Mengenal 5 Movement Automatic Jam Tangan Orient

orient movement
orient movement

Terakhir diubah pada 2023/01/16 at 4:44pm oleh Contributor

Orient adalah salah satu brand jam tangan asal Jepang yang cukup populer. Harganya yang terjangkau dengan kualitas yang baik membuat koleksi jam tangan Orient cukup laris di Jamtangan.com. Model serta keunikan desain pada setiap koleksinya juga membuat brand ini memiliki banyak penggemar.

Selain unik, jam tangan Orient dibuat dengan presisi yang baik. Orient movement atau mesin penggerak jam tangan Orient ini memiliki akurasi yang baik di kelasnya. Hingga kini, tingkat presisi pada setiap jam tangan Orient tetap dipertahankan.

Sebagai produsen jam tangan mekanik dari Jepang, Orient dan Orient Star memiliki kualitas serta presisi pada setiap koleksinya. Orient memproduksi sendiri mesin jam atau movement, yang mana digunakan pada produk jam tangan mekaniknya. 

Mungkin sangat umum bagi kamu untuk melihat jam tangan mewah palsu, seperti Rolex, Patek Philippe, Audemars Piguet dan berbagai brand lainnya. Namun jam tangan entry level seperti Orient juga menjadi incaran pemalsu dengan ciri yang dibuat dengan begitu mirip. Penting untuk kamu mengetahui cara membedakan jam tangan orient yang asli dan model palsu.

2 Jenis Movement Mekanik

Jenis Jam Tangan Mekanik Orient.
Jenis Jam Tangan Mekanik Orient.
Sumber: https://orient-watch.com/mechanical-world-of-watches

Jam tangan mechanical atau mekanik digerakan oleh mesin atau movement yang dirangkai dari ratusan part kecil serta mainspring. Mesin pada jam tangan mekanik bisa dibilang cukup komplek. Ada 2 jenis movement mekanik yang dibedakan dari mekanisme pengisian dayanya.

1. Hand-Winding

Yang pertama adalah jam tangan mekanik dengan mekanisme hand-winding atau manual-winding. Jam tangan ini cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun acara khusus. Energi jam tangan hand-winding ini akan terisi apabila bagian crown-nya diputar secara manual.

Baca juga : 7 Rekomendasi Jam Tangan Automatic Murah Mulai Rp1 Jutaan!

2. Self-Winding

Kedua, jam tangan dengan mekanisme self-winding atau biasa disebut dengan automatic. Apabila kamu kerepotan dengan jam tangan hand-winding yang dayanya baru akan terisi bila crown diputar secara manual, mekanisme self-winding atau jam tangan automatic adalah pilihan yang tepat. Kamu hanya perlu menggoyangkan jam dan daya akan terisi sehingga jam tangan automatic sangat ideal untuk kamu yang cukup sibuk.

Satu Minggu bersama Orient Envoy

3 Kelebihan Movement Mekanik Orient

Kelebihan Jam Tangan mekanik Orient.
Kelebihan Jam Tangan mekanik Orient.
Sumber: https://orient-watch.com/mechanical-world-of-watches

Orient movement atau mesin jam tangan Orient punya kualitas yang terjaga. Orient sendiri menawarkan 3 kelebihan pada setiap jam tangan mekaniknya.

1. Clean energy

Pertama, movement pada jam tangan Orient ini ramah lingkungan. Di mana, jam tangan mekanik Orient tidak menggunakan listrik. Selain itu, material pada movement-nya terbuat dari bahan alami.

Baca juga : Akurat dan Tahan Lama, Apa itu Movement Meca-Quartz?

2. Prestige

Selain ramah lingkungan, jam tangan mekanik Orient memiliki keindahan tersendiri. Bisa dibilang, Orient menawarkan jam tangan mekanik yang prestige. Ada 3 nilai yang ditanamkan pada koleksi jam tangan mekanik Orient ini, yaitu affluence, good taste dan culture.

3. Quality

Orient membuat jam tangan mekanik dengan kualitas yang terjaga. khususnya pada bagian movement-nya. Orient selalu menjaga kualitas mesin jam yang punya presisi tinggi dan daya tahan yang baik. Sehingga, jam tangan mekanik Orient punya umur yang panjang dan cocok dijadikan investasi.

