Opini Minwatch Tentang Seiko Diver

by Hanif Nov 21, 2022 3 min read

Bagi sebagian kolektor, Seiko mungkin dianggap sebagai brand entry level. Cocok buat pemula yang baru ingin mengoleksi jam tangan karena beberapa model dibanderol relatif terjangkau.  

Seiko diver SKX007
Seiko diver SKX007
Sumber: Jamtangan.com

Minwatch pernah membahas tentang Seiko diver SKX007 di blog.jamtangan.com dan begitu pula dengan SKX013 yang ukurannya lebih kecil. Hampir semua pecinta jam tangan merasa puas dengan seri tersebut. 

Sayangnya, Minwatch harus mengucapkan selamat tinggal kepada Seiko diver SKX007 karena sekarang sudah tidak diproduksi lagi sejak 2019. Walaupun demikian, kamu bisa menyadari bagaimana produksinya selama lebih dari dua dekade menyebabkan ekspansi lini jam tangan Seiko diver selama bertahun-tahun. 

Baca juga : Wajib Tahu! Ini Koleksi Seiko Diver yang Spesial di Kelasnya

Seiko 62MAS
Seiko 62MAS
Sumber: Fratellowatches.com

Sebenarnya, jam tangan SKX007 terinspirasi dari lini 62MAS dan ref. 6105, yaitu asal mula dari Seiko diver. Seiko 62MAS dan Seiko 6105 adalah jam tangan diver dengan dua style. Seiko 6105 ‘Willard’ pernah dipakai oleh Martin Sheen pada film Apocalypse Now. Sementara itu, Seiko 62MAS dirilis pertama kali pada tahun 1965. 

Baca juga : Seiko Prospex SPB239 & SPB237, Interpretasi Modern Jam Diver Legendaris Jepang

Seiko 6105 ‘Captain Willard’ dipakai oleh Martin Sheen di film Apocalypse Now (1979)
 Seiko 6105 ‘Captain Willard’ dipakai oleh Martin Sheen di film Apocalypse Now (1979)
Sumber: Gearpatrol.com

Lini diver yang ikonik, mulai dari 62MAS, 6105, hingga SKX memang telah berakhir. Namun, jika diperhatikan dengan seksama masih ada kesinambungan yang jelas terlihat berkaitan dengan tema pada skala lebih besar di seluruh koleksi Seiko.

Baca juga : 7 Rekomendasi Jam Tangan Diving Murah yang Juga Cocok Dipakai Sehari-hari

Seiko SPB143
Seiko SPB143
Sumber: Jamtangan.com

Seiko Caliber 8L35: Mechanical Movement yang Dirancang dengan Standard Tertinggi untuk Diver Watch

Seri jam tangan SPB143, yaitu jam tangan Seiko diver yang diluncurkan tahun 2020 mengingatkan pecinta Seiko tentang desain dan style 62MAS. Walaupun demikian, seri jam tangan tersebut tidak benar-benar sama sebagai 62MAS. Sementara itu, seri jam tangan Seiko SPB153 yang dirilis tahun 2020 juga dirancang mirip ref. 6105 dengan bezel berwarna hijau.

Baca juga : 3 Seri Klasik Seiko Diver: Prospex Re-Interpretation 1968

Seiko SPB153
Seiko SPB153
Sumber: Jamtangan.com

Seiko juga dikenal sebagai brand jam tangan yang pernah berkolaborasi dengan PADI atau Professional Association of Diving Instructor untuk seri Seiko diver. Kamu bakal sering menemukan jam tangan yang menampilkan konfigurasi warna Pepsi-esque yang kebetulan menjadi skema warna PADI.

Seiko 5 Sports One Piece: Koleksi Buat Penggemar Sejati

Salah satu jam tangan favorit Minwatch edisi PADI adalah PADI Monster yang diluncurkan tahun 2020. Seiko memilih motif merah dan biru, serta mengeksekusinya dengan cara tak terduga. 

Jika kamu adalah penggemar film, Minwatch yakin kamu sudah familiar dengan Seiko 6105 yang dipakai Martin Sheen saat memerankan Captain Willard pada film Apocalypse Now (1979). Ada saran jika kamu ingin mengoleksi Seiko diver. Bila kamu ingin mengoleksi jam tangan dari pertengahan abad 20, 62MAS adalah jawabannya. Lain cerita jika kamu menginginkan Seiko diver yang diluncurkan tahun 90-an dan awal 2000-an, maka Monster harus masuk dalam daftar koleksi. Namun, jika kamu mencari seri SKX, kamu masih bisa menemukan SKX second di pasaran.

Seiko Sportura SRG017P1 & SRG019P1

Baca juga : Merayakan Seiko Diver 55th Anniversary lewat Lini Prospex

Seiko SRPE27 ‘Monster’ PADI Special Edition
Seiko SRPE27 ‘Monster’ PADI Special Edition
Sumber: Jamtangan.com

Dari paparan di atas, kamu bisa mengerti jika Seiko Prospex SPB143, Seiko SPB153, dan Seiko SRPE27 ‘Monster’ PADI Special Edition menjadi jam tangan Seiko diver yang banyak dicari oleh kolektor karena desain yang sporty dan tahan lama. Nah, kalau kamu sedang mencari jam tangan Seiko lainnya, yuk kunjungi Jamtangan.com!

2 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

    Robertus Widjajanto

    Bagaimana dengan design yg seiko 5,Seiko Kinetik dan Seiko Quart?

      Untuk desain jam tangan Seiko yang anda sebutkan sangat beragam. Berikut penjelasannya masing-masing jenis jam tersebut:

      Seiko 5= series Seiko untuk entry level, berisi jam tangan dengan movement automatic, angka 5 pada Seiko 5 berarti memiliki 5 fitur dasar: automatic movement, fitur date, fitur day, tahan air, dan sudah dibekali komponen diashock agar anti guncangan.

      Seiko Kinetic= Sebutan untuk seluruh jam tangan Seiko yang menggunakan movement Kinetic apapun desain dan seriesnya.

      Seiko Quartz= Sebutan untuk seluruh jam tangan Seiko yang menggunakan Quartz movement apapun desain dan seriesnya.

      Jadi untuk jam tangan Seiko berdasarkan movement/mesin, desainnya sangat beragam dan banyak. Jam tangan Seiko dengan movement apapun, bisa memiliki desain apapun.

Read more