Jangan Cuma Dipakai, Ini Cara Membersihkan Strap Jam Tangan

Jangan Cuma Dipakai, Ini Cara Membersihkan Strap Jam Tangan

Bagi para watch enthusiast, keluar rumah tanpa pakai jam tangan rasanya ada yang hilang. Kalau kamu termasuk golongan ini, kamu mungkin pakai jam tangan setidaknya 8-12 jam dalam sehari. Kalau baju yang kamu pakai seharian biasanya langsung dicuci, bagaimana dengan jam tanganmu?

Ya, jam tangan juga perlu dirawat dan dibersihkan, guys. Jangan cuma dipakai terus. Apalagi jam tangan bersentuhan langsung dengan kulit, terkena keringat hingga debu seiring aktivitas kita. Bakteri dan jamur bisa bersarang di sana.

Beberapa waktu lalu, sudah dibahas cara membersihkan jam tangan. Kali ini kita akan bahas secara spesifik cara membersihkan strap jam tangan berdasarkan materialnya. Yuk langsung praktikkan!

1. Leather Strap

Jam tangan dengan leather strap memang butuh perawatan lebih. Terkena air sedikit boleh, tapi sebaiknya hindari merendam strap kulit dalam air. Begini cara membersihkannya strap kulit:

Spinnaker Vintage Spence dengan leather strap.
  • Lepaskan dulu strap dari jam tangan
  • Gosok dengan kain atau sikat yang sangat halus. Bila strap-mu memiliki finishing beludru atau nubuck, lebih baik disikat lembut dengan sikat bludru.
  • Gunakan leather conditioner untuk membuat strap kulit jam tangan tetap lembut dan lembab. Ingat, beberapa leather conditioner membuat strap kulit lebih gelap daripada sebelumnya.

Untuk memperpanjang usia strap, sebaiknya jangan digunakan setiap hari. Sebab bila digunakan setiap hari non-stop, strap leather bisa lebih cepat rusak. Setelah dipakai, istirahatkan strap leather-mu dengan mengganti strap atau memakai jam tangan lain.

2. NATO dan Nylon Strap

Sebagian orang memilih jam tangan dengan nylon strap atau NATO karena kenyamanan dan fleksibilitasnya. Strap nylon juga tahan air dan paparan sinar matahari sehingga cocok mendukung aktivitasmu sehari-hari. 

Seiko Solar SZEV014. Foto: Seiko

Kekurangannya, strap nylon lebih mudah kotor, bau, dan bernoda. Nah, begini cara membersihkan atau mencuci NATO atau strap nylon jenis lain:

  • Lepaskan strap dari jam tangan
  • Gosok strap dengan handuk bersih atau sikat yang lembut, pastikan nggak ada kotoran yang tertinggal di permukaan strap.
  • Siapkan mangkok kecil, isi dengan air hangat dan sabun cuci piring. Rendam strap nylon-mu. Jangan gunakan air mendidih.
  • Kucek lembut strap dengan tanganmu. Pastikan nggak ada noda yang tertinggal.
  • Bilas dengan air bersih dan mengalir. 
  • Keringkan dengan handuk dan peras sisa airnya.
  • Jemur strap nylon-mu namun sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung.

Sebenarnya ada cara yang lebih praktis. Setelah strap nylon dilepas dari case jam tangan, masukkan ke kaos kaki yang nggak terpakai. Setelah itu masukkan ke mesin cuci bersama dengan cucian lain. Eits, nggak perlu dimasukkan ke pengering ya, sebab strap nylon bisa meleleh bila terpapar panas berlebihan!

3. Rubber Strap

Dibandingkan strap jam tangan jenis lain, rubber strap adalah yang paling mudah dibersihkan. Selain itu, rubber strap juga nyaman dipakai dan tahan lama. Strap jenis ini juga cocok untuk kamu yang aktif karena rubber nggak mudah bau. Berikut cara membersihkannya:

G-Shock GBX-100 dengan strap rubber. Foto: G-Shock
  • Lepas strap dari case jam tangan. Kecuali kalau jam tanganmu water resistance, langkah ini boleh dilewati.
  • Basahi strap dengan air hangat atau air mengalir.
  • Gosok dengan sabun cuci tangan atau sabun cuci piring.
  • Bilas dan keringkan. Hindari paparan sinar matahari langsung.

4. Bracelet

Kamu mungkin termasuk orang yang suka jam tangan dengan strap stainless steel atau bracelet. Kesannya memang lebih mewah dan elegan. Tapi sayang bracelet sedikit lebih susah dibersihkan daripada strap jenis lain. Berikut caranya:

Seiko Prospex SRPB99K1 dengan stainless steel strap/bracelet. Foto: Seiko
  • Lepaskan bracelet dari case dengan spring bar tool. Hal ini memungkinkanmu untuk membersihkan bagian dalam lug dan endlink pada bracelet.
  • Rendam bracelet dengan air hangat dan sabun
  • Sikat pelan dengan sikat gigi. Jangan lewatkan celah-celah karena di situlah kotoran sering menumpuk
  • Keringkan dengan handuk atau tisu sampai benar-benar kering.

Gimana, sudah siap membersihkan strap jam tanganmu? Jam tangan kesayangan memang butuh perawatan. Jika strap jam tanganmu bersih, pasti juga nyaman dipakai.

Nah, kalau kamu lagi ingin menambah koleksi jam tangan, kamu bisa langsung mengunjungi Jamtangan.com. Banyak pilihan jam tangan branded dengan berbagai jenis strap. Yuk dipilih!

Categories: Info & Tips