Dress Watch Orient: Jam Tangan Klasik Dengan Harga Kompetitif

2 Cara Mengetahui Nomor Kaliber Pada Jam Tangan Orient

Nomor Kaliber Pada Jam Tangan Orient.
Nomor Kaliber Pada Jam Tangan Orient.
Sumber: https://calibercorner.com/how-to-find-orient-caliber-numbers/

Seperti yang sudah Minwatch tulis sebelumnya, jam tangan Orient dibekali kaliber atau movement. Untuk mengetahui model kaliber pada jam tangan mekanik Orient, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan.

1. Lihat 10 Angka pada Model Number 

Pertama, kamu bisa memeriksa 10 digit pada kartu garansi jam tangan Orient. Biasanya, nomor ini juga ada pada tag produk yang terpasang saat pertama kali membelinya. Di mana, digit kedua dan ketiga itu menunjukan nomor kaliber jam tangan Orient-mu. Jika nomor modelnya “0AA00001B”, maka nomor kalibernya adalah “AA”.

Baca juga : Perbedaan Movement Jam Tangan Automatic dan Quartz

2. Cek Kode pada Bagian Case

Yang kedua, kamu bisa melihat ke bagian belakang jam atau back-case. Perhatikan kode yang ada di back-case jam, yang mana dua digit pertama merupakan nomor kaliber jam tangan Orient.

Orient Bambino: Dress Watch Affordable Masa Kini

Review 5 Movement Automatic Orient

1. ORIENT CALIBER F6N43

ORIENT CALIBER F6N43.
ORIENT CALIBER F6N43.
Sumber: https://calibercorner.com/orient-caliber-f6n43/

Kaliber pertama adalah F6N43 yang merupakan bagian dari famili kaliber F6N4 milik Orient. F6N43 termasuk automatic movement yang punya cadangan daya hingga 50 jam. Kaliber ini juga memiliki indikator untuk melihat cadangan daya yang terletak pada posisi jam 12, serta date window pada posisi jam 3.

2. ORIENT CALIBER F6222

ORIENT CALIBER F6222.
ORIENT CALIBER F6222.
Sumber: https://calibercorner.com/orient-caliber-f6222/

Kedua ada Orient Caliber F6222, kaliber ini merupakan automatic movement yang memiliki 24 jewels dengan daya cadangan hingga 40 jam. Mesin jam tangan Orient ini punya fitur yang penting, yang mana terdapat sub-dial detik yang ada pada posisi jam 6. Selain itu, kaliber ini dilengkapi komplikasi tanggal yang bisa dilihat pada bagian dial, tepatnya pada posisi jam 3.

Baca juga : Apa itu Quartz Movement?

3. ORIENT CALIBER F6724

ORIENT CALIBER F6724.
ORIENT CALIBER F6724.
Sumber: https://calibercorner.com/orient-caliber-f6724/

Selanjutnya adalah kaliber F6724 yang bisa kamu temukan pada series Orient Bambino. Kaliber ini memiliki 22 jewels dengan cadangan daya 40 jam. Kaliber buatan Jepang ini pertama rilis pada tahun 2016.

Miyota, Pembuat Movement Berkualitas Untuk Berbagai Brand Jam Tangan di Dunia

4. ORIENT CALIBER F6722

ORIENT CALIBER F6722.
ORIENT CALIBER F6722.
Sumber: https://calibercorner.com/orient-caliber-f6722/

Kaliber F6722 adalah salah satu movement automatic Orient yang punya 22 jewels. Untuk power reserve-nya, kaliber Orient ini punya cadangan daya hingga 40 jam. Orient memberikan peningkatan dengan menambahkan fitur hacking dan hand-winding.

5. ORIENT CALIBER F6922

ORIENT CALIBER F6922.
ORIENT CALIBER F6922.
Sumber: https://calibercorner.com/orient-caliber-f6922/

Yang terakhir adalah kaliber F6922, movement automatic ini punya cadangan daya 40 jam. Dirancang dengan 22 jewels, kaliber buatan Jepang ini dirilis pada tahun 2016. Terdapat komplikasi hari dan tanggal yang terletak pada posisi jam 3.

Salah Kaprah Jam Tangan Automatic vs Kinetic

Buat penggemar brand Orient, kamu bisa mendapatkan jam tangan mekanik Orient dengan harga terbaik di Jamtangan.com. Liat koleksi Orient lengkapnya sekarang!

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

https://orient-watch.com/mechanical-world-of-watches

https://calibercorner.com/how-to-find-orient-caliber-numbers/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
review invicta pro-driver

Review Jam Tangan Invicta Pro Diver: 35694, 35691, 35693

Next Article
Review Jam Tangan Seiko Prospex Shogun

Review Jam Tangan Seiko Prospex Shogun: SPB191J1 dan SPB189J1

Related Posts
Total
0
Share