarik bisa cek saja di Jamtangan.com

Categories: Editor's Choices, News