Yuk, Bersihkan Jam Tanganmu!

Yuk, Bersihkan Jam Tanganmu!

Berkaitan dengan maraknya pemberitaan tentang penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia belakangan ini, hampir sebagian orang berburu masker atau hand sanitizer. Ya, dua barang itu setidaknya dipercaya mampu membatasi kontak kita dengan dengan virus Covid-19. Tak berhenti sampai di situ, banyak orang yang beramai-ramai melakukan aksi bersih-bersih rumah atau mensterilkan benda-benda dan ruang publik melalui penyemprotan disinfektan untuk menekan pertumbuhan virus Covid-19.

Mikroba/kuman/virus. Foto: thought.co

Nah, bagi kita yang setiap hari mengenakan jam tangan favorit pastinya juga was-was nih. Mengingat benda-benda yang kita gunakan dan sentuh sehari-hari juga berpotensi menjadi tempat bersarangnya mikroba dan virus-virus pembawa penyakit. Katakanlah saja ponsel dan jam tangan nih. Bayangkan betapa banyaknya mikroorganisme dan kotoran yang menempel di benda-benda pribadi kita. Agak ngeri juga membayangkannya!

Tapi sebenarnya bisa ga sih jam tangan dibersihkan atau bahkan disterilkan? Mungkin sebagian dari kita berpikir mungkin saja direbus atau direndam dengan disinfektan jika ingin lebih ekstrim?! Siapa sih yang ga takut kalo ternyata virus Covid-19 masuk ke tubuh dari benda-benda yang kita gunakan tiap hari? Jawabannya, pasti auto ingin membersihkan jam tangan dong ya! Oke, mari kita bahas di sini.

Praktek pembersihan jam tangan sebenarnya sangat dianjurkan dan perlu dilakukan secara berkala bahkan ketika kita tidak sedang menghindari virus Covid-19 sekalipun. Bagi para watch enthusiast hal ini tentu salah satu hal wajib untuk menjaga koleksi jam tangan tetap prima dan terjaga keawetannya.

Foto: youtube.com

Menurut ablogtowatch, ternyata membersihkan jam tangan itu mesti dilakukan, terutama jika jam tangan kita sudah kotor. Caranya gampang, hanya menggunakan air bersih dan sabun saja. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua material pada jam tangan bisa dibersihkan dengan air dan sabun. Terutama apabila jam tangan yang kita gunakan bukanlah water resistant.

Menurut watchmaker dari Stoll & Co, cara membersihkan jam tangan cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Akan tetapi ini pembersihan yang dilakukan untuk bagian luar jam tangan saja, bukan bagian dalamnya. Jika Anda ingin pembersihan secara komprehensif hingga ke bagian dalam jam tangan, maka Anda perlu membawanya ke tempat servis jam tangan. Gunanya agar jam tangan Anda bisa dibersihkan dengan benar oleh ahlinya.

Membersihkan jam tangan dengan air dan sabun. Foto: fratellowatches.

Untuk membersihkan jam tangan sendiri, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, air bersih dan sabun yang lembut sudah cukup untuk membersihkan jam tangan. Pastikan air yang Anda gunakan bukan air hangat atau panas. Sebab, air panas dikhawatirkan akan membuat bagian gasket, seal, dan material di permukaan bisa terdampak.

Jam tangan seperti apa yang bisa dibersihkan dengan air dan sabun?

Pastinya tidak semua jam tangan bisa kita bersihkan dengan asal. Jam tangan yang bermaterialkan Stainless Steel, Titanium, Rubber dengan Mineral Crystal atau Sapphire Crystal boleh untuk dibersihkan dengan air dan sabun. Ingatlah bahwa strap jam tangan yang mengandung rantai-rantai yang kecil seperti Mesh Strap, Jubilee Strap perlu penanganan khusus, misal dengan sikat yang lembut untuk mengangkat kotoran di sela-sela rantai.

Jika Anda, ingin lebih steril, Anda bisa tambahkan alkohol 60% untuk pembersihan ekstra. Caranya, anginkan dulu jam tangan Anda hingga kering baru oleskan alkohol 60% dengan kapas lembut. Jangan terlalu banyak, cukup beberapa tetes saja karena terlalu banyak alkohol juga tidak baik untuk material jam tangan terutama yang mengandung coating. Jika jam tangan Anda bermaterialkan plasti, keramik, atau fiber karbon, sebaiknya cukup dengan air bersih dan sabun saja.

Namun, jika Anda merasa jam tangan Anda perlu pembersihan secara menyeluruh, Anda bisa membawanya ke tempat servis jam terpercaya. Di beberapa tempat servis jam tangan yang bagus, mereka memiliki mesin pembersih ultrasonik dan mesin steam cleaning. Tentunya jam tangan Anda bisa dibersihkan hingga ke bagian dalamnya oleh tenaga profesional dan dibersihkan secara menyeluruh.

Dan yang lebih penting adalah selalu ingat untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan benda-benda pribadi Anda. Jika kita selalu bersih, kemungkinan virus menempel di tubuh kita bisa diminimalkan. Stay safe sobat Jamtangan.com 🙂